Categories

Gadget

Rangkaian Laptop ASUS dan ROG Terbaru yang Akan Hadir di Tahun 2021

Dari lini premium ZenBook hingga laptop gaming ROG

Lukman Azis - 19 January 2021

ASUS telah mengumumkan rangkaian laptop terbaru yang akan hadir di tahun 2021. Dalam acara peluncuran virtual bertajuk 'Be Ahead' di ajang CES 2021 minggu lalu, ASUS memperkenalkan ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582), ZenBook Duo 14 (UX482), VivoBook S14 (S435), ExpertBook B9 (B9400 vPro), dan TUF Dash F15.

Serta, jajaran laptop gaming ROG terbaru meliputi ROG Flow X13, ROG Zephyrus Duo 15 SE, dan ROG Strix SCAR 15/17 dalam acara peluncuran bertemakan 'For Those Who Dare'. Seluruh laptop terbaru yang dikenalkan oleh ASUS kali ini hadir dengan teknologi dan inovasi terbaru.

ASUS ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582)

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) adalah generasi terbaru dari laptop ultra-powerful yang kini dilengkapi ScreenPad Plus. Layar touchscreen kedua tersebut beresolusi 4K yang fungsi utamanya adalah sebagai ekstensi layar 4K OLED utama untuk memperkaya produktivitas penggunanya.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-10870H dan hingga i9-10980HK terbaru. Dengan chip grafis NVIDIA Geforce RTX 3070, RAM hingga 32GB DDR4, dan menggunakan NVMe PCIe SSD 3.0 x4 sebagai media penyimpanan utamanya. Seperti generasi sebelumnya, ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) juga telah tervalidasi sebagai laptop NVIDIA Studio sehingga sangat tepat digunakan oleh para content creator.

ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) memiliki mekanisme khusus yang memungkinkan ScreenPad Plus terangkat dan membentuk sudut 9,5 derajat saat digunakan. Selain untuk menghindari efek glare (silau) yang mengganggu, mekanisme tersebut menghasilkan rongga udara ekstra yang merupakan kunci yang membuatnya tetap dingin meski mengusung hardware powerful dalam bodi yang ringkas.

Layar merupakan salah satu keunggulan utama, hadir dengan panel OLED yang mampu menghadirkan tampilan yang lebih baik dan akurat, dan sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated. Layarnya juga mampu menampilkan warna hitam sempurna yang telah terbukti melalui sertifikasi VESA DisplayHDR True Black 500.

ASUS ZenBook Duo 14 (UX482)

Boleh dibilang laptop ini merupakan versi hemat dari ZenBook Pro Duo 15 (UX582) yang juga turut dilengkapi ScreenPad Plus, tampil dengan bodi yang lebih ringkas dari pendahulunya, dan dipersenjatai dengan hardware terkini. Kombinasi prosesor 11th Gen Intel Core hingga i7-1165G7, chip grafis NVIDIA GeForce MX450 atau Intel Iris Xe Graphics terbaru, dan RAM hingga 32GB LPDDR4X.

ZenBook Duo 14 (UX482) mengusung mekanisme khusus yang sama seperti saudaranya. ScreenPad Plus dapat terangkat membentuk sudut 7 derajat sehingga menghasilkan rongga udara ekstra untuk sistem pendinginannya bekerja lebih optimal dan sekaligus mengurangi efek glare (silau) saat digunakan.

Berkat sertifikasi PANTONE Validated dan kemampuan reproduski warna pada color gamut sRGB hingga 100%, membuatnya dapat diandalkan oleh content creator seperti ilustrator dan fotografer profesional. Layarnya telah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland untuk low blue light, sehingga akan lebih aman untuk kesehatan mata penggunanya karena memancarkan gelombang cahaya biru lebih rendah.

ZenBook Pro Duo 15 (UX582) dan ZenBook Duo 14 (UX482), keduanya dibekali dengan ScreenExpert 2. Software ini dirancang khusus agar pengguna dapat memanfaatkan ScreenPad Plus tidak hanya sekadar sebagai layar kedua, tetapi alat untuk membuat kegiatan lebih produktif dari sebelumnya.

Salah satu fitur baru yang disematkan di ScreenExpert 2 adalah Control Panel, yang memungkinkan sebuah panel khusus untuk muncul secara otomatis sebagai alat untuk mengontrol berbagai tool di software Adobe, mulai dari Photoshop, Lightroom, After Effect, dan Premiere. Control Panel bekerja layaknya hardware kontrol yang biasanya dijual terpisah di pasar lengkap dengan tombol slider, switch, dan dial yang dapat dikustomasi.

Kedua laptop juga hadir dengan stylus terbaru dalam paket penjualannya. Stylus tersebut kini lebih presisi dan mampu mengenali tekanan hingga 4096 level, sehingga lebih powerful untuk para content creator.

ASUS VivoBook S14 (S435)

VivoBook S14 (S435) merupakan laptop VivoBook pertama yang mendapatkan sertifikasi Intel EVO dan telah ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core, serta chip grafis terintegrasi Intel Xe Graphics. Dengan RAM DDR4 berkapasitas hingga 16GB dan mendukung Intel Optane Memory H10, ditambah dengan penyimpanan PCIe SSD hingga 1TB sehingga membuatnya dapat diandalkan untuk berbagai skenario penggunaan.

VivoBook S14 (S435) juga merupakan salah satu laptop yang dibekali dengan ASUS Intelligent Performance Technology, yang memungkinkan CPU di laptop ini untuk dapat berjalan pada performa maksimalnya secara non-stop. Teknologi ini membuat pengguna dapat memacu performa perangkatnya, menghemat baterainya, atau membuat kipas yang berjalan senyap.

Bagian eksteriornya, VivoBook S14 (S435) dilengkapi dengan desain modern menggunakan diamond cut pada tepiannya dan terdapat logo VivoBook di bagian belakang layarnya. Layarnya telah bersertifikasi TUV Rheindland sehingga lebih aman untuk kesehatan mata. Beratnya hanya 1,3kg dan ketebalan 15,9mm, sehingga cukup portabel.

ASUS ExpertBook B9 (B9400 vPro)

ExpertBook B9 merupakan laptop ringan yang dirancang khusus untuk dunia bisnis. Terverifikasi sebagai laptop yang didukung platform Intel EVO, ExpertBook B9 hadir sebagai laptop pebisnis profesional dengan performa andal, fitur keamanan kelas enterprise, durabilitas terbaik, dan daya tahan baterai paling panjang di kelasnya. Dengan pilihan bobot hanya 880 gram dan baterai 33Whrs atau bobot 1005 gram dan baterai 66Whrs, ExpertBook B9 dapat menemani penggunanya menjalankan aktivitas bisnisnya seharian.

ExpertBook B9 juga telah lolos berbagai pengujian ekstrem berstandar militer AS atau MIL-STD 810H, tampil lebih tahan banting dari sebelumnya. Serta, telah mendukung teknologi 11th Gen Intel vPro yang memungkinkan tim IT untuk dapat melakukan manajemen serta kontrol jarak jauh terhadap laptop ini secara aman.

Untuk performanya, ExpertBook B9 kini dibekali dengan prosesor 11th Gen Intel Core serta chip grafis terintegrasi Intel Xe Graphics. Kombinasi keduanya ditambah dengan penyimpanan hingga 2TB yang dapat dikonfigurasikan secara RAID 0 dan RAID 1.

ASUS TUF Dash F15

Beralih ke segmen gaming, ASUS memperkenalkan TUF Dash F15. Laptop gaming 15,6 inci ini ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core hingga i7-11375H, chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3070, RAM hingga 16GB DDR4, dan storage SSD hingga 1TB.

Sebagai laptop gaming modern, TUF Dash F15 dibekali layar dengan refresh rate 240Hz dan response time 3ms sehingga cocok untuk gamer esports dan AAA. Bila masih kurang dengan performa grafisnya, TUF Dash F15 dapat dihubungkan dengan GPU eksternal melalui port Thunderbolt 4. Baterai laptop ini juga besar dengan penggunaan hingga 16,5 jam untuk pemutaran video dan dapat diisi ulang melalui port USB Type-C menggunakan adapter Power Delivery.

Sistem pendingin baru pada TUF Dash F15 terdiri dari heat spreader yang lebih besar yang dihubungkan ke lima heatpipe. Di ujung sistem pendinginnya adalah dua kipas N-Blade yang dapat mengalirkan udara lebih baik namun memiliki tingkat kebisingan lebih rendah. Dibantu dengan fitur self-cleaning cooling, TUF Dash F15 dapat tampil lebih awet, karena terbebas dari debu dan pertikel yang berpotensi menyumbat aliran udara pada sistem pendinginannya.

ASUS ROG Flow X13

ASUS ROG Flow X13 merupakan laptop gaming ultraslim 13 inci yang masuk dalam kategori 'innovation', sama seperti ROG Zephyrus Duo 15 SE. Keunikan ROG Flow X13 ialah mengusung desain convertible dengan dimensi ringkas yakni 299x222x15,8 mm dan bobot 1,3 kg.

Engsel layarnya dapat diputar hingga 360 derajat, artinya ROG Flow X13 dapat tampil sebagai laptop multifungsi. Selain mode laptop, dapat digunakan dalam mode tent, stand, dan tablet.

Layarnya menggunakan teknologi touchscreen dengan opsi panel FHD (1920x1200 piksel) 120Hz atau panel beresolusi tinggi 4K (3840x2400 piksel) namun dengan refresh rate 60Hz. Keduanya dilindungi oleh Corning Gorilla glass dan mendukung penggunaan stylus.

Layar ROG Flow X13 juga telah mendukung teknologi Adaptive Sync. Juga telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated sehingga akurasi dan tingkat reproduksi warnanya terjamin dan dapat diandalkan sebagai laptop untuk content creation.

ROG Flow X13 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7 5800HS, Ryzen 9 5900HS, dan hingga Ryzen 9 5980HS. Dengan chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650, RAM hingga 32GB LPDDR4X, dan storage SSD hingga 1TB.

Berkat kombinasi CPU dan GPU yang sangat efisien, laptop gaming ini mampu menemani penggunanya hingga 10 jam menggunakan baterai. Dengan fitur USB Power Delivery, ROG Flow X13 memungkinkan pengisian daya melalui adapter USB Type-C 100W khusus dan dapat diisi ulang dayanya dari 0% hingga 60% hanya dalam waktu 39 menit.

ROG Flow X13 merupakan laptop gaming pertama yang mendukung ROG XG Mobile, perangkat GPU eksternal yang ditenagai chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3080 terbaru. Ketika dihubungkan dengan ROG XG Mobile, ROG Flow X13 menjadi laptop dengan performa grafis yang sangat kencang dan juga dilengkapi serangkaian I/O untuk memperkaya pengalaman penggunanya.

ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE

Selanjutnya ROG Zephyrus Duo 15 SE, laptop gaming ini dilengkapi dengan ScreenPad Plus yang merupakan layar kedua terintegrasi. Layar dengan fitur touchscreen tersebut memiliki banyak fungsi untuk menunjang produktivitas dan meningkatkan pengalaman bermain game.

ScreenPad Plus dapat dimanfaatkan untuk berbagai skenario seperti mengontrol aplikasi streaming secara langsung, atau melihat walkthrogh dan guide sambil bermain game di layar utama. Untuk para content creator, ScreenPad Plus dapat digunakan sebagai kanvas atau bahkan alat kontrol tambahan berkat fittur dukungan integrasi langsung dengan aplikasi Adobe.

ROG Zephyrus Duo 15 SE kali ini ditenagai oleh prosesor AMD terbaru, yaitu Ryzen 7 5800H hingga Ryzen 9 5900HX. Serta, chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3080, RAM hingga 32GB DDR4, dan storage SSD hingga 2TB.

Laptop ini hadir dalam dua pilihan layar, yaitu dengan panel FHD dengan refresh rate 360Hz yang memiliki color gamut sRGB 100% atau panel beresolusi 4K 120Hz yang memiliki color gamut Adobe RGB 100%. Keduanya telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated untuk memastikan tingkat akurasi warna yang tinggi.

ROG Zephyrus Duo 15 SE mengandalkan Active Aerodynamic System Plus (AAS+) yang telah diperbarui sebagai sistem pendinginannya. AAS+ membuat bagian ScreenPad Plus di laptop ini terangkat sehingga mampu menghadirkan rongga udara lebih luas untuk sistem pendinginnya.

Juga dibekali dengan kipas Arc Flow yang mampu menghadirkan aliran udara hingga 13% lebih baik. Penggunaan modul pendingin baru dengan lima heatpipe dan liquid metal sebagai thermal compound membuat performa pendinginan ROG Zephyrus Duo 15 SE lebih baik dari generasi sebelumnya.

ASUS ROG Strix SCAR 15/17

Meneruskan tradisi pendahulunya, ROG Strix SCAR terbaru kembali hadir sebagai laptop gaming dengan performa tanpa kompromi. Selain dibekali dengan prosesor hingga AMD Ryzen 9 5900HX dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3080, ROG Strix SCAR 15/17 kini dapat mengsusung memori DDR4 3200MHz berkapasitas hingga 64GB dengan modul pendingin baru yang lebih baik.

Didesain sebagai mesin para gamer esports, ROG Strix SCAR 17 hadir dengan layar paling kencang di kelasnya, yaitu beresolusi FHD dengan refresh rate hingga 360Hz dan response time 3ms. Layarnya memiliki bezel yang lebih tipis agar gaming lebih imersif dan telah didukung oleh teknologi Adaptive Sync.

Peningkatan dari seri sebelumnya juga terdapat di sistem audio. ROG Strix SCAR 17 terbaru kali ini ditenagai oleh sistem audio Dolby Atmos melalui empat speaker yang dapat menghasilkan detail suara serta efek surround sound lebih baik. Agar komunikasi lebih lancar saat bermain game esports, ROG Strix SCAR 17 kini telah dilengkapi dengan fitur Two-Way AI Noise-Cancellation yang akan meredam semua suara bising di sekitar penggunannya.

Keyboard-nya menggunakan optical mechanical dengan fitur per-key RGB, memiliki key travel yang lebih dalam yaitu 1,9mm, dan juga responsif. Trackpad yang digunakan ukurannya 85% lebih besar membuat laptop ini tetap nyaman digunakan meski tanpa mouse.

Selain itu, ROG Strix SCAR 17 terbaru menggunakan modul pendingin baru yang mampu mengoptimalkan performa laptop ini dengan tingkat kebisingan lebih rendah dari generasi sebelumnya. Modul pendingin tersebut dilengkapi kipas Arc Flow, fitur self-cleaning cooling system, dan menggunakan liquid metal sebagai thermal compound.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter