15 January 2018

by Yoga Wisesa

Retro-Bit Ungkap Beragam Produk Unik yang Bisa Memuaskan Dahaga Retrogaming

Lima produk ini menonjol karena fitur dan keistimewaannya.

CES biasanya sarat dengan pengungkapan produk-produk flagship, purwarupa-purwarupa unik, serta perangkat-perangkat inovatif. Namun tentu saja beragam teknologi yang ada di sana menjangkau bermacam-macam ranah, termasuk satu segmen hiburan spesifik yang belakangan kembali jadi sorotan berkat hadirnya NES dan SNES Classic Edition: retrogaming.

Di CES 2018, produsen hardware dan aksesori console retro Retro-Bit memamerkan sejumlah produk baru yang bisa memuaskan dahaga Anda terhadap pengalaman gaming 'old-school' di era 90-an. Di antara banyaknya penawaran mereka itu, lima produk tampak lebih menonjol karena fitur dan keistimewaannya. Ini dia:

 

GoRetro Portable

Mengusung konsep ala Game Boy, tapi bedanya, ia ditunjang oleh koleksi permainan sebanyak lebih dari 300 judul (Retro-Bit punya rencana buat menambah lagi jumlahnya). GoRetro Portable memiliki baterai internal yang bisa menjaganya tetap menyala selama 10 jam, dapat diisi ulang lewat port USB. Retro-Bit menawarkan dua pilihan warna, yakni biru muda dan abu-abu, atau hitam dengan bumbu merah.

Console handheld retro ini akan tersedia di bulan September, dijajakan seharga US$ 35.

 

Super Retro Trio Plus

Merupakan versi baru perangkat multi-console garapan Retro-Bit. Ketika NES dan SNES 'mini' hanya dapat menjalankan game-game dari Nintendo, Super Retro Trio Plus siap mendukung cartridge Nintendo Entertainment System, SNES, hingga Sega Genesis. Model baru ini juga dibekali port HDMI, siap menyuguhkan resolusi 720p dengan visual yang tajam, kompatibel ke tiga jenis controller berbeda, dan memiliki switch NTSC serta PAL.

Produk rencananya akan mulai dipasarkan di akhir Januari 2018 seharga US$ 80.

 

R-Type Returns

Setelah dilepas di SNES pada tahun 1991 dan 1993, game Super R-Type dan R-Type III bisa Anda nikmati kembali melalui bundel 'multi-cart' Retro-Bit bernama R-Type Returns. Harganya tidak mahal, dapat dimiliki cukup dengan mengeluarkan uang sebesar US$ 40 saja. Jika kebetulan Anda seorang penggemar beratnya, Retro-Bit juga menawarkan edisi kolektor seharga US$ 60 - berisi boks khusus, stiker-stiker dan satu set pin.

 

Holy Diver

Juga merupakan paket re-release, Holy Diver adalah game platforming kreasi tim Irem, dilepas di tahun 1989 di NES. Tadinya, developer berniat untuk merilisnya di Amerika, namun Holy Diver tak pernah dipublikasi di luar Jepang karena masalah lisensi. Retro-Bit telah memperoleh hak buat meluncurkannya secara resmi dan akan bisa dinikmati mulai bulan Mei nanti. Permainan dijajakan di harga US$ 35, kecuali jika Anda memilih versi kolektor - dibanderol US$ 60.

 

Wireless Sega Controllers

Terdiri dari varian controller Sega Genesis, Saturn, dan Dreamcast yang kompatibel ke platform game modern - di antaranya PC, console, Mac dan Android. Produk ini merupakan buah dari hasil kolaborasi antara Retro-Bit dan Sega. Harga serta waktu ketersediaannya belum diumumkan, tapi yang pasti, Anda membutuhkan dongle agar controller bisa terkoneksi ke Xbox One dan PlayStation 4.

Sumber: Gamespot.