Rekomendasi Reksa Dana Terbaik 2022, Pilihan Tepat bagi Pemula

Daftar reksa dana terbaik ini bisa kamu jadikan referensi untuk menentukan produk mana yang paling menguntungkan.

Kamu ingin mulai investasi reksa dana tapi bingung menentukan produk mana yang paling oke? Tenang, kami telah merangkum rekomendasi produk reksa dana terbaik di Indonesia dari beberapa marketplace.

Namun, kamu juga harus membekali diri untuk menghitung return yang kamu dapat. Ini agar kamu bisa menentukan keuntungan dari produk reksa dana yang telah kamu pilih. Berikut caranya.

Cara Menghitung Keuntungan Reksa Dana

Untuk menghitung return yang akan kamu dapat, kamu bisa melihat 3 aspek berikut ini sebagai pertimbangan.

  1. Lihat jenis reksa dana. Setiap jenis reksa dana memiliki tingkat risiko dan return yang berbeda. Jenis reksa dana tertentu akan mempengaruhi return yang didapat. Misalnya reksa dana saham cenderung memiliki return lebih tinggi daripada reksa dana pasar uang.
  2. Tentukan komposisi efek dalam reksa dana. Dari jenis reksa dana tersebut, kamu juga harus menentukan efek yang menjanjikan. Misalnya, dalam reksa dana bersifat ekuitas, terdapat banyak pilihan saham. Saham dengan fundamental yang baik tentu akan memberika return yang baik pula.
  3. Biaya yang dikenakan. Selain harga, investor juga terkadang dikenakan biaya tambahan seperti biaya penjualan, biaya pembelian, biaya jasa pihak pengelola dana dll. Biaya ini tak tentu karena tergantung masing-masing produk.
  4. Kinerja reksa dana. Ini adalah faktor paling penting untuk menentukan keuntungan. Dalam kinerja reksa dana, biasanya terdapat persentase return dan jumlah dana kelolaan dari produk tersebut. Pastikan kamu memilih produk reksa dana dengan return yang stabil dari tahun ke tahun, minimal dalam lima tahun terakhir.

Reksa Dana Pasar Uang Terbaik Versi Bibit

Tidak ada yang namanya produk reksa dana terbaik, karena masing-masing produk disesuaikan dengan tujuan dan profil risiko investor. Maka dari itu, rekomendasi reksa dana terbaik akan diklasifikasikan sesuai jenisnya.

Melalui branding yang kuat, Bibit berhasil mendorong anak muda untuk berinvestasi dan dianggap sebagai aplikasi reksa dana terbaik saat ini. Bibit memiliki fitur robo advisor untuk memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan risiko investor. Berikut daftar reksa dana pasar uang terbaik selama 2021 versi Bibit.

  1. Sucorinvest Sharia Market Money Fund. Memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 792 miliar dengan rata-rata return 6,84% setiap tahunnya. Adapun minimal pembelian adalah Rp 100.000.
  2. Sucorinvest Money Market Fund. Memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 8,9 triliun dengan rata-rata return 6,77% setiap tahunnya. Adapun minimal pembelian adalah Rp 100.000.
  3. Reksa Dana Mega Dana Kas. Memiliki total dana kelolaan sebesar Rp 300 miliar dengan rata-rata return 6,65% setiap tahunnya. Adapun minimal pembelian adalah Rp 100.000.

Reksa Dana Pendapatan Tetap Terbaik Versi Bareksa

Bareksa merupakan salah satu aplikasi reksa dana terbaik saat ini yang berdiri sejak 2013. Memiliki ratusan produk, kamu dapat dengan leluasa memilih produk reksa dana yang kamu inginkan. Berikut daftar reksa dana pendapatan tetap terbaik selama 2021 versi Bareksa.

  1. Syailendra Pendapatan Tetap Premium. Produk ini memiliki dana kelolaan sebesar Rp 456 miliar. Sementara return yang didapat adalah 6,66% per tahun dan 32,76% per 3 tahun.
  2. TRIM Dana Tetap 2. Produk ini memiliki dana kelolaan sebesar Rp 279 miliar. Sementara return yang didapat adalah 5,60% per tahun dan 23,21% per 3 tahun.
  3. Sucorinvest Dana Bond Fund. Produk ini memiliki dana kelolaan sebesar Rp 779 miliar. Sementara return yang didapat adalah 4,52% per tahun dan 39,60% per 3 tahun.

Reksa Dana Saham Terbaik Versi Tanamduit

Tanamduit juga merupakan aplikasi reksa dana terbaik saat ini. Memiliki target pasar yang sama dengan Bibit, yaitu anak muda, Tanamduit memiliki fitur One View Portfolio untuk membandingkan kinerja 3 produk reksa dana sekaligus sebelum membelinya.

Berikut reksa dana saham terbaik versi Tanamduit selama 2021.

  1. Sucorinvest Sharia Equity Fund. Memiliki total dana kelolaan Rp 665 miliar dengan rata-rata return per tahunnya sebesar 83,69 persen. Minimal pembelian Rp 100.000.
  2. Sucorinvest Maxi Fund. Memiliki total dana kelolaan Rp 260 miliar dengan rata-rata return per tahunnya sebesar 68,82 persen. Minimal pembelian Rp 100.000.
  3. Sucorinvest Equity Fund. Memiliki total dana kelolaan Rp 2, 15 triliun dengan rata-rata return per tahunnya sebesar 52,79 persen. Minimal pembelian Rp 100.000.
  4. Manulife Saham Andalan. Memiliki total dana kelolaan Rp 3,13 triliun dengan rata-rata return per tahunnya sebesar 36,39 persen. Minimal pembelian Rp 100.000.
  5. Estpring Investments Value Discovery. Memiliki total dana kelolaan Rp 2,97 triliun dengan rata-rata return per tahunnya sebesar 21,25 persen. Minimal pembelian Rp 10.000.

Itu tadi daftar rekomendasi produk reksa dana terbaik dari berbagai marketplace. Ada satu rahasia yang perlu kamu tahu, bahwa reksa dana syariah juga cukup menjanjikan loh. Pasti kamu juga menemukan salah satu produk syariah di daftar tersebut.

Sekarang, giliran kamu mulai investasi biar cepat cuan!

Sumber gambar header: Freepik

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again