Categories

Interview

Rencanamu Hadirkan Talentics, Platform Manajemen Talenta untuk Bisnis

Baru jalin kerja sama strategi dengan Direktorat Sekolah Menengah Atas Kemendikbud

Yenny Yusra - 14 October 2020

Salah satu sektor bisnis yang mendapat respons positif selama pandemi adalah edutech. Kondisi PSBB dan aturan yang diberlakukan untuk bekerja dan belajar di rumah, telah memudahkan platform edutech untuk melancarkan bisnis mereka. Salah satu startup yang mengklaim telah mengalami pertumbuhan yang cukup baik saat pandemi adalah Rencanamu.

Kepada DailySocial,Co-founder & CEO Rencanamu Rizky Muhammad mengungkapkan, startupnya mengalami pertumbuhan bisnis yang cukup signifikan selama pandemi. Baik itu dari sisi pengguna (Rencanamu) ataupun bisnis (melalui produk b2b Talentics) yang didorong oleh kebutuhan digitalisasi talent assessment & proses recruitment/admission secara daring dari sekolah, perguruan tinggi, dan korporasi.

Saat ini Rencanamu telah membantu lebih dari 2,1 juta pengguna dalam persiapan kuliah dan karier, dengan hampir 70% pengguna aktif yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Secara khusus core business kami adalah talent assessment yang menjadi fondasi dari kedua produk unggulan di Rencanamu yaitu: Siap Kuliah (bagi siswa SMA & SMK sederajat) dan Siap Karier (bagi Mahasiswa), semua fitur kami sepenuhnya tersedia di aplikasi,” kata Rizky.

Sasar segmen B2B melalui “Talentics”

Sebagai platform yang terintegrasi, Rencanamu debut sebagai platform edtech selama 4 tahun terakhir dan secara natural telah berevolusi untuk masuk ke HR Tech melalui brandTalentics yang diluncurkan bulan Maret tahun 2020 ini.

Talentics bertujuan untuk membantu perusahaan melakukan penilaian dan perekrutan talenta yang tepat. Saat ini sudah terdapat sekitar 50 lebih perusahaan dan instansi yang memanfaatkan Talentics.

“Fokus kami dalam membantu talent assessment, baik itu untuk kebutuhan individual dan instansi pendidikan, melalui Rencanamu. Sementara untuk recruitment, internal talent profiling korporasi bisa melalui Talentics,” kata Rizky.

Kolaborasi strategis dengan Kemendikbud

Baru-baru ini Rencanamu menjalin kolaborasi strategis dengan Kemendikbud. Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program Direktorat Sekolah Menengah Atas dalam membangun SDM unggul.

Kini Rencanamu menghadirkan layanan persiapan kuliah yang terdiri dari Tes Minat Bakat, Eksplorasi Jurusan dan Karier secara cuma-cuma bagi peserta didik SMA di seluruh Indonesia. Dukungan ini didasari atas penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan kedua belah pihak pada Juli lalu.

“Selama 4 tahun terakhir kami sudah membantu jutaan siswa dalam persiapan kuliah dan karier, dan hasil studi kami terbukti efektif dalam membantu siswa,” kata Rizky.

Kerja sama ini adalah formalisasi dari misi Rencanamu bersama dengan Kemendikbud agar dapat membantu lebih siswa dalam persiapan kuliah dan karier mereka.

Ada beberapa target yang ingin dicapai oleh Rencanamu. Salah satunya adalah melancarkan kegiatan penggalangan dana awal atau akhir tahun 2021 mendatang. Perusahaan juga ingin mempercepat akselerasi untuk tetap menjadi nomor 1 di online assessment platform & talent solution.

“Ekosistem talenta yang terintegrasi secara vertikal memberikan Rencanamu keunggulan dalam memberikan solusi terkait perekrutan berbasis data yang terintegrasi dan belum terpenuhi di pasar,” kata Rizky.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter