Categories

Berita

Rekruta Raih Pendanaan Awal dari East Ventures

Berharap bisa memperoleh 100 klien berbayar tahun depan

Amir Karimuddin - 20 April 2016

Layanan SaaS Human Resource (HR) Rekruta mengumumkan perolehan pendanaan awal dari East Ventures dengan nilai yang tidak disebutkan. Investasi yang diperoleh akan digunakan untuk mendanai pertumbuhan melalui sejumlah ekspansi produk. Pihak Rekruta memproyeksikan bisa memperoleh lebih dari 100 klien berbayar, berukuran sedang hingga besar, tahun depan.

Kami sempat mengulas soal Rekrutabulan lalu. Didirikan oleh Silvia Pratama dan Yanuar Wibisono, layanan ini diklaim sebagai startup pertama di bidang SaaS untuk human resources applicant tracking system di Indonesia. Solusi yang ditawarkan Rekruta diangap dapat meringankan pekerjaan perusahaan untuk mempercepat proses perekrutan SDM dan membuat keputusan berdasarkan data yang teragregasi.

Silvia Pratama mengungkapkan, “Potensi dan peluang pasar SaaS HR di Indonesia sangat besar. HR sudah menjadi industri global bernilai miliaran dollar dan masih memiliki ruang untuk berkembang.”

Ia juga menyebutkan Rekruta mengakomodasi kolaborasi antara departemen SDM dan departemen lain secara real time yang sangat membantu di proses perekrutan. Silvia mengklaim sistem yang ada bisa di-scale seiring dengan pemekaran perusahaan.

Tentang urusan keamanan data, Silvia menyebutkan layanannya ini menggunakan infrastruktur yang dikelola Amazon, yang telah dilengkapi oleh sejumlah kontrol keamanan.

Rekruta, yang kebanyakan kliennya adalah perusahaan menengah hingga besar bakal menggunakan perolehan dana untuk mengekspansi jumlah anggota tim.

Managing Partner East Ventures Willson Cuaca, dalam rilisnya, mengatakan, “Rekruta membantu perusahaan saat dihadapkan dengan permasalahan manajemen sumberdaya.”

Willson mencontohkan bahwa selama ini perekrutan melalui portal pekerjaan justru membuat permasalahan baru karena mereka harus mengelola (dan menyeleksi) suplai pelamar dari berbagai sumber.

Solusi di bidang HR, khususnya yang berbasis SaaS, tampaknya menjadi platform menarik bagi East Ventures. Sebelumnya mereka juga telah berinvestasi di platform HRIS Talenta dan penyedia layanan karier Singapura Glints.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter