Pengembang permainan mobile yang berbasis di Yogyakarta, Qajoo Studio, hari ini merilis edugame CERI: Bawang Putih dan Bawang Merah untuk platform iOS dan sudah tersedia di App Store. Ini adalah seri kedua CERI — cerita rakyat Indonesia — setelah Kancil dan Buaya yang berhasil meraih top paid application di App Store dan Samsung Apps. Bawang Putih dan Bawang Merah tersedia dalam versi gratis dengan in app purchase dan berbayar (seharga Rp 19.000) untuk versi lengkap.

Menurut keterangan dalam rilis persnya, Bawang Putih dan Bawang Merah merupakan sebuah kisah tentang seorang gadis manis yang hidup bersama ibu tiri dan saudari tirinya yang bernama Bawang Merah. Sang ibu tiri selalu memarahi Bawang Putih karena ia tidak menyukainya. Suatu hari, ketika Bawang Putih mencuci pakaian di sungai, sehelai baju milik ibu tirinya terbawa arus sungai. Bawang Putih pun harus menghadapi kemarahan dari sang ibu tiri akibat kelalaiannya. Di sinilah peran para pembaca dibutuhkan untuk membantu Bawang Putih mencari baju tersebut.

Kami sempat mencoba Bawang Putih dan Bawang Merah dari sudut pandang orang dewasa dan permainan ini sangat menarik untuk memperkenalkan cerita rakyat negara sendiri seakan-akan sambil membaca buku cerita sekaligus mengedukasi anak-anak kita untuk belajar membersihkan dan merapihkan berbagai hal. Bawang Merah dan Bawang Putih tersedia dalam versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Berkaitan dengan rilis seri baru ini, Qajoo Studio menawarkan pembagian gratis versi lengkap Kancil dan Buaya pada tanggal 31 Januari – 2 Februari 2014.

Setelah versi iOS, Bawang Putih dan Bawang Merah akan tersedia untuk platform Android di Samsung Apps, sementara rencana listing di Google Play Store disebutkan masih terkendala di beberapa hal. Qajoo Studio mengkonfirmasi bahwa pihaknya tidak akan fokus ke platform lain untuk saat ini. Selain seri CERI, Qajoo Studio juga mengembangkan sejumlah permainan lain untuk iOS, misalnya Run Princess Run yang dikembangkan bersama Imaginarium Games.

Update:edugame buatan Qajoo Studio ini berbeda dengan CERI: Bawang Merah dan Bawang Putih yang dibuat oleh Educa Studio dan sudah dirilis untuk Android di Google Play Store.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.