1. Startup

Rekap Dailylicious Minggu Ini

Weekend telah tiba kembali, waktunya rekap dari berbagai informasi yang dibagikan di Dailylicious dan DailySocial. Informasi pertama adalah tentang pertanyaan bagi startup dalam strategi monetisasi, menambah investasi atau menjual startup? Dilengkapi pula dengan tautan dari kisah perjalanan bisnis tiga bersaudara - Samwer brothers yang strateginya adalah membuat clone untuk dijual. Anda bisa membaca lebih lanjut lewat tautan ini.

Bicara tentang startup dan investasi, selain di Dailylicious, artikel dengan tema yang sama juga muncul di DailySocial, antara lain tentang munculnya inkubator baru, Batavia Incubator, Project Eden dan GEPI (yang pada hari kemarin mengumumkan pemenang).

Informasi selanjutnya berkaitan dengan pengembang aplikasi dan tentang masalah paten. Di U.S. banyak bermunculan para pengembang yang menarik aplikasi yang dikembangkan karena takut dituntut oleh perusahaan yang memiliki paten atas perangkat lunak. Perusahaan yang memiliki paten mulai menuntut berbagai metode yang berhubungan dengan perangkat lunak untuk mendapatkan keuntungan dari tuntutan ini.

Masih berhubungan dengan pengembangan aplikasi, meski tidak berhubungan dengan masalah paten, ada berbagai informasi tentang pengembangan aplikasi di DailySocial, antara lain wawancara dengan software engineer Blaast, platform mobile yang mengadopsi sistem cloud, lalu aplikasi terbaru dari Apps Foundry untuk PlayBook, tentang Hachiko HD buatan TouchTen (perusahaan yang disebut dalam pidato Eric Schmidt di acara RES-GEPI di Bali), dan peluncuran aplikasi Tasterous untuk pengguna iPhone.

Kembali ke Dailylicious, ada beberapa artikel menarik dari update terbaru proses IPO Zynga, artikel yang dimuat di AllThingsDigital ini terdiri dari beberapa topik, seperti hubungan Zynga dengan Facebook serta tentang investor di Zynga, salah satunya adalah Google. Meski ada beberapa update dari tulisan tersebut yang menjelaskan bahwa Facebook tidak membagi pendapatan dengan Zynga, namun beberapa artikel ini tetap menarik untuk disimak. Tautan bisa di temukan di sini.

Berikutnya ada dua informasi yang berhubungan dengan browser dan native app. Yang pertama adalah pendapat menarik tentang bagaimana pengguna yang baru pertama kali menggunakan perangkat lunak berperilaku. Pengguna awam bisa jadi tidak mau atau enggan mencoba untuk menjelajah perangkat lunak (browser) ketika pertama kali menggunakannya, mereka membutuhkan sebuah petunjuk mudah penggunaan. Yang kedua berhubungan dengan native app, Jeff Croft, seorang freelance web designer dan developer mengatakan bahwa, "If you start viewing mobile as a new mass media, instead of viewing it as part of the web, native apps become much less offensive."

Selain itu, di DailySocial kami juga menghadirkan beberapa artikel menarik lain, ada artikel tentang BukaLapak dan MediaWave, yang masing-masing baru saja mendapatkan investasi, tentang Google yang akan buka kantor di Indonesia, pendapat investor luar tentang startup Indonesia. Lalu dari tema musik ada dua artikel, tentang rencana pemerintah lindungi industri musik digital, serta soft launching Musikkamu.com. Ada juga berita dari kota Yogyakarta, HackerSpaceYK akan segera hadir. Lalu rangkaian acara IDBYTE dan Bubu Awards juga telah selesai diselenggarakan dan telah mengumumkan para pemenang serta CEO Corner -rubrik yang kini hadir kembali dengan wawancara bersama CEO Flipboard.

Selain itu, ada pengumuman dari DailySocial dan Nokia yang bekerja sama mengadakan kompetisi untuk para developer profesional dan startup. Kompetisi bernama Nokia DevStart ini merupakan kompetisi untuk mengembangkan aplikasi berbasis Meego di Nokia N9. Keterangan lebih lanjut bisa menuju tautan ini.

Last but not least, the hilarious photo of Yahoo!-ers. Mau tau tentang kegilaan mereka, cek beberapa foto dari Michael Smith Jr. dan Thomas Diong - intern Michael Smith. Anda pasti geleng-gelang kepala sambil tersenyum. ;)

Sampai jumpa di rekap Dailylicious selanjutnya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again