Categories

Gadget

Realme Perkenalkan MagDart, Teknologi Pengisian Daya Nirkabel Magnetik dengan Kinerja yang Amat Kencang

Selain menawarkan metode charging alternatif, MagDart juga dirancang untuk menjadi ekosistem aksesori perangkat

Glenn Kaonang - 4 August 2021

Apple punya MagSafe, Realme punya MagDart. Setelah membagikan sejumlah teaser, Realme akhirnya secara resmi memperkenalkan teknologi pengisian daya nirkabel magnetiknya tersebut.

Seperti halnya MagSafe, MagDart pada dasarnya dirancang untuk mengatasi kelemahan utama metode wireless charging biasa, yakni perkara penempatan. Berkat bantuan magnet, perangkat akan selalu menempel secara presisi ke charger, dan ini pada akhirnya juga memungkinkan perangkat untuk digunakan sembari baterainya diisi ulang.

Di acara peluncurannya, Realme menyingkap dua charger MagDart sekaligus. Yang pertama adalah 50W MagDart Charger, yang digadang-gadang sebagai pengisi daya nirkabel magnetik tercepat di dunia. 50W merupakan angka yang cukup tinggi untuk ukuran output daya, bahkan dalam konteks wired charging sekalipun.

Menggunakan charger tersebut, ponsel dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh dapat terisi penuh dalam waktu 54 menit saja. Andai sedang buru-buru, charging selama 5 menit saja sudah bisa mengisi sampai sekitar 20%. Semua itu dilakukan tanpa menghasilkan panas yang berlebih, sebab charger-nya memanfaatkan koil berimpendasi rendah, serta telah dibekali sistem pendingin aktif yang mencakup sebuah kipas.

Selanjutnya ada 15W MagDart Charger yang diklaim sebagai pengisi daya nirkabel magnetik tertipis. Dengan ketebalan hanya 3,9 mm, ia sekitar seperempat lebih tipis daripada charger MagSafe. Output maksimumnya memang sama-sama 15W, tapi MagDart tetap bisa mengisi dengan lebih cepat. Untuk baterai 4.500 mAh misalnya, MagDart hanya butuh waktu sekitar 90 menit untuk mengisinya sampai penuh.

Menurut Realme, rahasianya ketipisannya terletak pada desain koil dan circuit board yang terpisah. Di charger ini, circuit board-nya ditempatkan persis di belakang colokan USB-nya, dan itu juga berarti satu sumber panas dapat dijauhkan dari punggung ponsel, mengurangi potensi overheating dan menstabilkan kekuatan pengisian dengan daya yang tinggi dalam durasi yang lebih lama.

Untuk bisa menikmati kepraktisan yang ditawarkan MagDart, kita tentu perlu menggunakan smartphone yang kompatibel. Realme sejauh ini sudah punya dua ponsel yang mendukung teknologi MagDart. Yang pertama adalah Realme Flash, yang secara spesifik dirancang untuk mendemonstrasikan MagDart. Yang kedua adalah Realme GT, tapi harus dibantu oleh sebuah casing khusus bernama MagDart Case.

Layaknya MagSafe, MagDart juga diperlakukan seperti sebuah ekosistem perangkat. Jadi ketimbang sebatas menawarkan metode charging alternatif, MagDart turut membuka peluang dihadirkannya beragam aksesori guna meningkatkan fungsionalitas smartphone.

Guna mencontohkan, Realme merancang tiga aksesori MagDart yang berbeda. Yang pertama ialah MagDart Wallet, yang dapat menampung tiga kartu kredit sekaligus menjadi penyangga untuk smartphone. Selanjutnya ada MagDart Beauty Light yang dibekali 60 lampu LED mini, dan yang dapat diatur tingkat kecerahan maupun temperatur warnanya. Terakhir, tentu saja ada power bank magnetik.

Sayang sejauh ini belum ada informasi terkait kapan semua aksesori MagDart ini bakal tersedia di pasaran, dan berapa harganya masing-masing.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter