1. Startup

Radya Labs Siapkan Twinnies Menu, Aplikasi Kumpulan Resep Makan Sehat

Diresmikan tanggal 14 Februari 2017

Sebagai pengembang aplikasi lokal, Radya Labs kerap menghadirkan aplikasi dengan teknologi terkini dan berfungsi untuk semua kalangan. Setelah sebelumnya mengembangkan aplikasi on-demand yang disebut dengan Project Flores, di bulan Februari ini Radya Labs kembali meluncurkan aplikasi baru yang menyasar kalangan ibu-ibu muda di Indonesia bernama Twinnies Menu.

Resep menu pilihan dalam satu aplikasi

Aplikasi mobile yang saat ini sudah bisa diunduh di platform Android (dan bulan Maret untuk versi iOS) menyajikan resep-resep yang sesuai untuk balita khususnya dan keluarga pada umumnya, resepnya sebagian besar mempromosikan penggunaan bahan-bahan organik.

Konsepnya menyajikan resep digital kepada kaum ibu, terutama ibu di perkotaan yang semakin melek teknologi dan menggunakan smartphone untuk membantu aktivitas sehari-hari, di antaranya memasak asupan gizi untuk anak tanpa harus ke toko buku untuk memperoleh buku resep, sekarang dengan mudah bisa diperoleh melalui aplikasi.

Kepada DailySocial Co-Founder Radya Labs Puja Pramudya menjelaskan ide awal Twinnies Menu merupakan pengalaman pribadi untuk membuat kumpulan resep khusus untuk ibu-ibu muda yang membutuhkan informasi lengkap dalam sebuah aplikasi.

“Saya dan partner bisnis saya Tito Daniswara masing-masing baru memiliki anak pertama kami. Dalam diskusi santai waktu itu, para istri sempat menceritakan sedang sibuk mempersiapkan rencana makanan MPASI yaitu makanan pendamping ASI untuk bayi di atas usia 6 bulan. Kami coba bertanya khususnya ke lingkaran para istri mengenai kebutuhan tersebut, ternyata banyak dukungan yang kami terima,” kata Puja.

Melihat adanya potensi untuk membuat aplikasi sederhana untuk segmentasi ibu-ibu muda, Puja dan rekan kemudian mencoba untuk menghubungi salah satu sahabat yang hobi memasak sendiri dengan bahan organik untuk anak kembarnya. Puja mengungkapkan dari sahabatnya tersebut kemudian ide nama Twinnies Menu diciptakan.

“Rekan kami ini aktif di komunitas ibu-ibu yang suka memasak sehingga memiliki cukup banyak  orang yang lumayan aktif. Untuk memvalidasi ide aplikasi, kami coba mengikuti lomba yang pernah DailySocial selenggarakan bersama Facebook,” kata Puja

Tim Twinnies Menu

Saat itu Puja mengembangkan aplikasi tanya jawab, bisa melalui aplikasi atau Facebook Bot untuk mendapatkan informasi resep melalui chatting. Selanjutnya resep bisa dicari berdasarkan bahan atau rasa yang diinginkan dengan format bahasa natural. Pengguna cukup mencari dengan kata kunci atau keyword seperti "makanan manis" maka akan tampil resep yang mengandung bahan manis seperti gula dan sebagainya.

“Meskipun tidak menang, kami mendapat apresiasi dari para Juri, lalu ide aplikasi kami sederhanakan lagi, karena ternyata ibu-ibu muda lebih senang browsing dengan melihat gambar dibandingkan fitur search. Aplikasi sekarang menampilkan resep ala Instagram dengan gambar yang besar supaya menggugah selera dan rasa ingin tahu. Aplikasi kami ikutkan lomba lain yaitu IWIC 2016 dan berhasil memenangkan peringkat pertama untuk kategori Woman,” kata Puja.

Keberhasilan yang diraih Puja dan tim saat menjadi pemenang kompetisi, menjadi pembuktian bahwa produk memang memiliki potensi untuk dikembangkan dan strategi monetisasi juga bisa dilancarkan. Meskipun saat ini aplikasi mobile sudah bisa diunduh dan digunakan oleh publik, namun secara resmi Twinnies Menu akan dirilis pada tanggal 14 Febuari 2017.

“Aplikasi ini baru akan kita launch bertepatan dengan hari kasih sayang, sebagai wujud kasih sayang kami kepada keluarga Indonesia. Jadi belum ada pengguna publik, baru ada beberapa pengguna internal dari kalangan Radya Labs dan kolega,” kata Puja.

Fitur unggulan dan pilihan premium untuk pelanggan

Saat ini Twinnies menu telah memiliki 100 resep, yang  fokus pada resep balita, MPASI dan hidangan keluarga. Fitur yang ditampilkan juga cukup sederhana dan mudah untuk digunakan. Dengan tampilan gambar makanan yang beragam, pengguna bisa dengan mudah memilih resep yang ingin dicoba hingga fitur Favorite.

“Untuk saat ini Twinnies Menu merupakan aplikasi resep yang sangat sederhana. Kami fokus kepada konten dari resep yang ingin dibagikan. Pengguna bisa browsing ala Instagram dengan model daftar bergambar atau gaya swipe ala Tinder. Kami tonjolkan gambar agar menggugah selera dan memancing rasa ingin tahu pengguna,” kata Puja.

Untuk pengguna yang ingin mendapatkan akses lebih dari Twinnies Menu terdapat juga pilihan Twinnies Menu Premium. Biaya yang dikenakan kepada pengguna adalah Rp 15 ribu dan bisa dilakukan dengan cara potong pulsa atau carrier billing (untuk platform Android). Untuk semua pelanggan Premium, Twinnies Menu menawarkan akses gratis 100 resep dan bisa di-sync dengan perangkat lainnya.

“Ke depannya aplikasi Twinnies Menu akan terus kita kembangkan, baik dari sisi fitur maupun konten supaya semakin memudahkan ibu untuk menyediakan masakan terbaik bagi anak,” tutup Puja.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again