1. Startup

Program YouthSpark Bimbing Siswa-siswi di Yogyakarta Kembangkan Produk Game

Secara global Microsoft menginvestasikan dana 75 juta dollar di program YouthSpark untuk optimalkan potensi pemuda dari kalangan marjinal

Sebanyak 1.000 siswa-siswi di Yogyakarta pagi ini berkumpul di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri UGM untuk mengikuti pembukaan rangkaian acara Microsoft YouthSpark 2015. Microsoft YouthSpark merupakan sebuah ajang pelatihan dan pembangunan kapasitas teknologi bagi para pemuda, khususnya yang berasal dari kalangan marjinal. Yogyakarta menjadi pilihan karena dinilai memiliki begitu banyak anak muda kreatif yang berpotensi besar terhadap percepatan pembangunan Yogyakarta sebagai kota pintar (smart city).

Di Indonesia, Yogyakarta menjadi kota ketiga penyelenggaraan YouthSpark, setelah sebelumnya sukses menjangkau 15.000 pemuda Jakarta dan Jambi pada 2013 dan 2014.  Pada acara di Yogyakarta, para calon generasi bangsa diajak untuk mengembangkan aplikasi permainan yang berkaitan dengan pendidikan, sehingga mampu meningkatkan pola pikir logis dan kreatif.

Dalam rentang waktu November 2015 – Mei 2016 para peserta akan mengikuti serangkaian acara, mulai dari submisi ide (hari ini), seleksi, pematangan ide, hingga inkubasi pengembangan aplikasi permainan. Kodu Game Labs merupakan aplikasi utama yang akan digunakan untuk mengembangkan produk game. Selain memiliki tampilan yang menarik, aplikasi ini juga menyajikan bahasa pemrograman visual, sehingga dapat lebih bisa diadaptasi oleh anak-anak, terutama dalam hal ini peserta kebanyakan dari kalangan sekolah pinggiran dan yayasan anak (underprivileged).

Corporate Affairs Director Microsoft Indonesia Ruben Hattari dalam sambutannya mengatakan:

"Tujuan akhir YouthSpark bukan untuk melihat seberapa rumit aplikasi permainan yang berhasil dikembangkan, melainkan proses berpikir yang ada dibaliknya. Kami berharap anak-anak muda mampu memberikan ide kreatif dan strategis yang dapat diwujudkan melalui proses coding. Sebagai bentuk komitmen Microsoft terhadap program-program komunitas, CEO Microsoft Satya Nadella telah mengumumkan investasi sebesar $75.000.000 bagi YouthSpark agar dapat memperluas pemberdayaan anak-anak muda, khususnya yang berasal dari kalangan marjinal, di bidang teknologi."

Microsoft YouthSpark merupakan sebuah inisiatif global dari Microsoft yang ditujukan untuk memberdayakan anak-anak muda dalam menggunakan teknologi, sehingga dapat membantu mereka untuk melakukan lebih banyak hal bagi diri mereka sendiri, keluarga, maupun komunitas serta masyarakat di sekitar mereka. Pada acara di Yogyakarta ini Microsoft bekerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) sebagai penghubung kepada peserta dan juga Microsoft Innovation Center UGM untuk melakukan inkubasi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again