1. Startup

PuskoMedia Rilis Panda.id, Aplikasi Terpadu untuk Administrasi Desa

Telah diterpakan di 350 desa yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia

Pemerintah dalam dua tahun belakang mulai menghadirkan beberapa program untuk memajukan desa. Salah satunya program domain desa.id, memungkinkan setiap desa membuat situs website. Selain untuk membuat informasi lebih transparan, digitalisasi di level desa diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pelayanan.

Tren masuknya teknologi ke desa-desa ini ditangkap dengan baik oleh PuskoMedia. Mereka menghadirkan produk Panda.id, solusi SaaS terpadu untuk berbagai kebutuhan pencatatan dan informasi layanan desa.

Panda.id merilis fitur yang cukup lengkap untuk keperluan desa, mulai dari website desa, pengelolaan data kependudukan, dan sistem surat-menyurat. Visinya untuk melakukan transformasi digital di lingkup pemerintahan desa, agar lebih terstruktur dan terbuka.

Selain yang sudah disebutkan, ada juga fitur yang memudahkan layanan administrasi inventaris sarana, pengelolaan kas umum, inventaris kekayaan desa, pengelolaan APBDes, dan fitur untuk menampilkan berbagai macam statistik data.

"Intinya Panda.id menjadi cara kami membantu desa untuk lebih dekat dengan teknologi. Aplikasi Panda.id membantu kinerja pemerintah, digabungkan dengan website desa yang digunakan sebagai media desa untuk memamerkan segala potensi yang desa punya; seperti toko online desa, profil desa, berita desa dan lain-lain," terang CTO PuskoMedia Navynda Aldadera.

Untuk bisa menggunakan sistem Panda.id, desa harus melakukan registrasi domain desa.id terlebih dulu. Setelah itu bisa melanjutkan membuat akun di Panda.id untuk pengelolaan domain dan hosting.

Tim dari Panda.id akan melakukan instalasi seluruh sistem Panda.id ke domain milik desa, sehingga pihak desa bisa langsung menggunakan sistemnya. Panda.id juga menyediakan pelatihan bagi para petugas di desa untuk bisa menggunakan sistem dengan baik.

Dari penuturan Navynda, saat ini Panda.id telah berhasil mengelola 350 desa yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Beberapa desa bergabung karena promosi yang dilakukan tim Panda.id, beberapa bergabung karena melihat apa yang dilakukan Panda.id di desa lainnya berjalan cukup baik.

Navynda menjelaskan, pihaknya cukup yakin bahwa apa yang mereka tawarkan melalui akan sangat berguna bagi desa. Karena selain mereka mengembangkan sistem yang memang sesuai dengan kebutuhan, beberapa dari tim PuskoMedia pernah menjadi relawan TIK yang terjun langsung ke desa.

Selain itu sebagai sebuah bisnis yang menyangkut data-data pribadi dan sensitif banyak orang turut dijamin privasinya. Hal ini karena Panda.id memiliki data center yang telah sesuai dengan standar yang diberikan oleh pemerintah.

"Target kami seluruh desa di Indonesia dapat menjadi mitra kami. Lalu pemerintah diwajibkan menggunakan Panda.id. Karena nanti pemerintah bisa lebih mudah mendapat laporan real-time," tutup Navynda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again