1. Startup

Rayakan Ulang Tahun Pertama, MatahariMall Perkuat Skema O2O

Telah menjangkau 93 persen dari total kota di Indonesia, transaksi terbesar justru dari kota Magelang dan Batu

Menginjak usia satu tahun sebagai e-commerce lokal, MatahariMall memaparkan prestasi serta pencapaian yang telah diraih. Dalam acara temu media yang digelar bertepatan dengan perayaan ulang tahun MatahariMall hari ini, CEO MatahariMall Hadi Wenas mengungkapkan bahwa hingga kini MatahariMall telah menjangkau 483 dari 515 kota di Indonesia, 93% dari total keseluruhan kabupaten yang ada di Indonesia.

"Untuk bisa melayani semua pelanggan di Indonesia, ke depannya MatahariMall akan memanfaatkan teknologi serta layanan koneksi yang saat ini ada di operator komunikasi Indonesia. Dengan menjadi enabler diharapkan MatahariMall bisa memperluas layanan di seluruh pelosok Indonesia," kata Wenas.

Dalam kesempatan tersebut diungkapkan juga beberapa rencana yang akan dilancarkan dan menjadi program prioritas dari MatahariMall. Di antaranya kegiatan promosi Super September hingga inovasi terkini mengedepankan skema online-to-offline (O2O).

"Kami bangga dengan skema O2O yang telah dilancarkan dan terbukti memberikan kontribusi lebih kepada MatahariMall, menginjak tahun kedua akan lebih banyak lagi inovasi layanan O2O yang rencananya akan kami luncurkan," ungkap Wenas.

Skema O2O MatahariMall selama ini mampu mendongkrak jumlah penjualan yang memungkinkan pelanggan membeli barang secara online di MatahariMall dan mengambilnya di titik-titik O2O (PickUp&payCOD) di seluruh Indonesia.

"Saat ini kami memiliki 649 titik O2O di Indonesia yang tersebar di tempat-tempat strategis seperti kantor pos, stasiun kereta api, gedung perkantoran, sekolah, apartemen, perumahan hingga ke pusat perbelanjaan. Bahkan kami juga menyediakan eKiosk yang juga menjadi sarana edukasi bagi pengunjung yang tidak pernah mencoba berbelanja di MatahariMall," ujar Wenas.

Magelang dan Batu kota penyumbang transaksi terbesar

Hal menarik yang juga dicatat oleh MatahariMall adalah saat ini Jabodetabek sudah tidak lagi menjadi kawasan penyumbang transaksi terbesar. Kota-kota seperti Magelang (Jawa Tengah) dan Batu (Malang) justru mengalami peningkatan jumlah pengguna hingga transaksi yang signifikan. Seperti yang terjadi pada lebaran lalu, kota Magelang memiliki pertumbuhan pemesanan sebanyak 1241%. Sebelumnya 28% transaksi berasal dari Jabodetabek.

"Saat ini kami telah membuka Hub di Jayapura setelah melihat besarnya demand serta pengguna MatahariMall di lokasi tersebut. Kami memiliki kantor, gudang serta tenaga kerja khusus yang kami tempatkan di Jayapura," kata Wenas.

Sementara itu untuk pengembalian dan penukaran barang dari pelanggan, MatahariMall mengklaim mengalami penurunan yang cukup signifikan sejak awal berdiri. Sebagian besar pengembalian diarahkan langsung ke bagian pengembalian MatahariMall untuk menghindari penipuan baik dari pengguna maupun penjual.

"Hingga kini kami mengalami jumlah penurunan pengembalian dan penukaran barang sebesar 2%, diharapkan ke depannya akan semakin kecil jumlah pengembalian dan penukaran barang tersebut oleh pelanggan MatahariMall," ujar Wenas.

Di usia satu tahun e-commerce masih terbilang baru, namun dengan inovasi, tim yang solid serta dukungan dari mitra saat ini diharapkan bisa memberikan kontribusi lebih untuk Indonesia.

"Memasuki tahun kedua kami akan tetap fokus pada komitmen untuk mengkaryakan talenta lokal, mengembangkan bisnis seller dan memberikan produk serta layanan terbaik untuk customer," ujar Wenas.

Menyambut baik penunjukan Jack Ma

Ketika disinggung terkait dengan ditunjuknya Jack Ma sebagai penasihat ekonomi untuk Pemerintah Indonesia oleh Presiden Joko Widodo, Hadi Wenas menyambut baik keputusan tersebut.

"Dengan penunjukan Jack ma oleh pemerintah justru menujukkan bahwa industri e-commerce telah divalidasi serta di konfirmasi langsung oleh pemerintah, kami pun melihat akan menjadi peluang yang lebih baik untuk pelaku e-commerce mengembangkan bisnisnya," kata Wenas.

Wenas juga menambahkan sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, Lippo Group telah memiliki banyak pengalaman serta sumber daya untuk menjadi bekal yang bisa dimanfaatkan terkait dengan kompetisi dengan e-commerce asing yang diprediksi bakal banyak hadir di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again