1. DScovery

Reporter: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya, Skill, Hingga Jenjang Karir dan Gajinya

Profesi reporter adalah para petugas yang bertanggung jawab untuk melaporkan, menyelidiki, dan merangkum informasi berita. 

Reporter adalah profesi yang membutuhkan untuk terjun ke lapangan. Terlepas dari situasinya, reporter harus bertindak secara profesional untuk mendapatkan informasi yang benar, yang kemudian dapat dia kirimkan kepada reporter berita atau pembaca.

Semakin banyak media, baik cetak maupun digital, semakin besar peluang untuk menjadi reporter. Jika kamu tertarik dengan posisi ini, kenali dulu tugas jurnalis, keterampilan yang diperlukan, dan persyaratan berikut untuk menjadi jurnalis. Berikut artikelnya di bawah ini!

Apa Itu Reporter?

Secara harfiah, reporter adalah seseorang yang melaporkan berita. Reporter juga sering disebut dengan wartawan atau jurnalis. Namun, tidak semua reporter selalu membuat berita yang siap tayang.

Ini karena reporter biasanya bekerja di lapangan untuk mencari sumber atau meliput suatu kejadian dan kemudian melaporkannya kepada moderator atau penulis berita. Informasi yang diterima reporter kemudian diolah menjadi pesan yang dapat disiarkan.

Reporter adalah salah satu profesi jurnalisme, bersama dengan penulis, editor, pembawa berita, jurnalis foto, dan pemimpin redaksi. Semua profesi tersebut harus mengikuti satu aturan, yaitu kode etik jurnal.

Tugas dan Tanggung Jawab Reporter

1. Proses pembuatan berita

Ternyata ada tahapan-tahapan dalam proses pembuatan berita lho! Apa saja tahapan produksi berita?

• mencari informasi tentang asal usul suatu peristiwa penting

• menentukan peristiwa mana yang diproses

• mendokumentasikan semua informasi yang diterima, baik dalam bentuk gambar, video maupun tulisan

2. Menulis berita

Informasi yang dikumpulkan disusun menjadi berita. Mengumpulkan informasi dan membangun cerita secara sistematis membutuhkan langkah-langkah yang harus diperhatikan sebagai berikut:

• menentukan perspektif berdasarkan jenis berita, apakah soft news, hard news, live, feature atau analysis

• menulis semua berita dari informasi yang diterimanya, biasanya berhubungan dengan 5w+1h (what, why, who, where, when + how)

• mengedit berita, meskipun biasanya ada satu reporter yang mengedit seluruh berita, reporter juga perlu membantu proses ini.

Skill yang Diperlukan Reporter

Karena pekerjaan reporter selalu berada di bidang peliputan berbagai peristiwa, maka reporter harus memiliki daya adaptasi yang baik.

Selain kemampuan bereaksi cepat terhadap lingkungan baru, keterampilan adaptasi membantu reporter dengan mudah memahami situasi yang ada.

Tidak hanya kemampuan beradaptasi, tetapi keterampilan lain yang harus dikuasai jurnalis:

1. Pemahaman jurnalistik yang baik

2. Manajemen waktu yang baik

3. Manajemen emosi yang stabil

4. Kemampuan komunikasi yang baik

5. Cekatan

6. Gigih

7. Berpikir kritis

8. Kemampuan analisis dano bservasi yang baik

9. Kreatif

10. Jujur, adil, objektif

11. Kemauan untuk terus belajar

12. Rasa ingin tahu yang tinggi

13. Kolaboratif

Jenjang Karir dan Gaji Reporter

Dengan bertambahnya media yang tersedia saat ini, peluang karir reporter menjadi lebih baik. Selain itu, karir reporter juga bagus. Jenjang karier reporter adalah sebagai berikut:

1. Reporter

2. Asisten redaktur

3. Redaktur

4. Redaktur Pelaksana

5. Wakil Pemimpin Redaksi

6. Pemimpin Redaksi

Selain peluang karir dan jenjang karir yang bagus, gaji reporter juga tinggi. Setiap bulan kamu bisa dibayar antara Rp 3.000.000 dan Rp 8.000.000. Nilai nominal ini mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung di mana perusahaan itu berada dan tingkat pengalamanmu.

Bagaimana? Setelah menyimak informasi di atas tentang reporter, apakah kamu tertarik untuk menggapai jenjang karier ini?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again