1. Startup

Rayakan Satu Dekade, Twitter Posisikan Sebagai Perusahaan Teknologi Paling Dinamis di Dunia

Berusaha bertahan dan tetap eksis meskipun diterpa berbagai isu serta persaingan yang ada

Twitter baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-10, sekaligus mengukuhkan posisi Twitter sebagai layanan jejaring sosial dan microblog. Sampai saat ini sudah banyak perubahan, perombakan serta inovasi yang terjadi di Twitter. Berawal dari misi sederhana, yaitu memindahkan text message privat menjadi suatu pesan yang bisa dilihat dan dibagikan bersama, kini improvisasi yang ada sudah berhasil menjadi lebih personal untuk penggunanya, salah satunya dengan adanya kemampuan curated tweets dan algorithmic timeline yang terbaru.

“Di awal berdirinya Twitter yaitu tahun 2006 mungkin banyak orang yang berpikir Twitter adalah platform yang digunakan untuk menulis tweet, namun saat ini Twitter sudah berevolusi menjadi platform yang bisa dilihat dan dinikmati secara langsung (real-time) tentang segala sesuatu yang terjadi di dunia. Twitter bisa tumbuh karena kontribusi yang diberikan oleh pengguna setiap harinya di seluruh dunia,” kata CEO Twitter Jack Dorsey kepada Venturebeat.

Momen istimewa hari jadi Twitter yang ke-10 pada tanggal 21 Maret, Jack Dorsey juga membagikan tweet pertamanya yang diunggah pada tahun 2006 silam. Dalam Tweet tersebut Dorsey menuliskan “just setting up my twittr” sebuah nama yang dulunya sempat menjadi nama awal dari Twitter.

Twitter di Indonesia

Kehadiran Twitter di Indonesia juga telah memberikan peluang baru bagi brand, perusahaan hingga tokoh politik serta selebriti untuk berinteraksi dengan konsumen, pelanggan, dan penggemar. Twitter memungkinkan percakapan langsung dengan fitur yang ditawarkan dan sudah menjadi platform yang umum digunakan untuk berinteraksi langsung.

Sudah banyak momen bersejarah yang diukir oleh Twitter di Indonesia, seperti #Koinuntukprita, #DemiMetalica, #GMT2016 yaitu peristiwa terjadinya gerhana matahari total awal Febuari lalu dan masih banyak lagi.

Twitter juga sudah menjadi platform favorit para pejabat negara untuk menyampaikan informasi, saran, kritik serta apresiasi dan lainnya. Seperti yang diungkapkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hingga kini sudah memiliki jumlah pengikut sebanyak 594 ribu orang.

“Ketika ada hal-hal penting atau unek-unek pribadi yang ingin saya sampaikan Twitter menjadi platform favorit saya. Tanya jawab serta kritik dan masukan juga menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh saya demi menjangkau lebih banyak masyarakat khususnya warga Jawa Tengah,” kata Ganjar Pranowo saat acara ulang tahun Twitter di Jakarta.

Dengan memanfaatkan Twitter Ganjar senantiasa menemukan hal-hal yang baru, peristiwa yang kemungkinan terlewatkan dan melakukan tindakan langsung jika ada pelaporan dari warga. Namun demikian tidak dapat dipungkiri, Twitter juga kerap digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menghujat, menghina dan mengirimkan tweet yang tidak sopan kepada pejabat negara.

“Kebebasan yang diberikan oleh Twitter telah membuka peluang bagi orang-orang yang ingin mengungkapkan pendapat dengan gaya bahasa yang tidak santun dan tidak sopan, disitulah saya lihat sisi negatif dari Twitter. Namun demikian saya berusaha untuk tidak menghiraukan hal tersebut dan tetap menerima semua saran dan kritik apa adanya,” kata Ganjar Pranowo.

Perihal tweet yang tidak santun juga diiyakan oleh Mentri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin yang kerap menggunakan Twitter sebagai sarana menyampaikan pendapat pribadi dan tentunya belajar banyak serta menambah wawasan dari timeline yang ada. Diharapkan untuk kedepan orang-orang yang ingin mengkritisi atau mengomentari kinerja pemerintahan bisa menggunakan bahasa yang lebih baik dan tentunya bisa lebih terbuka.

“Alangkah baiknya jika semua tweet yang masuk lebih baik lagi isinya dan jangan hanya menghujat saja, dengan demikian saya sebagai pejabat negara bisa menanggapi dengan baik semua tweet yang masuk ke akun saya,” kata Lukman Hakim Saifuddin.

Saat ini Lukman Hakim Saifuddin telah memiliki 198 ribu pengikut di Twitter, meskipun  terbilang baru terjun ke “twitterverse” namun Lukman melihat platform seperti Twitter cukup positif untuk mencari tahu informasi terbaru, pandangan orang banyak dan tentunya berinteraksi langsung dengan publik.

Rencana Twitter untuk masa mendatang

Tentunya banyak inovasi serta rencana jangka panjang yang ingin diusung oleh Twitter kepada penggunanya, dan semua diharapkan bisa memberikan manfaat lebih kepada orang banyak. Seperti yang diungkapkan oleh Country Busniess Head Twitter Indonesia Roy Simangunson.

“Satu dekade sudah Twitter menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia untuk saling berbagi keseruan, momen, serta informasi yang menghubungkan semua pengguna di seluruh negara. Kami tidak akan menjadi seperti saat ini tanpa dukungan pengguna. Kepercayaan para pengguna menjadi penyemangat bagi Twitter untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia, kemarin, hari ini hingga 10 tahun mendatang.”

Akan menjadi menarik melihat seperti apa kejutan yang akan diberikan oleh Twitter diantara makin maraknya persaingan dari perusahaan yang berusaha untuk menawarkan layanan  serupa dengan konsep yang berbeda. Kita lihat saja sepak terjang Twitter bagaimana bisa tetap bertahan dan tetap eksis.

Untuk Anda yang ingin melihat apa tweet pertama ketika bergabung di Twitter bisa membuka situs discover.twitter.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again