Categories

Berita

Qlue Dukung Pemerintah Kota Probolinggo Wujudkan Smart City

Probolinggo Command Center akan menjadi awal inisiatif digital yang berkelanjutan

Prayogo Ryza - 5 October 2016

Qlue kembali menunjukkan diri sebagai salah satu layanan dengan inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah dalam pengelolaan kota secara digital. Yang terbaru adalah dideklarasikannya Probolinggo Smart City akhir September lalu. Salah satu langkah awal untuk mewujudkannya adalah dengan diresmikannya Probolinggo Command Center.

Command Center milik pemerintah Probolinggo ini nantinya bisa dipergunakan untuk menyajikan informasi mengenai keadaan kota lengkap dengan kemampuan integrasi data dan aplikasi hingga analisis data, sehingga nantinya pengelolaan kota diharapkan bisa lebih efektif dan efisien.

VP of Sales Qlue Indonesia yang turut hadir dalam acara soft launching Probolinggo Command Center mengatakan:

“Qlue mengapresiasi keberanian dan langkah nyata Pemerintah Kota Probolinggo dalam mewujudkan smart city. Karena seperti kita ketahui, mewujudkan sebuah smart city dibutuhkan komitmen kuat dari pemerintah, serta partisipasi yang besar dari warga. Berharap dengan komitmen yang sudah dideklarasikan oleh Pemerintah Kota Probolinggo ini, warga Probolinggo menjadi lebih peduli terhadap keadaan kotanya sehingga tercipta sinergi yang kuat antara Pemerintah dengan Warga yang dilengkapi dan dimudahkan bantuan teknologi.”

Selain Probolinggo Command Center pihak Qlue juga berharap ke depan platform smart city milik pemerintah Probolinggo juga dilengkapi dengan penggunaan aplikasi Qlue oleh warga sebagai salah satu kanal aspirasi sehingga platform dapat dimaksimalkan menjadi pusat data serta analisis berbasis laporan warga. Hal tersebut nantinya diharapkan bisa menjadi dasar yang kuat bagi para pemimpin untuk pengambilan keputusan dalam pemerintahan kota Probolinggo.

Sementara itu di sisi lain Rukmini selaku Walikota Probolinggo memberikan keterangan bahwa penandatanganan MoU Smart City ini menjadi salah satu bukti bahwa Pemerintah Kota Probolinggo sangat peduli untuk memenuhi kebutuhan kota dengan dukungan TIK. Ia berharap ke depannya dengan penerapan konsep Smart City di Probolinggo pihaknya bisa memaksimalkan pelayanan masyarakat untuk menjadi lebih baik lagi.

Untuk informasi selain aplikasi pelaporan warga Qlue juga memiliki Qlue Help Desk, sebuah dashboard untuk memantau pelaporan dan keluhan sehingga bisa ditangani dengan cepat dan juga memiliki inovasi di bidang Internet of Things (IoT) yakni Qlue Smart Trash Bin, sebuah teknologi baru yang nantinya akan terintegrasi dengan dashboard Jakarta Smart City.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter