Raspberry Pi telah menjadi fasilitator bagi banyak orang yang ingin membangun perangkat komputernya sendiri, tidak hanya di sisi hardware, namun perangkat single-board computer ini telah pula melahirkan sejumlah pengembang software kreatif yang membangun platform-nya sendiri.

Salah satunya ialah Arne Exton, pencipta berbagai distribusi Linux itu, baru saja mengumumkan keberadaan dariRaspAnd OS, sistem operasi Android yang telah ia racik untuk bisa dijalankan pada perangkat Raspberry Pi 2 dan Raspberry Pi 3.

RaspAnd OS Build 170605, dibangun dengan basis Android 7.1.2 Nougat, versi ini merupakan pembaharuan dari RaspAnd Nougat 7.1.2 Build 170519 yang telah ia rilis kurang lebih sebulan lalu, pada versi teranyar ini Exton telah membenamkan aplikasi Kodi Media Center versi 17.3.

Versi teranyar dari RaspAnd OS ini juga telah memberikan dukungan agar bisa dimasukkan ke dalam kartu memory microSD menggunakan sistem operasi Windows 10, sehingga pengguna umum bisa melakukannya dengan mudah.

Tidak hanya itu, Exton juga telah menjejalkan sejumlah pembaharuan aplikasi pada RaspAnd OS versi teranyarnya ini seperti Spotify TV 1.2.0, Rotation Control Pro 1.1.2, Google Play Games 3.9.08, Clash of Clans 9.24.9, GMail 7.4.23, dan Aptoide TV 3.2.1. serta menghadirkan paket GAPSS yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Google Services (bukan Google Play Store).

Exton telah menawarkan update cuma-cuma bagi pengguna yang telah membeli dan menggunakan RaspAnd OS Nougat 7.1.2 Build 170519, namun jika belum memilikinya, RaspAnd OS Nougat 7.1.2 Build 170605 ini telah ia tawarkan dengan harga $9 melalui website resminya, yang bisa diakses lewat tautan berikut ini.

Sumber: Softpedia

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.