Categories

Interview

Aplikasi Mobile Relieve Berambisi Jadi Marketplace Terapi Psikologi Terbesar Asia

Mencoba menerapkan growth hacking untuk akuisisi pengguna, menggandeng psikolog independen dan institusi psikologi

Michael Erlangga - 27 May 2015

Mempertemukan individu dengan psikolog dalam satu platform mobile mungkin bukan ide baru, tetapi di Indonesia eksekusinya belum ada. Relieve mencoba mengambil celah ini dengan menciptakan aplikasi marketplace terapi psikologi yang dinobatkan sebagai pemenang utama ajang kompetisi Satu Mulai bulan lalu. Inisiatif eksekusinya di Indonesia telah digagas lebih dahulu oleh Relieve App sebagai peace of mind social network menurut CEO Relieve App Audrey Maximillian Herli atau yang akrab disapa Maxi.

CEO Relieve Audrey Maximillian Herli, atau yang akrab dipanggil Maxi, mengatakan Relieve memungkinkan pengguna dengan permasalahan pribadi untuk mendapatkan konsultasi online gratis dan solusi yang tepat dari para psikolog atau orang-orang yang berpengalaman secara anonim.

“Berasal dari fakta bahwa setiap orang pasti memiliki permasalahan pribadi, ketika berseluncur di media sosial saya justru tidak menemukan platform yang mengakomodasi orang-orang yang memiliki permasalahan pribadi. Bahkan orang yang galau di timeline seringkali malah mendapatkan bully dan dianggap salah tempat,” ucapnya.

Menurut Maxi, depresi seharusnya tidak dianggap sepele karena faktanya angka bunuh diri pada tahun 2014 berdasarkan data WHO dinilai cukup tinggi. Di Indonesia sendiri tidak semua orang menyadari hal tersebut, bahkan pendekatan keberadaan terapi psikologi terpantau minim.

Sebagai seorang mahasiswa, Maxi merampungkan Relieve di co-working space Forward Factory Surabaya. Kesempatan tersebut dimanfaatkan Maxi untuk turut mengikuti seminar teknologi dan berbaur dengan berbagai komunitas. Inisiasi ide dan perancangan apps ini sebenarnya sudah dimulai dari akhir 2014 namun pengerjaannya baru efektif dimulai Februari 2015.

Maxi dan timnya melakukan private launching hanya kepada beta tester saja. Pendaftaran sebagai beta tester dapat dilakukan di http://bit.ly/getrelieve.

Berdasarkan pengakuan Maxi, Relieve hanya akan dikembangkan untuk platform Android dan akan bersiap meluncur di pertengahan-akhir tahun ini. Pihaknya saat ini sedang mengupayakan pengembangan model bisnis bersama para mentor.

Perihal akuisisi pengguna, Maxi menerapkan growth hacking dengan mencari pengguna yang sedang butuh penyampaian masalah pribadi melalui institusi psikologi.

“Relieve menjadi the peace of mind social social network sekaligus marketplace terapi psikolog pertama dan terbesar di Asia. Relieve sekarang sedang membuka Relieve Project Contributor. Program untuk para generasi muda yang berminat untuk berkontribusi mewujudkan Relieve App,” katanya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter