DScovery

Apa Itu Reksa Dana Pasar Uang dan Seberapa Menguntungkan?

Berikut pengertian serta keuntungan menggunakan reksa dana pasar uang bagi pemula.

Reksa dana pasar uang merupakan pilihan aman bagi investor pemula yang ingin menjaga modal dan memiliki tujuan jangka pendek. Ini karena reksa dana pasar uang memiliki risiko lebih rendah dari jenis reksa dana lainnya.

Kamu juga bisa memilih reksa dana pasar uang syariah yang dapat memberikan return lebih baik karena proses syariahnya. Simak penjelasan tentang apa itu reksa dana pasar uang dan bagaimana keuntungannya di bawah ini.

Pengertian Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang adalah wadah untuk menghimpun dana yang dikelola manajer investasi, kemudian diinvestasikan seluruhnya ke efek/surat berharga yang memiliki jangka waktu pendek yaitu selama 1-2 tahun.

Contoh efek dalam reksa dana pasar uang seperti deposito berjangka, obligasi dengan jatuh tempo kurang dari sama dengan 1 tahun, Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan sejenisnya.

Keuntungan Reksa Dana Pasar Uang

Jika dibandingkan reksa dana pasar uang VS reksa pendapatan tetap, maka return yang didapat tentu berbeda. Namun, reksa dana pasar uang memiliki risiko lebih rendah daripada reksa dana pendapatan tetap. Ini karena reksa dana pasar uang diinvestasikan ke efek yang memiliki jatuh tempo singkat.

Selain itu, terdapat pula beberapa keuntungan seperti:

  1. Return lebih besar dari tabungan biasa atau deposito di bank. Biasanya, kamu hanya akan mendapat return sebesar 0-1 persen selama setahun jika menyimpan uang di bank. Sebaliknya, kamu bisa mendapat return mulai dari 6-7 persen dalam setahun dengan reksa dana pasar uang.
  2. Sangat terjangkau. Kamu bisa memulai investasi reksa dana pasar uang mulai dari Rp 10.000 - Rp 50.000.
  3. Reksa dana bisa dicairkan kapan saja sehingga cocok bagi kamu yang butuh dana darurat, tetapi nilai investasi tidak turun saat ditarik.
  4. Bebas pajak. Pada umumnya, semua produk reksa dana bukanlah objek pajak sehingga hasil investasi akan utuh tanpa potongan pajak.

Risiko Reksa Dana Pasar Uang

Meski dikatakan sebagai jenis paling “aman”, reksa dana pasar uang juga memiliki beberapa risiko, di antaranya:

  1. Risiko wanprestasi atau gagal bayar, yaitu ketika satu pihak dalam proses investasi tidak dapat memenuhi kewajiban yang sudah disepakati. Misalnya perusahaan terlambat membayar utang atau membayar lebih rendah dari kewajiban seharusnya.
  2. Risiko penurunan nilai ketika terjadi turunnya harga surat utang, terjadi wanprestasi, force majeur,
  3. Risiko redemption atau penarikan besar-besaran, di mana seorang investor menjual unit penyertaan (UP) yang dimilikinya dalam jumlah besar sehingga manajer investasi kesulitan menyediakan uang tunai. Langkah selanjutnya adalah menjual produk reksa dana dengan harga di bawah harga beli.
  4. Risiko eksternal, seperti situasi ekonomi dan politik hingga perubahan kebijakan pemerintah.

Rekomendasi Reksa Dana Pasar Uang Terbaik

Sebelum investasi dengan reksa dana, pastikan kamu mempelajari cara melakukan investasi terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga harus memilih produk reksa dana pasar uang terbaik agar kamu juga mendapat return yang lebih baik.

Berikut rekomendasi reksa dana pasar uang terbaik menurut tahun 2022 menurut TanamDuit.

  1. Sucorinvest Money Market Fund. Memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 7,66 triliun dan pertumbuhan nilai setahun 5,29 persen.
  2. Sucorinvest Sharia Money Market Fund. Memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 2,27 triliun dan pertumbuhan nilai setahun 4,57 persen.
  3. Syailendra Sharia Money Market Fund. Memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 58,26 miliar dan pertumbuhan nilai setahun 4,38 persen.
  4. Trim Kas 2. Memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 446,43 miliar dan pertumbuhan nilai setahun 4,01 persen.
  5. Syailendra Dana Kas. Memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 3,58 triliun dan pertumbuhan nilai setahun 3,98 persen.

 

Begitulah bahasan mengenai pengertian serta keuntungan menggunakan reksa dana pasar uang. Bagaimana, kamu tertarik untuk mencoba?

Sumber gambar header: Unsplash


Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter