3 April 2017

by Yoga Wisesa

Produsen Gaming Gear Mad Catz Dinyatakan Bangkrut

Jajaran direksi Mad Catz tidak bisa menjual perusahaan dan para pemodal juga tidak mau meningkatkan pinjaman.

Didirikan di tahun 1989, Mad Catz ialah perusahaan spesialis penyediaan produk hiburan asal Amerika. Salah satu kreasi mereka mungkin terdengar tak asing di telinga gamer veteran: GameShark - cartridge cheat untuk console dan komputer. Di akhir 2000-an, Mad Catz telah menjadi brand kepercayaan gamer profesional, terutama di komunitas Street Fighter.

Di bulan Agustus 2015, Mad Catz sempat mengumumkan kolaborasinya bersama Cloud Imperium Games untuk menggarap perangkat simulasi pendukung permainan Star Citizen, di bawah brand Saitek, pertama kali diungkap di acara Gamescom. Namun setahun setelahnya, Saitek sendiri malah dibeli oleh Logitech senilai US$ 13 juta. Keputusan tersebut membuat banyak orang berspekulasi bahwa Mad Catz sedang berada dalam masalah serius.

Dan di penghujung Maret 2017, produsen yang bermarkaskan di San Diego itu mengabarkan bahwa mereka sudah berhenti beroperasi dan mengajukan pemberitahuan kebangkrutan Chapter 7, di mana 'Mad Catz memulai proses pembekuan aset perusahaan'. CEO Karen McGinnis, para direktur, serta jajaran manajemen mengundurkan diri tepat tanggal 30 Maret kemarin.

Jajaran direksi Mad Catz setuju untuk menyatakan kebangkrutan karena mereka tidak melihat alternatif strategis lain. Mereka tidak bisa menjual perusahaan, lalu para pemodal tidak mau meningkatkan pinjaman.

"Dengan sangat disesalkan dan terlepas dari upaya kami secara aktif mencari jalan keluar - termasuk meminta bantuan lewat pinjaman dari bank dan investor, serta usaha menjual aset hingga seluruh perusahaan - Mad Catz tidak dapat menemukan solusi memuaskan," tutur sang CEO via Games Industry. "Jajaran direksi dan manajemen sangat menghargai upaya para karyawan demi mendukung bisnis, terutama di momen-momen saat Mad Catz menghadapi masalah keuangan. Perusahaan juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para vendor dan penyedia jasa yang sudah membantu kami di masa-masa sulit ini."

Kira-kira dua tahun silam, Mad Catz sempat menyingkap program kerja sama dengan Harmonix buat memublikasikan Rock Band 4. Sang produsen periferal mendukung game lewat penyediaan unit controller, penjualan, promosi, serta membantu proses distribusi. Sayang sekali, penjualannya lebih rendah dari ekspektasi. Tak lama, chairman, CEO, serta senior vice president mundur dari jabatannya. Esoknya, Mad Catz mengungkap rencana untuk menyusun ulang struktur perusahaan dan merumahkan 37 persen stafnya.

Terhitung di tanggal 27 Maret 2017 kemarin, Mad Catz Interactive dikeluarkan dari daftar New York Stock Exchange.