Banyak gamer mungkin setuju bahwa beberapa judul franchise besar betul-betul membutuhkan sesuatu yang baru agar permainan tidak membosankan. Namun beberapa elemen, misalnya kehadiran campaign atau multiplayer, telah menjadi identitas dari seri ini. Dan sejak berkiprah 15 tahun silam, kedua mode ini merupakan tradisi yang tak terpisahkan dari Call of Duty.

Itu mengapa rumor yang menyatakan game Call of Duty terbaru akan menanggalkan single-player terdengar ganjil. Dan bukan itu saja, sejumlah narasumber juga melaporkan keinginan Activision untuk menggantinya dengan battle royale. Tapi ternyata seluruh kabar tersebut dikonfirmasi oleh sang publisher sendiri dalam reveal event Black Ops 4 kemarin. Itu artinya, Black Ops 4 adalah permainan Call of Duty pertama yang menyajikan pengalaman multiplayer tanpa single-player.

Multiplayerdi Black Ops 4 terbagi dalam dua kategori gameplay: kooperatif dan kompetitif. Sebagai developer-nya, Treyarch kembali menghadirkan mode Zombies, mengadu Anda dan kawan-kawan melawan mayat hidup. Mode ini menjanjikan pengalaman bermain baru dalam petualangan berbeda, di antaranya IX, Voyage of Despair dan Blood of the Dead. Mode ini akan menghidangkan fitur, karakter, dan musuh baru, serta keleluasaan kustomisasi.

Multiplayer kompetitif hadir berupa mode Blackout. Inilah bagian yang menghidangkan gameplay battle royale di Black Ops 4. Treyarch belum memberi tahu total gamer yang dapat bermain dalam satu pertandingan, namun mereka sudah membangun peta berskala super-besar buat mewadahi para pemain. Kabarnya, peta tersebut 1.500 kali lebih besar dari Nuketown.

Mode Blackout mempersilakan Anda untuk bermain sebagai karakter-karakter yang ada di franchise ini. Dan di sana, kita bisa mencoba bertahan hidup sendiri atau bersama teman-teman. Anda dipersilakan memanfaatkan segala macam kendaraan – darat, laut ataupun udara; serta menggunakan persenjataan raksasa buat melumat lawan.

Selain itu, Treyarch juga memodifikasi elemen dasar permainan hingga Black Ops 4 terasa lebih ‘tradisional’. Pertama, developer mengganti sistem auto-regen health dengan metode manual, di mana Anda harus mengobati diri sendiri. Buat mempercepat prosesnya, kita dapat memanfaatkan Stim Pack.

Dan berbeda dari Call of Duty sebelum-sebelumnya, tidak ada lagi kemampuan-kemampuan ala super-hero seperti berlari di tembok atau melompat tinggi dibantu roket pendorong. Seluruh pertempuran dilakukan 100 persen di darat.

Call of Duty: Black Ops 4 akan dilepas pada tanggal 12 Oktober 2018 di PC, PlayStation 4 dan Xbox One. Khusus di PC, game rencananya didistribusikan lewat Battle.net.

Biasanya, Activision merilis game Call of Duty di bulan November. Tanggal peluncuran Black Ops 4 yang lebih cepat ini boleh jadi merupakan antisipasi publisher menghadapi pelepasan Red Dead Redemption 2 dan Battlefield V.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.