Categories

Gadget

Raybaby Dapat Memonitor Laju Pernafasan Bayi Tanpa Mengandalkan Sensor di Tubuh

Andalkan teknologi semacam ultrasonik untuk mendeteksi gerakan paling kecil sekalipun

Glenn Kaonang - 2 February 2017

Dewasa ini ada bermacam baby monitor di pasaran. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri, namun perangkat bernama Raybaby ini sangat istimewa jika dibandingkan dengan baby monitor yang lain.

Raybaby tidak akan merekam video secara konstan lalu mengirimkan live stream-nya ke smartphone. Ia hanya akan memotret dan merekam pada momen-momen tertentu, seperti misalnya ketika bayi terbangun, berguling, mencoba berdiri, atau sekadar tersenyum, kemudian membuatkan kolase dan mengirimkannya ke aplikasi smartphone.

Tersenyum? Benarkah perangkat ini bisa mendeteksi gerakan sekecil itu? Ya, Raybaby memanfaatkan teknologi ultrawideband radar yang memiliki cara kerja serupa dengan teknologi ultrasonik. Asalkan bayi berada di jarak tidak lebih dari lima meter, Raybaby dapat mendeteksi gerakan yang amat kecil sekalipun.

Data vital bayi dapat dipantau secara real-time dari aplikasi pendamping Raybaby / Ray IoT

Tingkat akurasinya diklaim mencapai angka 98,3 persen, dan ini juga yang menjadi alasan mengapa Raybaby sanggup memonitor laju pernafasan bayi tanpa perlu mengandalkan sensor tambahan yang melekat di tubuh sang bayi.

Data ini dapat dipantau secara real-time lewat aplikasi pendamping Raybaby, termasuk data mengenai pola tidur bayi. Aplikasi juga akan membuat semacam jurnal kesehatan tiap minggunya yang bisa dijadikan rujukan saat berkunjung ke dokter spesialis anak.

Raybaby akan mendeteksi tanda-tanda bahaya dan mengirimkan peringatan secara instan. Ia akan memantau laju pernafasan bayi secara konstan guna mendeteksi gejala-gejala penyakit macam asma atau bronkitis.

Desain yang simpel membuat Raybaby terkesan seperti dekorasi ruangan ketimbang baby monitor / Ray IoT

Sepintas Raybaby memang terdengar sulit untuk dipercaya, namun perlu dicatat bahwa perusahaan sebesar Johnson & Johnson merupakan salah satu investor utamanya, begitu juga dengan HAX yang merupakan salah satu hardware accelerator terbesar di dunia.

Saat ini Raybaby sedang ditawarkan lewat platformcrowdfundingKickstarter. Harga termurah yang bisa didapat adalah $99 jika Anda merupakan satu dari 350 backer yang beruntung, sedangkan harga retail-nya diperkirakan berada di kisaran $250.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter