19 September 2013

by wiku

Resmi, BBM untuk Android dan iOS akan Hadir 21 dan 22 September 2013 (Updated)

Penantian akan segera berakhir, jika Anda satu dari banyak orang yang menantikan hadirnya BlackBerry Messenger (BBM) keluar dari platform dan tersedia untuk pengguna Android dan iOS, tanggal resmi peluncurannya telah diumumkan.

BBM for All atau ketersediaan BBM untuk perangkat Android dan iOS akan dimulai dalam waktu dekat. Untuk Android sendiri akan mulai hadir tanggal 21 September sedangkan untuk iOS akan hadir tanggal 22 September 2013.

Lewat pengumuman resmi mereka, BlackBerry menjelaskan bahwa aplikasi ini akan tersedia secara gratis di masing-masing toko aplikasi. Jika sudah tersedia, Anda akan bisa berkomunikasi lintas platform atau antar sistem operasi dengan BBM.

Untuk Android Anda diharuskan memiliki versi Android Ice Cream Sandwich (ICS) atau Jelly Bean (Android 4.x) dan akan mulai tersedia mulai jam 7AM EDT tanggal 21 September (atau jam 6 sore tanggal 22 21 September waktu Jakarta/WIB). Sedangkan untuk iOS, Anda harus memiliki setidaknya iOS 6 atau iOS 7 dan akan mulai tersedia di App Store (dijadwalkan) jam 12.01 AM waktu lokal jam 22 September.

Ada apa saja nantinnya di BBM untuk Android dan iOS ini? Berikut penjelasan yang saya kutip dari blog resmi BlackBerry:

BBM Chat – Enjoy real, immediate conversations with friends on Android, iPhone and BlackBerry smartphones. Not only does BBM let you know that your message has been delivered and read, it also shows you that your friend is responding to the message. More than chat – With BBM you can share files on your phone such as photos and voice notes, all in an instant. Keep your group in the loop – Multi-person chats are a great way to invite contacts to chat together. BBM Groups lets you invite up to 30 friends to chat together, and go a step further than multi-chat by sharing photos and schedules. And, with Broadcast Message, you can send a message out to all your BBM contacts at once. Post Updates and stay in the know – BBM lets you post a personal message, profile picture and your current status, and lets your contacts know instantly in Updates. Your unique PIN – Every BBM user has a unique PIN that maintains your privacy, so you don’t have to give out your phone number or email address to a new or casual contact.

Meski belum bisa memberikan semua fasilitas BBM yang biasanya dinikmati di platform BlackBerry, nantinya BBM untuk Android dan iOS akan terus mendapatkan fitur baru. Akhir tahun ini BBM Channels akan hadir dan bisa digunakan untuk brand, selebritis, artis, komunitas atau mereka yang membutuhkan sebuah tempat untuk saling berinteraksi. BBM Video dan BBM Voice juga akan tersedia, meski belum ada tanggal pasti.

Informasi tambahan, hari ini sekitar jam 12 siang, BlackBerry Indonesia juga akan mengadakan acara terkait BBM for Everyone, seperti yang disebutkan di artikel TRL sebelumnya, prediksi kami acara ini bukan untuk merilis BBM tetapi lebih ke update dan persiapan akan rilisnya BBM pada hari berikutnya. Tim TRL juga hadir di acara tersebut, jadi nanti kami akan memberikan update atas acara untuk para pembaca.

Informasi lengkap tentang rilis BBM bisa dilihat di tautan ini atau cek BBM.com.

Via: GigaOm.

Koreksi untuk keterangan waktu rilis BBM untuk wilayah Indonesia.