1. Startup

Presiden Harapkan Masukan dari Komunitas untuk Policy Speech (Updated)

Melalui milis startuplokal kami memperoleh informasi bahwa Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, untuk pertama kalinya berusaha mendapatkan aspirasi dari masyarakat/komunitas yang akan digunakan sebagai bahan pidato kebijakannya (policy speech) segera setelah reshuffle kabinet yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Tentunya ini suatu kesempatan kepada masyarakat untuk langsung menyatakan uneg-uneg-nya terhadap pemerintahan yang ada selama ini -- semua dapat dilakukan secara online.

Organisasi yang bertanggung jawab akan hal ini adalah Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP atau UKP4) yang bekerja untuk memastikan bahwa anggota staf kabinet (para menteri) mengimplementasikan semua intruksi Presiden selaku Kepala Pemerintahan. UKP4 ini diketuai oleh Kuntoro Mangkusubroto.

Dalam emailnya, Karina Kusumawardani selaku Asisten untuk Kepala UKP4, memberikan tiga pertanyaan (pertanyaan asli dalam bahasa Inggris) yang diharapkan bisa memberi menjadi masukan bagi kabinet dan kinerja ke depannya. Ketiga pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Apakah harapan Anda atau setidaknya aksi nyata/aksi ekstrim/aksi berdampak besar/inovasi yang harus dilakukan oleh para Menteri kita untuk mengubah cara menjalankan pemerintahan?
  2. Apa yang Anda pikir sudah baik di negeri ini? Apakah satu hal yang baik yang perlu dilanjutkan?
  3. Apa yang Anda pikir masih belum berjalan dengan baik di negeri ini? Dan hal apa saja yang perlu diperbaiki?

Cara Presiden dan pemerintahannya mendapatkan aspirasi masyarakat melalui mekanisme media online cukup menarik mengingat hal ini baru pertama kali dilakukan di negeri ini. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah sudah menyadari bahwa komunikasi menggunakan  melalui media online lebih cepat dan efektif, ketimbang penyerapan aspirasi melalui birokrasi yang bertele-tele. Tentu saja saya harapkan tidak cuma untuk kesempatan kali ini saja masyarakat bisa menyampaikan pendapatnya secara langsung dan mudah.

Kepedulian dan harapan -- berdasarkan tiga pertanyaan tersebut -- dapat langsung dilayangkan paling lambat besok siang (tanggal 12 Oktober 2011). Jawaban atas pertanyaan tersebut bisa langsung diisi dan dikirimkan melalui form Google Docs yang tersedia di bawah ini. Semoga kita bisa memberikan kritik dan masukan yang konstruktif demi kebaikan pemerintahan dan negara Indonesia yang kita cintai ini.

Update: karena jumlah responden yang diharapkan sudah terpenuhi, pihak UKP4 telah menutup penerimaan timbal balik dari pembaca. Terima kasih atas responnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again