Categories

Gadget

Realme GT Neo 2 Diperkenalkan, Menggunakan Stainless Steel Vapor Cooling Plus

Realme GT Neo 2 bakal menggunakan cooling yang diklaim lebih baik dari perangkat flagship pesaing

Dimas Galih W. - 28 October 2021

Dalam waktu dekat, realme akan kembali meluncurkan beberapa perangkat baru di Indonesia. Salah satu perangkat yang akan diperkenalkan adalah realme GT Neo 2. Smartphone yang satu ini nantinya akan menggunakan chipset kencang buatan Qualcomm, yaitu Snapdragon 870. SoC yang satu ini juga sudah mendukung jaringan 5G.

Acara sneak peek atau preview yang diadakan oleh realme diselenggarakan pada tanggal 26 Oktober 2021 bertempat di Hotel Alila SCBD. Pada acara tersebut, belum banyak spesifikasi yang diungkap oleh realme. Namun yang pasti, Snapdragon 870 yang dipasang pada realme GT Neo 2 akan memiliki suhu yang lebih sejuk. Hal tersebut dikarenakan sistem pendingan baru yang dinamakan Stainless Steel Vapor Cooling Plus.

Pada acara tersebut, realme juga membongkar GT Neo 2 didepan para jurnalis. Realme GT Neo 2 juga menggunakan 2 buah baterai yang bisa diisi dengan daya 65 watt. Hal tersebut dilakukan untuk memperlihatkan pendingin realme yang baru. Ternyata, pendingin yang satu ini cukup rumit karena memiliki beberapa lapisan untuk mendinginkan SoC-nya.

Stainless Steel Vapor Cooling Plus memiliki 4 lapisan pendingin yang ada didalam layar. Selain itu, ada lagi 4 lapisan pendingin yang diletakkan pada frame tengahnya. Agar SoC dapat menempel dengan sempurna pada heatsink tersebut, realme menggunakan lapisan diamond thermal gel yang diklaim oleh realme memiliki durabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan thermal paste biasa.

Salah satu kelemahan dari diamond thermal gel adalah lambat laun akan memudar kekuatan penginginannya. Pengguna realme GT Neo 2 yang nantinya merasa smartphone mereka mulai panas, bisa langsung mengganti thermal gel tersebut. Caranya adalah mendatangi exclusive service center dari realme untuk mengganti gel tersebut. Layanan ini juga tidak akan dipungut biaya oleh realme walaupun garansi sudah habis.

Rencananya, realme GT Neo 2 akan diluncurkan pada tanggal 3 November 2021 mendatang. Realme juga akan menghadirkan 3 perangkat lainnya, yaitu 2 buah smartphone dan sebuah produk AIoT. Perangkat-perangkat tersebut adalah realme Narzo 50A, Narzo 50i, dan realme Band 2.

GT Neo 2 tanpa desain koper

Realme tampil cukup memukau pada saat peluncuran smartphone realme GT Master Edition. Hal tersebut dikarenakan desain koper yang dimiliki oleh perangkat tersebut memang berbeda dari perangkat smartphone yang ada dipasaran. Lalu apakah realme GT Neo 2 juga akan menggunakan model yang sama?

Krisva Angnieszca selaku Public Relation Manager Realme Indonesia dengan tegas menjawab bahwa desain koper tersebut hanya akan digunakan pada realme GT Master Edition. Desain dari realme GT Neo 2 ini sendiri terinspirasi dari alam dan memberikan sentuhan dari tren fashion dan memadukannya dengan urban techwear. Untuk warnanya sendiri, saat ini warna-warna bold atau cerah memang sedang dicari oleh konsumen di Indonesia.

Cooler Baru: sedingin apa sih?

Snapdragon 870 memang dikenal sebagai chipset kencang yang menggantikan kembarannya, yaitu Snapdragon 865+. Sebagai chipset kencang, Snapdragon 870 sendiri memang tidak mengeluarkan panas setinggi Snapdragon 888. Saya penasaran sebaik apa pendingin terbaru dari realme GT Neo 2 ini dalam menangani panas yang dihasilkan saat bermain game.

J.J. Kwan selaku Senior Product Marketing Manager, realme Global mengatakan bahwa memang dalam bermain game, panas yang akan dihasilkan akan naik. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan produk flagship kompetitor, cooler yang ada pada realme GT Neo 2 dapat menahan panas lebih baik. Perbandingan yang didapat diklaim lebih baik 3 derajat jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Krisva juga mengatakan bahwa panas yang akan dihasilkan seharusnya tidak terlalu tinggi pada GT Neo 2. Pendingin yang ada pada GT Neo 2 lebih efektif dalam meredam panas. Hal tersebut dikarenakan dimensi pendingin yang ada memang besar jika dibandingkan dengan para pesaingnya, sehingga akan menyebar lebih merata dan tidak akan panas.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter