QLUE Luncurkan Aplikasi Bantu Pemerintah Kota Terapkan Smart City

QLUE Luncurkan Aplikasi Bantu Pemerintah Kota Terapkan Smart City

Baru tersedia di platform Android, aplikasi SmartCities tersedia untuk 13 kota dan dilengkapi konten VR 360
QLUE luncurkan 13 aplikasi SmartCities di platform Android / QLUE
QLUE luncurkan 13 aplikasi SmartCities di platform Android / QLUE

QLUE kembali melengkapi portofolio solusi untuk layanan pemerintahan dengan menghadirkan aplikasi SmartCities. Aplikasi ini diluncurkan dengan tujuan untuk mendukung konsep Smart City yang diharapkan bisa menyeluruh di wilayah Indonesia. Aplikasi ini didesain untuk memudahkan komunikasi antara warga dan pemerintah kota secara digital dan mudah.

Sejauh ini QLUE dikenal berkat aplikasi pelaporan warga yang sudah diterapkan di beberapa kota besar seperti Jakarta. Dengan hadirnya aplikasi SmartCities ini menandakan bahwa QLUE memang berarah untuk memberikan solusi digital untuk membantu pemerintah.

Dalam pengembangan aplikasi SmartCities ini QLUE telah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak, seperti perlahan-perusahaan besar, startup maupun asosiasi dalam skala global. Sejauh ini ada 13 kota yang sudah bisa memanfaatkan aplikasi terbaru QLUE yang saat ini tersedia hanya untuk platform Android. Kota-kota tersebut adalah Jakarta, Bandung, Makassar, Bali, Manado, Surabaya, Bogor, Depok, Palembang, Bekasi, Yogyakarta, Pekanbaru, dan Semarang.

“Tujuan dari SmartCities adalah untuk mendorong pengembangan kota cerdas di Indonesia. Secara garis besar, kota cerdas merupakan kota yang dapat tumbuh dengan sendirinya ke arah tujuan yang positif dengan memanfaatkan komponen teknologi informasi, infrastruktur dan governance yang melibatkan pemerintah, industri dan masyarakat,” tulis pihak QLUE dalam rilis yang kami terima

Seluruh aplikasi SmartCities di asing-masing kota juga disebutkan sudah dilengkapi dengan konten lokal secara Virtual Reality (VR) 360 yang meliputi konten pariwisata, tempat umum, berita terbaru dan keluhan masyarakat yang sebagian sudah diintegrasikan dengan sistem pemerintahan kota masing-masing sehingga masyarakat bisa mengakses informasi keluhan warga secara real time.

“Kami akan terus bekerja sama dengan kota-kota besar di Indonesia untuk memaksimalkan pengembangan sistem smart city dan dapat bergabung segera dengan SmartCities sehingga tujuan kota-kota cerdas lebih cepat tercapai,” ujar CEO Qlue Rama Raditya.

Rama juga menyebutkan SmartCities ini tidak hanya sekedar aplikasi yang dapat mengakses informasi dari pemerintah, aplikasi ini dirancang dengan tujuan untuk mendorong masyarakat untuk aktif melaporkan masalah kota melalui aplikasi QLUE sehingga pemerintah dapat mengetahui dan memetakan titik-titik lokasi masalah kota dari laporan warga.

“Dengan adanya SmartCities.ID ini, kami ingin membuat perubahan yang lebih baik dan lebih cepat menjadikan Indonesia sebagai Smart Nation,” tutup Rama.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…