Categories

Gadget

Razer Benamkan Teknologi Haptic Feedback di Headset Barunya, Nari Ultimate

Tersedia pula opsi tanpa haptic, yaitu Nari reguler dan Nari Essential.

Yoga Wisesa - 29 September 2018

Teknologi haptic feedback diusung untuk menciptakan sensasi 'sentuhan' lewat stimulasi mekanis berupa tekanan dan gerakan. Sistem ini biasa kita temukan di smartphone, misalnya ketika perangkat mengeluarkan getaran sebagai respons sentuhan di keyboard virtual; atau dalam bentuk vibrasi di controller game. Namun mungkin Anda tak membayangkan jika haptic diterapkan di headset.

Hal inilah yang dilakukan oleh Razer dalam meracik produk barunya. Di penghujung bulan September ini, perusahaan spesialis periferal gaming itu memperkenalkan Nari Ultimate, headphone berteknologi haptic feedback mutakhir yang dijanjikan mampu menambahkan dimensi 'sentuhan' baik ketika digunakan untuk menikmati permainan video, menonton film, ataupun mendengarkan musik.

Jantung dari kapabilitas Nari Ultimate adalah sistem bernama Razer HyperSense. Dikembangkan secara kolaboratif oleh Razer dan perusahaan teknik Jerman Lofelt, HyperSense memanfaatkan driver untuk menghasilkan sensasi feedback multidimensi. Berbeda dari sistem haptic tradisional, HyperSense mampu membaca sinyal audio dan mengubahnya menjadi output haptic real-time.

Menurut sang produsen, metode tersebut dapat meningkatkan kesadaran/awareness kita di lingkungan virtual. Dari keterangan Razer di rilis pers, HyperSense di Nari Ultimate bekerja dengan memproduksi vibrasi yang diselaraskan ke output audio. Metodenya berbeda dari sistem standar yang umumnya menggunakan sinyal haptic pre-programmed. Dan teknologi ini bisa bekerja untuk segala macam format konten hiburan.

Razer Nari Ultimate mempunyai penampilan yang familier. Headphone gaming ini mengusung housing speaker over-the-ear dan padding bulat. Bagian ear cup-nya tersambung ke frame via engsel, memungkinkannya bergerak mengikuti kontur kepala Anda. Frame-nya terbuat dari aluminium, memiliki struktur mirip SteelSeries Siberia V2 dengan strap/headband sekunder fleksibel. Selanjutnya, Nari Ultimate dilengkapi bantalan empuk berlapis kulit sintetis yang juga menyimpan jel pendingin.

Kemampuan reproduksi audionya sendiri bisa dikatakan setara dengan Kraken Tournament Edition, ditunjang teknologi THX Spatial Audio untuk mensimulasikan suara 360 derajat, dan dibekali driver neodymium berukuran 50mm. Headphone tersambung ke PC via sambungan wireless 'bebas lag' dengan jarak maksimal 12-meter, ditunjang baterai berdaya tahan delapan jam (tanpa mengaktifkan Razer Chroma). Alternatifnya, Anda dapat  menggunakan kabel audio 3,5mm buat menikmati mode stereo.

Razer menyiapkan tiga varian Nari, dan hanya Nari Ultimate yang dibekali teknologi HyperSense. Produk dijajakan seharga US$ 200, akan tersedia di kuartal ketiga 2018. Terdapat pula opsi Nari Essenstial (US$ 100, sama-sama hadir di triwulan empat 2018) dan Nari reguler (US$ 150, dirilis 27 September).

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter