1. DScovery

Proposal: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenis-Jenisnya

Proposal biasa digunakan untuk menjelaskan maksud dan tujuan sebuah kegiatan dilaksanakan. Melalui proposal masa seseorang akan lebih memahami manfaat dari sebuah acara.

Untuk memulai suatu kegiatan secara masif dibutuhkan sebuah dokumen pengantar untuk menjelaskan rincian dari kegiatan yang akan dilaksanakan. Dokumen yang dimaksud adalah proposal sebagai gambaran mengenai rancangan kegiatan.

Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai pengertian proposal. Simak dengan baik ya! 

Pengertian Proposal

Proposal adalah dokumen yang berisi lembar kegiatan yang dijelaskan dengan rinci dan jelas. Proposal juga dapat diartikan sebagai rancangan suatu kegiatan atau pekerjaan yang disusun ke dalam bentuk dokumen. 

Proposal pada umumnya dipahami sebagai dokumen yang disusun untuk menjelaskan mengenai rencana kegiatan dan bahkan laporan perencanaan, pelaksanaan hingga hasil dari suatu kegiatan. Proposal mencakup hal yang luas, berbagai materi dan topik dapat dimasukan dalam proposal selama hal tersebut selaras dengan rencana dan tujuan dari pembuatan proposal tersebut.

Proposal secara umum biasanya dibentuk untuk diberikan kepada pihak-pihak tertentu sebagai gambaran mengenai suatu kegiatan. Hal ini untuk mempermudah pihak lain memahami tujuan dan keberlangsungan kegiatan yang bersangkutan.

Fungsi Proposal

Proposal memiliki beberapa fungsi dalam pembuatannya, berikut ini berbagai fungsi dari pembuatan proposal:

  • Perolehan perizinan atau persetujuan

Proposal dapat memudahkan seseorang dalam memperoleh suatu perizinan maupun persetujuan atas kegiatan yang akan dijalankan. Melalui proposal seseorang akan lebih memahami apakah kegiatan yang diajukan memiliki dampak yang signifikan secara positif, apakah kegiatan tersebut mampu direalisasikan dan lain sebagainya.

  • Sarana dasar pelaksanaan kegiatan

Proposal juga menjadi sarana dasar bagi pelaksanaan suatu kegiatan. Dengan adanya proposal seseorang akan lebih memahami bagaimana kegiatan akan berlangsung, apa yang mendasari kegiatan tersebut, bagaimana cara mewujudkannya dan cara mengatasi masalah yang dapat terjadi selama kegiatan berlangsung atau risiko yang dapat terjadi.

  • Sarana lobi terhadap pihak lain

Proposal juga berfungsi sebagai sarana lobi pada pihak lain, lobi disini adalah untuk mempengaruhi orang lain dalam partisipasi dan persetujuan atas rencana kegiatan tersebut.

  • Menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak

Proposal juga berfungsi untuk menghasilkan jalinan kerjasama dengan sejumlah pihak, melalui proposal maka akan lebih mudah bagi seseorang menjelaskan dan memahami kegiatan yang akan berlangsung.

Tujuan Proposal

Proposal memiliki beberapa tujuan dalam pembuatannya, berikut ini beberapa tujuan dari pembuatan proposal:

  1. Untuk memahami konsep kegiatan secara komprehensif
  2. Untuk menarik perhatian para stakeholders
  3. Untuk memahami proses perkembangan suatu kegiatan yang telah direncanakan
  4. Untuk mendapatkan dana anggaran kegiatan
  5. Untuk meyakinkan pihak lain atas penyelenggaraan kegiatan tersebut

Jenis-Jenis Proposal

  • Proposal Bisnis

Proposal bisnis adalah salah jenis proposal, dimana proposal ini membahas mengenai bisnis atau usaha yang dimiliki oleh seseorang. Proposal bisnis biasanya akan berisi terkait hal-hal mengenai bisnis atau usaha, kerja sama dengan mitra bisnis, penjelasan mengenai konsep bisnis dan lain sebagainya.

Proposal bisnis dibentuk sebagai salah satu cara agar stakeholders dapat memahami mengenai konsep bisnis dan juga perkembangan bisnis tersebut. Proposal dibuat untuk memudahkan orang lain dalam membaca perkembangan bisnis milik orang lain.

  • Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan adalah jenis proposal yang berisi mengenai rancangan pelaksanaan suatu kegiatan. Maksud kegiatan dalam proposal ini adalah suatu aktivitas yang direncanakan dalam bentuk individu maupun kelompok, aktivitas yang dimaksud ini memiliki tujuan dan kepentingannya sendiri.

Sebagai contohnya, kegiatan webinar yang akan dilaksanakan oleh sekumpulan mahasiswa kampus. Proposal kegiatan harus dibuat untuk menjelaskan kegiatan apa yang akan dilakukan, dimana lokasinya, apa tujuannya, bagaimana cara menjalankannya, berapa banyak budget yang harus mereka punya, dan lain sebagainya.

  • Proposal Penelitian

Proposal penelitian adalah jenis proposal mengenai sebuah penelitian yang dijalankan melalui pengumpulan data dan data-data di lapangan oleh seorang peneliti. Proposal penelitian digunakan untuk pembuatan skripsi, tesis, riset pengembangan, riset ilmiah dan penelitian lainnya yang berkaitan dengan data-data dan juga fakta di lapangan.

Proposal penelitian sifatnya adalah formal, karena pembuatan proposal ini tidak boleh hanya berdasarkan subjektivitas milik individu tetapi harus berdasarkan kata atau argumen yang kuat.

  • Proposal Proyek

More Coverage:

Proposal proyek adalah proposal yang berisi mengenai proyek yang akan dikerjakan, bagaimana proyek akan berjalan dan lain sebagainya. Biasanya pembuatan proposal proyek ini membutuhkan budget atau anggaran yang besar, karena melibatkan banyak pihak dan perizinan.

Proposal proyek ini berhubungan juga dengan bisnis, proyek dapat dilakukan oleh suatu perusahaan untuk kepentingan bisnisnya ataupun dilakukan oleh pemerintah dalam rangka pembangunan. 

Sebagai contoh kegiatan yang dimasukan dalam proposal proyek, seperti proyek pertambangan, proyek pembuatan gedung tinggi, proyek pembangunan jalan raya, proyek pembangunan jalan tol dan lain sebagainya.

Begitulah sekiranya informasi mengenai proposal secara umum, melalui penjelasan diatas dapat dipahami bahwa pada dasarnya proposal digunakan sebagai rencana pelaksanaan suatu kegiatan. Semoga informasi tersebut dapat membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again