Categories

Game

Razer Luncurkan Aplikasi THX Spatial Audio untuk Windows 10

Cukup dengan modal $20, earphone biasa pun bisa kita sulap menjadi perangkat surround 7.1 yang presisi

Glenn Kaonang - 19 June 2020

2016 lalu, Razer membuat kejutan dengan mengakuisisi THX, dan sejak saat itu mereka getol memanfaatkan branding sang spesialis audio di balik franchise Star Wars tersebut sebagai nilai jual ekstra pada sejumlah produknya.

Ambil contoh headset Razer Kraken Ultimate, yang salah satu fitur andalannya adalah dukungan teknologi THX Spatial Audio. Dibandingkan teknologi virtual surround 7.1 biasa, THX Spatial Audio diklaim punya akurasi yang jauh lebih baik, tidak ketinggalan pula opsi kustomisasi yang amat lengkap.

Pertanyaannya, cukupkah nama besar THX menjadi penentu utama dalam membeli sebuah gaming headset? Sebagian besar konsumen mungkin bakal menjawab tidak, apalagi mengingat gaming peripheral merupakan sebuah topik yang amat subjektif. Kabar baiknya, sekarang ada cara untuk mengawinkan teknologi THX Spatial Audio dengan gaming headset favorit kita masing-masing.

Lewat sebuah siaran pers, Razer mengumumkan bahwa mereka telah merilis aplikasi Razer THX Spatial Audio buat platform Windows 10. Jadi apapun headset yang Anda pakai, baik yang tersambung via jack 3,5 mm, USB, ataupun Bluetooth, semuanya dapat disulap menjadi setup virtual surround 7.1 yang presisi.

Ini juga termasuk earphone sekaligus, sebab Razer mengklaim rendering engine milik THX mampu menciptakan efek 3D yang akurat dari perangkat stereo. Untuk perangkat yang memang mendukung surround 5.1 atau 7.1, akurasinya dapat ditingkatkan lebih lagi, apalagi mengingat ada opsi untuk mengatur posisi speaker secara virtual (kalibrasi).

Salah satu opsi kustomisasi yang sangat berguna: fitur spatial audio dapat diaktifkan per aplikasi / Razer

Kustomisasi via software ini menurut saya merupakan aspek penting lain di samping rendering engine-nya, sebab Razer memang punya reputasi yang sangat baik dalam hal ini. Kalau tidak percaya, lihat saja betapa lengkapnya opsi kustomisasi mouse yang tersedia dalam software Razer Synapse.

Kustomisasi juga menjadi pembeda utama Razer THX Spatial Audio dengan fitur bawaan yang tersedia di Windows 10, yaitu Windows Sonic. Fitur ini pada dasarnya bisa memberikan efek surround yang serupa pada perangkat stereo, namun tanpa opsi kustomisasi sama sekali; yang ada cuma tombol On atau Off.

Razer THX Spatial Audio di sisi lain turut menyediakan fitur pemanis macam dukungan Xbox Game Bar, yang berarti widget-nya dapat diakses langsung dari dalam game dengan menekan kombinasi tombol Win + G, sehingga pengguna bisa dengan cepat mengganti profil EQ maupun mengakses sejumlah fungsi lainnya.

Aplikasi Razer THX Spatial Audio sekarang sudah bisa dibeli seharga $20, dan Anda bisa tonton video di bawah (menggunakan headphone) untuk mendapat gambaran terkait kapabilitas yang ditawarkannya.

Sumber: Razer.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter