1. DScovery

Prodi Adalah: Mengetahui Definisi, Contohnya di Indonesia dan Akreditasi Program Studi

Perguruan tinggi menyiapkan berbagai prodi untuk memfokuskan pendidikan yang diinginkan oleh mahasiswa. Berikut ini penjelasan artikel selengkapnya!

Prodi atau program studi adalah bagian dari pembelajaran akademik di perguruan tinggi, dimana prodi adalah istilah untuk menggambarkan suatu fokus studi. Banyak sekali prodi yang ada di Indonesia, berbagai prodi dapat ditemukan di bawah satu fakultas.

Terkadang tidak semua universitas atau fakultas memiliki jumlah prodi yang sama. Untuk memahami mengenai prodi lebih jelas, berikut ini artikel selengkapnya mengenai definisi hingga akreditasi suatu program studi:

Definisi Prodi

Prodi (Program studi) adalah sebuah pembelajaran akademik yang berlangsung di perguruan tinggi, istilah prodi sering juga disebut sebagai jurusan dalam pemilihan fokus studi. Prodi atau program studi adalah bagian dari cabang ilmu pengetahuan yang ada di perguruan tinggi, setiap program studi memiliki masa  penilaian akreditasinya masing-masing.

Prodi memberikan penguasaan materi pembelajaran dan praktik terkait suatu skill atau kompetensi pada suatu bidang ilmu. Istilah kata prodi digunakan sebagai sebuah pedoman bagi para mahasiswa mengenai dasar kurikulum atau materi pembelajaran yang dapat dipelajari.

Setiap prodi di perguruan tinggi memiliki peraturan, kebijakan dan penanggung jawab masing-masing. Peserta didik yang berstatus sebagai mahasiswa pada saat akan masuk ke perguruan tinggi akan memilih program studi mana yang ingin dipelajarinya.

Contoh Prodi di Indonesia

Program studi biasanya ditentukan berdasarkan fakultas di perguruan tinggi, meskipun perlu diingat bahwa tidak semua universitas menyediakan fakultas atau program studi yang sama dengan universitas lainnya. Berikut ini contoh program studi di Indonesia:

1.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • Program Studi Ilmu Komunikasi
  • Program Studi Hubungan Internasional
  • Program Studi Ilmu Politik

2. Fakultas Teknik

  • Program Studi Teknik Elektro
  • Program Studi Teknik Sipil
  • Program Studi Teknik Industri
  • Program Studi Arsitektur

3.Fakultas Hukum

  • Program Studi Ilmu Hukum

4.Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Program Studi Ilmu Ekonomi
  • Program Studi Akuntansi
  • Program Studi Manajemen
  • Program Studi Ekonomi Syariah

5.Fakultas Psikologi

  • Program Studi Psikologi

6.Fakultas Ilmu Komputer

  • Program Studi Sistem Informasi
  • Program Studi Informatika
  • Program Studi Teknik Informatika
  • Program Studi Ilmu Komputer

Masih terdapat banyak fakultas beserta program studi lainnya yang ada di Indonesia, daftar prodi dalam suatu fakultas juga bisa jadi berbeda-beda menyesuaikan kebijakan tiap perguruan tinggi. 

Akreditasi Program Studi

Akreditasi prodi sebagaimana dijelaskan sebelumnya akan berbeda-beda pada setiap perguruan tinggi, meskipun pada umumnya prodi akan memberikan fokus pembelajaran yang sama. Tetapi setiap perguruan tinggi memiliki kebijakan untuk menentukan kurikulum materi yang akan diberikan kepada mahasiswa. Berikut ini beberapa hal yang menjadi pengaruh penilaian akreditasi program studi:

  • Visi, Misi, Tujuan, Sarana dan Strategi Pencapaian Standar

Visi, misi hingga strategi pencapaian standar program studi akan menjadi salah satu penilaian akreditasi prodi di masa mendatang. Karena melalui hal tersebut merupakan bentuk upaya-upaya yang ingin diwujudkan. Pembuatan strategi ini juga tidak dilakukan dengan sembarangan, dibutuhkan proses berpikir logis dan keberhasilannya diukur oleh hal-hal yang mudah dipahami.

  • Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu

Sistem pengelolaan dan penjaminan mutu menjadi salah satu pengaruh penilaian akreditasi prodi karena menjadi hal penting dalam mencapai keberhasilan program-program di prodi. Sistem pengelolaan akan berpengaruh pada bagaimana prodi akan memberikan fungsi perencanaan, pengembangan dan pengawasan secara efektif dan efisien. Penjaminan mutu juga akan memperlihatkan kualitas pengembangan manajemen.

  • Lulusan Mahasiswa 

Pengaruh akreditasi lainnya adalah lulusan mahasiswa atau mahasiswa yang sudah lulus dengan masa 4 tahun atau setara 8 semester. Mahasiswa lulusan menjadi pertimbangan dalam penilaian untuk melihat keterkaitannya dengan kualitas mahasiswa yang dihasilkan oleh suatu program studi. Karena hal ini akan menunjukan juga bagaimana prodi menerapkan seleksi, dimana setiap mahasiswa dapat bersaing secara sehat untuk mengembangkan kemampuan dirinya.

  • Sumber Daya Manusia

Pengaruh penilaian prodi lainnya adalah sumber daya manusia atau mengacu pada sekumpulan manusia yang terlibat dalam pelayanan program studi untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan dari prodi. Sumber daya manusia disini juga meliputi tenaga pendidik atau dosen yang membina dan melatih mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi mereka.

  • Kurikulum, Pembelajaran dan Susunan Akademik

Pengaruh akreditasi lainnya adalah kurikulum, pembelajaran dan susunan akademik sebagai rancangan pembelajaran untuk mahasiswa di suatu prodi mengenai bagaimana penyusunan rencana, pelaksanaan, monitoring hingga evaluasi. 

Nah, itu dia penjelasan terkait pengertian prodi, contohnya hingga pengaruh penetapan akreditasi program studi di suatu perguruan tinggi. Dengan kata lain, maka dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya setiap prodi bertugas untuk memberikan pengajaran dan meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai upaya mewujudkan lulusan berkualitas dan tercapainya visi serta misi prodi. Semoga informasi artikel di atas dapat membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again