1. DScovery

Proposal Adalah: Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi, dan Manfaatnya

Proposal adalah rancangan usulan penelitian yang dijelaskan secara rinci dan sistematis. 

Kita semua tahu proposal. Kumpulan file yang berisi informasi jadwal acara. Proposal sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari, mulai dari penyelenggaraan kegiatan sekolah hingga universitas.

Proposal masih umum dalam kehidupan kerja. Serta mengirim kolaborasi, membuat acara, atau mengirim persetujuan proyek. Untuk informasi lebih lanjut, lihat penjelasan lengkap proposal di bawah ini.

Pengertian Proposal

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja formal. Proposal juga menjelaskan tujuan suatu acara kepada pembaca.

Biasanya, proposal sudah memiliki dasar atau aturan khusus untuk pembuatannya. Dalam dunia ilmiah terdapat proposal penelitian, yaitu usulan penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti.

Ada juga proposal umum yang memuat rencana aksi yang akan disampaikan pada saat acara berlangsung. Sekalipun pengaturannya lebih “bebas”, penulisan proposal secara umum tetap harus mengikuti sistem tertentu agar mudah dipahami.

Jenis Proposal

Jenis Proposal Berdasarkan Tujuan

1. Proposal penelitian adalah proposisi umum pada bidang akademis. Misalnya, penelitian aplikasi untuk skripsi, tesis, dan lainnya. Proposal ini disajikan sebagai kegiatan penelitian.

2. Proposal kegiatan, yaitu proposal untuk melakukan suatu kegiatan. Proposal ini biasanya mencakup rencana aksi untuk individu dan kelompok. Misalnya pameran seni dan pameran.

3. Proposal bisnis, yaitu proposal yang berkaitan dengan kegiatan bisnis, baik untuk perorangan maupun kelompok. Misalnya proposal memulai usaha, proposal kerjasama antar perusahaan dan lain-lain.

4. Proposal proyek, yaitu proposal yang digunakan dalam dunia usaha, isi proposal ini merupakan kumpulan rencana aksi pengembangan.

Jenis Proposal Berdasarkan Format

• Proposal Formal

Proposal formal adalah proposal standar atau resmi yang berisi tiga bagian utama, yaitu pendahuluan, isi proposal dan informasi tambahan.

• Proposal Semi formal

Proposal semiformal adalah proposal yang tidak memiliki struktur lengkap dari proposal formal. Namun proposal ini masih menggunakan form default.

• Proposal non formal

Proposal non formal adalah proposal yang tidak terlalu formal dan informal. Biasanya proposal ini datang dalam bentuk catatan atau surat.

Tujuan Proposal

• Untuk mendapatkan bantuan keuangan

• Untuk mendapatkan dukungan

• Untuk mendapatkan izin

Fungsi Proposal

• Melakukan penelitian tentang masalah sosial, budaya, ekonomi dan lainnya.

• Dapat digunakan untuk mendaftar untuk memulai bisnis. Itu juga dapat digunakan untuk mengirim penawaran dari berbagai institusi.

• Dapat digunakan untuk menyelenggarakan acara seperti pesta, seminar, kursus pelatihan, kompetisi, dan lainnya.

Manfaat Proposal

• Menjadi rencana untuk memandu panitia dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

• Secara tidak langsung menjelaskan pihak-pihak yang ingin mengetahui tentang kegiatan tersebut.

• Meyakinkan donatur/sponsor bahwa mereka mendukung pelaksanaan kegiatan yang direncanakan secara material dan finansial.

Nah, itulah penjelasan untuk rangkuman tentang proposal tersebut. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again