15 August 2012

by wiku

Proses Akuisisi Facebook Atas Instagram Berlanjut, UK Telah Setuju

Cnet.com melaporkan bahwa kantor perdagangan UK atau U.K. Office of Fair Trading telah menyetujui kesepakatan akuisisi dari Instagram oleh Facebook dan tidak memerlukan untuk melakukan investigasi kesepakatan ini atas kemungkinan kompetisi yang tidak sehat.

Facebook adalah jejaring sosial dengan lebih dari 900 juta pengguna dan Instagram adalah layanan sharing foto paling populer yang juga memiliki jumlah pengguna yang besar, dua layanan dengan pengguna yang banyak ini jika digabungkan bisa menjadi 'penguasa' untuk layanan berbagi foto.

Akuisisi Instagram atas Facebook telah diumumkan bulan Apri lalu dengan harga US$1 miliar, dengan US$300 dalam bentuk uang tunai dan sisanya saham. Facebook sendiri telah melakukan IPO dan sahamnya telah diperdagangkan secara publik, saham jejaring sosial ini sedang mengalami masa sulit karena harga yang turun sejak pengumuman saham perdana untuk publik mereka, yang mengakibatkan harga dari akuisisi Instagram pun menurun.

Proses penyelesaian akuisisi sejak diumumkan memang bisa berlangsung lama, Facebook harus mendapatkan persetujuan dari berbagai badan pemerintah termasuk US Federal Trade Commission, yang prosesnya mungkin memakan waktu hampir satu tahun.

Satu langkah telah terlewati, dan proses akuisisi ini masih terus berlanjut, kita lihat perkembangan seperti apa yang akan terjadi berikutnya.

Sumber: Cnet.