Categories

Berita

PusakaCMS Ramaikan Platform Pembuatan Situs dengan Nuansa Lokal

Adjie Priambada - 28 November 2014

Nyankod, startup yang semula hanya menerbitkan majalah pemrograman, pada tanggal 27 November lalu meluncurkan sebuah Content Management System (CMS) yang bernama PusakaCMS. Mainan baru Nyankod ini diharapkan dapat menjadi senjata baru bagi para web developer dalam membangun sebuah situs dengan dukungan berbagai layanan Versioning Control System (VCS) dan penggunaan framework PHP CodeIgniter untuk kemudahan scalability.

Hadirnya Pusaka CMS dari nyankod ini menambah ramai platformpembuatan situs di Indonesia yang terlebih dahulu sudah diramaikan oleh Klakat dan Pekku. PusakaCMS ini hadir denga nuansa lokal yang dapat dilihat dari gambar logonya yang berbentuk Kujang, senjata dari tanah sunda.

Dalam artikelnya, Nyankod mengakui sengaja menghadirkan nuansa lokal agar dapat menghadirkan kebanggaan tersendiri saat menggunakannya. Selain itu nuansa developer juga terasa kental di dalam CMS ini. Menurut mereka, CMS ini memang ditujukan untuk pengembang dengan menghadirkan dukungan Markdown pada text editor yang digunakan dengan tampilan bergaya code editor.

Saat ini PusakaCMS masih dalam versi beta 1.0, namun sudah banyak keunggulan yang ditawarkan. Mengutip informasi rilisnya, beberapa keunggulan yang ditawarkan yaitu berupa Preview Lokal, Mendukung VCS, Multisite, Markdown Syntax, Dokumentasi Lengkap, Skalabel, Templating Simpel, Panel Admin dan Ekspor ke HTML Statis.

Nyankod sendiri pada awalnya hanya menyediakan terbitan majalah yang berkaitan dengan pemrograman. Seiring berjalannya waktu, Nyankod mulai meluncurkan sejumlah layanan, yaitu Codepolitan dan Devository. Codepolitan adalah sebuah media yang membahas berita-berita yang berkaitan dengan pemrograman, baik itu tools, release update, tips dan trik, tokoh dibalik sebuah tools atau framework, event-event terkait dengan developer, hingga komik dan jokes terkait gaya hidup dari seorang developer. Produk kedua, bernama Devository, rencananya akan menjadi platform untuk tanya jawab seputar pemrograman sekaligus menjadi media untuk aktualisasi diri para developer Indonesia.

PusakaCMS ini sebenarnya dibangun di atas frameworkCodeIgniter dengan banyak mendapatkan inspirasi dari file-based CMS lain seperti Kirby, Stacey dan Fizl. Web developer yang sudah terbiasa dengan CodeIgniter akan lebih terbiasa saat melakukan pengaturan konten yang sederhana dan mudah dikembangkan untuk proyek selanjutnya. Anda dapat mencoba CMS ini dengan mengunduh melalui situs resmi PusakaCMS dan jika ingin ikut berkontribusi dalam pengembangan, Anda dapat mengunjungi halaman Github-nya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter