Rakuten Belanja Online Segera Rilis Aplikasi Mobile

Meskipun cukup terlambat ketimbang pesaing, Rakuten Belanja Online (RBO) segera merilis aplikasi mobile untuk platfrom Android dan iOS di Indonesia. Aplikasi ini bakal tersedia awal tahun depan untuk mengantisipasi tren pengaksesan layanan e-commerce melalui perangkat mobile yang semakin luas. Saat ini RBO telah memiliki 900 premium merchant dan berencana meningkatkan fokusnya ke kota-kota di Pulau Jawa tahun depan.

RBO menggunakan riset Millward Brown sebagai basis dengan memprediksikan 25% konsumen Indonesia menggunakan perangkat mobile untuk berbelanja online. Beberapa tulisan sebelumnya, misalnya tentang Groupon Indonesia dan Skyscanner Indonesia, memperkuat fakta bahwa penggunaan perangkat mobile di Indonesia sudah mendominasi pengaksesan layanan e-commerce.

Seperti dikutip dari The Jakarta Post, Direktur RBO Yasunobu Hashimoto mengatakan, "Tren ini akan berlanjut. Kami memprediksikan semakin banyak penjual yang berinvestasi di pemasaran mobile tahun depan untuk bergabung dengan pertumbuhan pesat mobile commerce."

RBO mencatat pertumbuhan pageviews 546,8% melalui ponsel dan peningkatan 587,1% untuk pemesanan melalui ponsel di kuartal pertama 2014.

Terkait dengan statistik penjualan di RBO, tiga kategori yang mencatat pertumbuhan terpesat (dengan persentase tiga digit) adalah produk ibu dan bayi, produk makanan dan minuman, dan produk perawatan kccantikan.

Marketing Manager RBO Franky Hoetomo menyebutkan, "Tahun depan kami akan fokus untuk merekrut merchant di (kota-kota di) Pulau Jawa. Kami telah melihat potensi pertumbuhan merchant yang lebih tinggi di kawasan di luar Jakarta. Kami ingin menawarkan inisiatif kami untuk menyediakan peluang yang lebih luas untuk mengembangkan bisnis mereka."

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again