Pulsk, Startup Wow Untuk Berbagi Konten Wow

Pulsk, Startup Wow Untuk Berbagi Konten Wow

pulsk
pulsk

Prestasi sebuah sosial media lokal, Pulsk, terbilang cukup fenomenal. Pada awal Oktober 2012, hanya beberapa minggu setelah dirilis, Pulsk telah meraih penghargaan sebagai pemenang Sparxup Award 2012 untuk kategori internet/mobile portal. Dan saat ini, meskipun masih dalam beta version, Pulsk sudah memiliki lebih dari 15.000 pengguna terdaftar dan lebih dari 20.000 konten (gambar/artikel dan video).

Pulsk, dengan tag line Share Something Wow, mempunyai konsep gabungan antara 9gag dan Pinterest. Pengguna dapat membagikan konten berupa teks,video, dan terutama gambar yang menarik melalui Pulsk. Pengguna lain bisa merespon konten tersebut, dengan mengklik tombol “WOW” yang berfungsi layaknya tombol “Like” milik Facebook. Konten dengan jumlah “WOW” terbanyak, muncul dalam halaman Paling “Wow”.

Tampilan halaman depan Pulsk mirip dengan tampilan ala Pinterest. Pengguna bisa mencari konten-konten menarik yang terbagi dalam 20 kategori yang ada. Tak hanya yang lucu dan unik, pengguna juga bisa mencari konten artikel tentang pengetahuan umum, keajaiban alam, keindahan nusantara, dan konten sejenis yang bisa membuat pengguna harus berkata “WOW”. Pada setiap kategori, pengguna dapat melihat tab “Paling WOW”, tab “terbaru”, atau menjelajah menggunakan tagar tertentu yang dipakai dalam konten.

Dari sisi sosial media, Pulsk memungkinkan pengguna untuk saling mem-follow pengguna lain. Setiap pengguna, akan memiliki sebuah halaman profil dengan foto profil serta gambar sampul layaknya sebuah halaman profil di Facebook. Ada juga fitur yang memungkinkan seorang pengguna meninggalkan testimonial sepanjang 140 karakter dalam halaman profil pengguna.

Untuk menarik pengguna membagikan konten menarik, selain melalui fitur saling follow, juga menghitung tiap WOW yang diterima oleh setiap pengguna. Pengguna yang mendapatkan WOW terbanyak ditampilkan dalam sebuah tab di sebelah kanan tampilan Pulsk.

Pulsk dikembangkan oleh sebuah tim beranggotakan Rendy Bryanzah sebagai product engineer, Irwan Fahmy sebagai bussiness development, Ardian Trimurti sebagai UI designer dan Rizwan Raiz sebagai art director. Sejak mulai tampil pada September lalu, Pulsk kini dikunjungi oleh sekitar 700 ribu pengunjung dengan 15 juta pageviews. Setiap pengguna rata-rata menghabiskan waktu lebih dari 12 menit untuk mengunjungi situs tersebut. Angka yang diberikan oleh Irwan Fahmy ini berasal dari Google Analytics dan diklaim terus meningkat setiap harinya.

Meskipun telah menarik banyak mengunjung, Irwan mengatakan bahwa Pulsk masih sedang melakukan penelitian untuk mengembangkan fitur yang sudah ada ataupun untuk menambahkan sebuah fitur baru. Selain meningkatkan pengalaman dan tampilan pengguna, Pulsk juga sedang mengembangkan aplikasi mobile agar lebih mudah diakses melalui perangkat mobile. Sepanjang sisa tahun 2012 ini, Pulsk memang masih berkonsentrasi untuk menyempurnakan produknya sekaligus membuat sebuah perusahaan sebagai entitas bisnis mereka.

Meskipun berkembang dengan kecepatan yang pesat di awal kehadiran mereka, Pulsk sepertinya perlu memikirkan strategi untuk terus membangun dan mempertahankan komunitas yang menjadi pengisi konten-kontennya. Komunitas ini layaknya sebuah mesin yang menjalankan sebuah situs dengan konsep user-generated content. Selain berusaha untuk menambah pengguna yang telah terdaftar, Pulsk juga perlu mengikat pengguna yang ada untuk tidak bosan mengunjungi Pulsk sekaligus berbagi konten menarik.

Frase “Terus, gue harus bilang Wow, gitu?” yang sepertinya menjadi konsep Pulsk kini tidak lagi menjadi tren di Indonesia. Agar tidak juga menjadi korban cepat bosannya pengguna di sini, Pulsk perlu terus berinovasi untuk memperkaya kontennya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…