Categories

Gadget

Qualcomm Ramaikan Industri Drone dengan Chipset Snapdragon Flight

Glenn Kaonang - 14 September 2015

Mulai tahun depan, Anda tidak akan menjumpai prosesor Snapdragon di smartphone saja, tetapi juga di drone. Kabar ini datang langsung dari Qualcomm sendiri. Belum lama ini mereka memperkenalkan chipset bernama Qualcomm Snapdragon Flight yang dirancang khusus untuk mengotaki sebuah drone.

Mengapa Qualcomm merasa industri drone memerlukan chipset khusus? Apa yang salah dengan yang sudah ada sekarang? Menurut Raj Talluri selaku salah satu petinggi Qualcomm, pabrikan drone selama ini memanfaatkan berbagai macam komponen yang dipasok oleh beberapa perusahaan sekaligus. Dampaknya, ongkos produksi jadi melambung, begitu juga dengan harga jual drone.

Misi Qualcomm dengan Snapdragon Flight adalah menyatukan semua teknologi yang dibutuhkan drone ke dalam sebuah circuit board terintegrasi. Dengan demikian, pabrikan drone diharapkan bisa membuat drone yang ringkas, ringan, mudah digunakan dan yang paling penting, berharga terjangkau. Qualcomm sendiri berhasil menciptakan prototipe drone berkemampuan 4K yang hanya sebesar kepalan tangan, seperti pada gambar di bawah.

Info menarik: Qualcomm Mulai Buka-bukaan Soal Snapdragon 820

Dimensi fisik circuit board Snapdragon Flight hanya berkisar 58 x 40 mm. Di situ tertanam prosesor quad-core Snapdragon 801 yang telah mendukung opsi perekaman video 4K plus live streaming dalam resolusi HD. Selain Wi-Fi dan Bluetooth, Snapdragon Flight juga mengemas teknologi navigasi berbasis satelit yang diklaim dapat mendeteksi lokasi dengan sangat akurat; bukan GPS, melainkan GNSS (Global Navigation Satellite System).

Terakhir, Snapdragon Flight juga membawa dukungan fitur quick charging. Fitur ini sangat krusial, mengingat mayoritas drone yang ada di pasaran saat ini hanya bisa mengudara selama beberapa menit sebelum baterainya minta diisi ulang kembali.

Mitra pertama yang ditunjuk Qualcomm untuk mengaplikasikan Snapdragon Flight adalah Yuneec, salah satu rival DJI yang belum lama ini meluncurkan sebuah drone unik bernama Typhoon Q500 4K. Drone buatan Yuneec yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon Flight ini rencananya akan hadir tahun depan.

Sumber: Qualcomm (1), (2) via Re/code.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter