1. Startup

Promoted Tweet dari Twitter Sudah Muncul!

Belum selesai dengan kehebohan antara 'perseteruan' dengan para developer, aplikasi iklan Twitter yang diberi nama Promoted Tweets, yang banyak ditunggu orang kini telah mulai terkuak. Langkah pemunculanPromoted Tweet dari Twitter yang dekat dengan berbagai perkembangan dati Twitter yang lain, sepertinya sengaja dilakukan Twitter sebagai pemancing sebelum acara Chirp.

Tweet seperti ini diatas muncul ketika saya melakukan pencarian dengan kata kunci Twitter dan ini memberikan gambaran akan seperti apa model iklan yang akan diluncurkan oleh Twitter. Model iklan Twitter ada dua, yang pertama model iklan nantinya akan muncul ketika user melakukan pencarian atas kata kunci tertentu, lalu tweet promosi akan muncul dari pengiklan yang memasang promosi tweet mereka berdasarkan kata kunci yang berkaitan dengan apa yang dicari oleh user.

Dan yang kedua, Twitter juga akan mencoba untuk memasukkan tweet promosi ke stream dari Twitter post berdasarkan relevansi promosi terhadap user. Dan semuanya akan bisa dilakukan di aplikasi Twitter versi web.

Fitur iklan ini memang menjadi salah satu fitur yang sangat ditunggu dari Twitter, bagi saya ini menjadi menarik, bukan hanya untuk melihat bagaimana aplikasi seperti Twitter yang gratisan dalam usahanya membentuk sebuah model untuk mencari pemasukan dan dilain pihak, saya sendiri penasaran untuk melihat bagaimana user dan pemilik merek akan meresponsmodel promosi ini.

Meskipun sudah banyak perusahaan yang melakukan iklan/promosi lewat tweet lewat akun resmi, namun ketika user melakukan pencarian maka hasil pencarian yang muncul terkadang sama sekali tidak menunjukkan relevansi atau keterkaitan dengan promosi yang diinginkan oleh perusahaan, sedangkan dengan sistem iklan dari Twitter ini, nantinya jika user melakukan pencarian dengan dengan kata kunci, misalnya nama produk perusahaan tertentu, maka tweet promosi akan muncul dihasil pencarian paling atas, meskipun tweet itu di post sudah cukup lama, sehingga tweet promosi dapat terlihat lebih jelas oleh user.

Dari segi pemilik merek atau pengiklan, model promosi yang akan diluncurkan Twitter sepertinya bisa membangun percakapan antara pemilik brand/pengiklan dengan konsumen menjadi lebih baik dan bisa membuat konsumen menjadi semakin terikat dengan produsen. Tapi di sisi user, akan muncul kekhawatiran dari user yang akan merasa terganggu dengan promosi tweet ini, karena akan masuk ke wilayah personal, yaitu stream tweet personal user.

Twitter sendiri dikabarkan ingin membuat model iklan yang berbeda dengan model iklan yang telah dilakukan oleh social network lainnya, terutama dari segi keterikatan dan percakapan yang mungkin terjadi dari tweet iklan dengan user dan juga tentang relevansi antara iklan dengan ketertarikan user.

Banyak hal menarik yang akan terjadi kalau model iklan yang dinamakan promoted tweet ini sudah roll out ke publik secara resmi, belum lagi melihat bagaimana nantinya model iklan ini akan diterapkan pada pengembang pihak ketiga.

Sumber tulisan The New York Times, screenshot DailySocial.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again