1. Entrepreneur

Jangan Asal Menetapkan Harga, Gunakan Metode Price Skimming untuk Tingkatkan Penjualan

Kenali Pengertian, Kelebihan, dan Tips dalam Menerapkan Metode Price Skimming untuk Memaksimalkan Penjualan

Price atau harga merupakan salah satu unsur dalam marketing mix. Harga yang ditetapkan terhadap suatu produk atau layanan akan menentukan kesuksesan pendapatan perusahaan. Karenanya, proses penetapan harga suatu produk atau layanan menjadi salah satu poin penting dalam pemasaran.

Selain mempengaruhi pendapatan perusahaan, harga juga turut mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hal itu yang membuat perusahaan tidak bisa sembarangan dalam melakukan penetapan harga. Tak heran jika perusahaan menetapkan harga sesuai karakteristik dan kemampuan dari target konsumennya.

Salah satu strategi penetapan harga yang bisa diaplikasikan adalah price skimming. Artikel ini akan membahas lengkap terkait pengertian, kelebihan, waktu yang tepat untuk menggunakan strategi price skimming, hingga tips dalam mengaplikasikan price skimming. Penasaran apa itu price skimming? Pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai, ya!

Apa itu Price Skimming?

Price skimming merupakan salah satu strategi penetapan harga yang biasanya digunakan suatu perusahaan ketika meluncurkan suatu produk atau layanan baru.

Strategi price skimming dilakukan dengan cara menetapkan harga tinggi ketika suatu produk atau layanan baru diluncurkan. Tetapi, seiring berjalannya waktu, harga perlahan akan diturunkan agar produk atau layanan dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan bisa bertahan dalam persaingan pasar.

Price skimming biasanya dilakukan agar perusahaan bisa mendapat laba yang besar dalam waktu yang cepat guna menutup biaya riset yang dilakukan. Meski begitu, penetapan harga tinggi tetap harus dipertimbangkan dalam batas wajar kemampuan konsumen. Jangan sampai harga yang terlalu tinggi membuat konsumen justru enggan melirik produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Metode price skimming bisa diaplikasikan untuk segala jenis bisnis, namun kebanyakan brand yang menerapkan strategi ini adalah brand yang sudah memiliki basis pengguna yang besar. Misalnya perusahaan teknologi atau barang-barang elektronik.

Kapan sebaiknya Anda menggunakan strategi Price Skimming?

Strategi price skimming akan lebih efektif diterapkan pada saat perusahaan meluncurkan produk atau layanan baru. Pelaku bisnis bisa menetapkan harga tinggi dengan menonjolkan unique selling point dari suatu produk atau layanan.

Selain itu, metode price skimming ini juga cocok diaplikasikan ketika suatu produk atau layanan belum memiliki terlalu banyak kompetitor di pasar tetapi memiliki potential market yang besar. Maka dari itu, penting untuk melakukan riset mendalam terkait kompetitor dan potential market sejak awal.

Kelebihan Menggunakan Strategi Price Skimming

  • Perusahaan mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar dan waktu yang cepat
  • Produk atau layanan mendapat citra yang bermutu tinggi dan berkelas
  • Tetap bisa kompetitif di pasar karena seiring berjalannya waktu Anda bisa menurunkan harga
  • Strategi price skimming bisa mendatangkan eksposur yang banyak baik dari konsumen maupun media

Tips dalam Menerapkan Price Skimming

  • Sesuaikan harga dengan kualitas dan manfaat produk yang ditawarkan, jangan sampai harga yang ditawarkan timpang dan tidak sebanding dengan kualitas dan manfaat produk
  • Sebelum menerapkan price skimming, pastikan sudah melakukan riset mendalam terkait potential consumen. Jangan sampai harga yang ditetapkan diluar kemampuan dari potential consumen
  • Lakukan analisis kompetitor secara menyeluruh jika Anda ingin menerapkan strategi price skimming. Jika Anda menerapkan harga tinggi dan tiba-tiba muncul kompetitor dengan harga rendah, maka itu bisa menjadi bumerang untuk produk dan penjualan Anda.

Penetapan strategi yang tidak tepat berpotensi menghancurkan bisnis Anda. Jadi, pastikan Anda memahami strategi price skimming secara utuh dan menyeluruh sebelum Anda mencoba untuk menerapkannya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again