30 January 2013

by wiku

Rangkuman di Media Sosial dan Sumber Online Tentang 'Banjir Jakarta'

Media sosial dan sumber daring (online) sudah menjadi bagian dari berbagai kegiatan di Indonesia, bukan hanya yang berkaitan dengan hiburan dan politik, percakapan yang ada di media sosial juga menyangkut kejadian yang menimpa masyarakat, salah satu contohnya banjir di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pitra Satvika dari Stratego Corp membuat slide yang mencoba merangkum berbagai akun Twitter, situs serta sumber daring (online) yang memberikan berbagai informasi terkait banjir di Jakarta kemarin.

Slide ini berisi berbagai informasi, mulai dari tangkapan data atas tweet yang terkait banjir, akun Twitter yang aktif memberikan informasi seputar banjir kemarin, berbagai layanan yang menyediakan peta untuk membantu melihat daerah mana saja yang terkena banjir. Selain yang berasal dari Indonesia ada pula layanan global serta komunitas dari layanan global yang membuat sumber informasi terkait banjir Jakarta kemarin.

Banjir memang tidak hanya bisa menimpa Jakarta, daerah lain di Indonesia pun rawan banjir, ada banyak faktor yang menyebabkannya, salah satunya adalah kelalaian kita tidak memelihara lingkungan. Namun terlepas dari itu, dari sisi media sosial, cukup menarik untuk melihat bagaimana media sosial telah menjadi bagian serta alat yang bisa memberikan manfaat, minimal penyebaran informasi, untuk bisa dimanfaatkan bagi penggunanya dalam berbagai peristiwa.

Untuk lebih lengkap, silahkan cek slide berikut ini, klik tombol panah pada bagian kanan bawah untuk memperbesar.