Dark
Light

Prosesor Samsung Exynos 5 Octa 5430 Resmi Diumumkan, Lebih Tangguh dan Hemat Daya

1 min read
August 15, 2014

Selain membuat perangkat smartphone, Samsung juga mempunyai divisi khusus yang mengembangkan komponen prosesor. Mengusung nama Exynos Samsung sudah berhasil menelurkan beberapa generasi Exynos untuk perangkat smartphone mereka sendiri dan yang terbaru adalah Exynos 5 Octa 5430 yang ditanamkan di jagoan barunya Samsung Galaxy Alpha.

Menandai kelahiran Exynos 5 Octa 5430, Samsung sudah menyediakan sebuah halaman khusus sebagai penyambutan sekaligus memberikan informasi kepada khalayak, ‘seperti ini lho kemampuan prosesor baru kami’.

Dikutip dari halaman yang sama, Exynos 5 Octa 5430 merupakan prosesor 20nm yang dirancang untuk memberikan tingkat efisiensi yang optimal kendati menghantarkan level resolusi layar yang lebih baik.

Susunan komponen dalam prosesor Exynos 5 Octa 5430 ini terdiri dari empat core ARM Cortox A15 dengan kecepatan 1,8GHz dan empat core Cortex A7 yang didukung oleh LITTLE HMP atau heterogeneous Multi-Processing. Sederhananya, prosesor mampu mengaktifkan individu inti sesuai dengan kebutuhan saat digunakan atau sebaliknya menonaktifkan.

 

Info Menarik: Xiaomi Resmi Umumkan Kehadiran di Indonesia

 

Mendukung Tampilan Ultra HD, WQHD dan WQXGA

Salah satu hal besar yang dibanggakan dari prosesor Exynos 5 Octa 5430 adalah kemampuannya untuk mendukung tampilan super jernih Ultra HD melalui port HDMI. Mendukung pula Multi Format Coded (MFC) dan diperkaya teknologi dual ISP atau Image Signal Prosesor dan bendwidth memori 17GB/s.

Selain itu prosesor ini juga mendukung tampilan layar beresolusi tinggi seperti WQHD (2560 x 1440) dan WQXGA (2560 x 1600). Tak heran bila Samsung memilih prosesor generasi ini untuk ditanamkan di Samsung Galaxy Alpha yang juga merupakan perangkat premium.

solution_5430_01

Lebih Hemat 25%

Kendati mendukung tampilan beresolusi tinggi, prosesor ini diklaim lebih efisien dengan penghematan daya mencapai 25%. Tingkat efisiensi yang lebih baik ini dicapai berkat pengguna teknologi High-K Metal Gate atau HKMG 20nm yang lebih hemat daya ketimbang prosesor 28nm.

Berkaca pada kemampuan yang dimiliki oleh prosesor Samsung Exynos 5 Octa 5430 bukan tak mungkin komponen ini akan ditanamkan di Samsung Galaxy Note 4. Kendati Samsung punya kebiasaan merilis perangkat dengan modal prosesor yang berbeda, model Exynos dan Qualcomm.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header Samsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Perangkat Xiaomi di Indonesia Akan Mulai Dijual 16 Agustus? (Updated)

Next Story

Moto 360 dan Smartphone Model Baru Motorola Akan Diumumkan Bulan Depan

Latest from Blog

Don't Miss

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Galaxy AI berbahasa Indonesia dikembangkan dengan modal data yang berkualitas

Galaxy AI Tersedia di Samsung Galaxy S23 FE

Fitur-fitur “assistant” teranyar kini bisa dinikmati pengguna flagship lama termasuk