1. DScovery

Real Estate: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Cara Bisnis Untuk Pemula

Real estate adalah salah satu bisnis yang membutuhkan modal dalam jumlah besar. Bisnis real estate memiliki risiko yang cukup tinggi sehingga dibutuhkan strategi dalam menjalankanya, simak cara bisnis real estate untuk pemula.

Real estate mulai ada di Indonesia sejak pemerintahan orde lama dan meningkat pesat pada tahun 1980-an. Bisnis real estate di Indonesia semakin diminati setelah meningkatnya daya kemampuan masyarakat dalam melakukan pembelian.

Meskipun demikian bisnis real estate juga memiliki risiko, salah satunya adalah dibutuhkan modal yang cukup besar agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik, biaya maintenance dan strategi pengaturan pembelian wilayah real estate pun perlu diperhitungkan. Karena itu, mari kita baca lebih dalam informasi mengenai real estate di bawah ini.

Pengertian Real Estate

Real estate adalah usaha berupa jual beli tanah dan perlengkapan yang tidak bergerak seperti pembangunan, perumahan dan industri dengan menggunakan status kepemilikan seseorang secara permanen.

Real estate adalah salah satu bisnis dengan potensi jangka panjang yang tinggi. Karena bisnis real estate berkembang dengan pesat menyesuaikan permintaan kebutuhan lahan dan bangunan. Disisi lain bisnis real estate juga berpotensi mendatangkan para pemodal untuk berinvestasi dalam proyek real estate yang menjanjikan.

Real estate memiliki risiko bisnis yang cukup tinggi, dimana ketika proyek berada pada skala besar maka akan semakin tinggi dana jangka panjang yang perlu disediakan, hal ini berarti harga jual juga akan menjadi lebih besar. Ketika harga yang ditawarkan kepada konsumen terlalu tinggi maka pangsa pasar juga tidak akan terlalu bagus, karena minat yang diberikan oleh konsumen akan menurun dengan penawaran harga yang terlalu tinggi.

Jenis-Jenis Real Estate

Bisnis real estate memiliki jenis-jenis usaha yang dapat difokuskan bagi para pebisnis. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai bisnis real estate, maka kamu perlu mengetahui pemilihan jenis real estate.

Berbagai jenis real estate hadir dengan fokus pembangunan yang berbeda, diantaranya sebagai berikut:

  • Industrial

Merupakan jenis bisnis real estate yang berfokus pada penggunaan lahan real estate sebagai lokasi usaha, seperti pabrik, gudang dan lain sebagainya. Jenis usaha real estate ini juga termasuk dalam usaha perkebunan seperti sawah hingga lahan kebun.

Jenis real estate industrial berhubungan dengan bagaimana usaha itu memproduksi, mendistribusikan, dan mengembangkan usaha tersebut.

  • Residential

Merupakan jenis bisnis real estate yang berfokus pada penggunaan bangunan sebagai tempat tinggal milik seseorang. Real estate jeni ini biasanya ditandai dengan ukuran bangunan gedung yang besar dan mewah, perumahan di kawasan elite, apartemen, bisnis kecil seperti toko atau minimarket maupun jenis tempat tinggal lainnya.

  • Commercial

Merupakan jenis bisnis real estate yang berfokus pada kepentingan komersial untuk mendatangkan profit, maksudnya jenis real estate ini biasanya lebih mengandalkan usaha-usaha yang bertujuan untuk profit. Misalnya usaha perkantoran, penginapan dan lain sebagainya.

Cara Memulai Bisnis Real Estate Untuk Pemula 

Sebagaimana dijelaskan bahwa real estate menjadi salah satu sektor bisnis dengan potensi yang menjanjikan, meskipun dalam prosesnya risiko juga ikut hadir dalam mengembangkan bisnis real estate. Untuk mendatangkan profit pada bisnis real estate, maka ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memulai bisnis di real estate sebagai berikut:

  • Melakukan Research Pasar 

Untuk dapat memulai bisnis real estate maka, kita perlu melakukan research terlebih dahulu mengenai pangsa pasar terkait jenis bisnis real estate yang kita inginkan. Research pasar sangat dibutuhkan untuk memulai suatu bisnis, karena pada tahap ini seorang pebisnis akan memahami bagaimana melakukan penyusunan strategi, bagaimana meningkatkan nilai produk yang ditawarkan, bagaimana mencari konsumen dan lain sebagainya. 

Melalui research pasar maka pebisnis dapat lebih mengenal kelebihan dan kekurangan dari produk miliknya. Research pasar juga dilakukan untuk mengetahui arah perkembangan bisnis yang saat ini akan maupun sedang dijalankan.

  • Menyusun Strategi

Setelah melakukan pencarian mengenai bisnis yang kita inginkan selanjutnya perlu penyusunan strategi terkait lokasi yang ingin ditempati, perhitungan pembiayaan yang perlu dipersiapkan, bagaimana cara menjalankannya, bagaimana melakukan perawatan pada jenis real estate tersebut dan lain sebagainya. Terlebih perhatikan risiko dan faktor tak terduga yang dapat terjadi ketika menjalankan bisnis real estate.

  • Mencari Modal Usaha

More Coverage:

Pendanaan merupakan hal krusial dalam bisnis real estate, semakin besar proyek real estate maka akan semakin besar juga modal yang diperlukan. Mencari modal usaha untuk menjalankan bisnis real estate sangat penting, karena jika sewaktu modal yang dimiliki kurang maka pengembangan bisnis real estate berisiko tertunda atau tidak dapat dilanjutkan kembali.

  • Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat juga menjadi salah satu pertimbangan yang perlu dipersiapkan jika ingin memulai bisnis real estate. Dana ini bertujuan untuk melakukan back up atau cover situasi tak terduga atas rancangan perencanaan bisnis real estate yang sedang dijalankan.

Demikian sejumlah informasi untuk memulai bisnis real estate bagi pemula, pada intinya real estate merupakan bisnis yang melibatkan komponen lahan dan penambahan produksi buatan manusia yang dapat meningkatkan nilai jualnya.

Untuk memulai real estate dibutuhkan banyak modal, tenaga kerja dan waktu untuk membangun nilai jual yang tinggi dan berkualitas. Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan yang baik ketika memutuskan menjalankan bisnis tersebut. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again