20 August 2014

by Michael Erlangga

[Review] Blu-ray Player Pioneer BDP-160

Belum lama ini tim Trenologi diberikan kesempatan untuk mencoba player Blu-ray baru besutan Pioneer. Perangkat yang diklaim sebagai entry-level oleh Pioneer ini dibanderol di harga Rp. 2.6 - 2.8 juta, namun jangan khawatir dengan harga yang lebih tinggi karena fitur yang ditawarkan dan kualitasnya-pun sangat layak dipertimbangkan. Ya, Pioneer seri BDP-160 ini harus anda pertimbangkan, sebuah produk cutting-edge yang cocok untuk masyarakat modern.

Tampak depan & Remote BDP-160

Tampak belakang BDP-160

 

Berikut spesifikasi lengkap yang kami dapatkan:

Untuk proses review ini kami menggunakan televisi 52" 3D dan HD, yang ternyata menjadi pasangan yang sangat tepat dengan BDP-160.

Kualitas Gambar

Untuk player Blu-ray sekelas BDP 160, Pioneer benar-benar all-out dengan memberikan kualitas gambar yang jauh meinggalkan player Blu-ray lain yang tersedia di pasaran. Dicoba di televisi LED 3D/HD 52", detil gambar, kontras dan pewarnaan dari BDP-160 menunjukkan kenapa produk ini disukai banyak orang.

Format film yang didukung oleh BDP-160 juga lumayan beragam mulai dari MP4, AVI, WMV, 3GP, FLV dan tidak lupa format lawas MPEG. Format gambar yang didukung mulai dari JPG, PNG dan juga GIF, tidak terlalu ekstensif tapi sepertinya cukup mainstream. Dan dari film maupun berkas gambar, BDP-160 terus memperlihatkan kualitas gambar yang lebih tinggi dibandingkan pesaingnya.

Kualitas Suara

Jika anda sangat terkesan dengan kualitas gambar yang dihasilkan oleh Pioneer BDP-160, maka anda harus siap menerima kejutan lainnya karena kualitas suara (audio) dari BDP-160 ini justru merupakan satu hal yang paling menonjol. Format-format umum seperti MP3, WMA, WAV dan AAC tentu sudah didukung namun BDP-160 juga mendukung format FLAC (Free Lossless Audio Codec) yang kian lama kian populer sebagai standard performa audio.

Kami coba gunakan BDP-160 untuk beberapa macam musik mulai dari musik distorsi keras, pop, hingga ke musik jazz yang penuh detil, dan buaian suara yang keluar memang benar-benar bintang lima.

Desain Produk

Untuk sebuah produk dengan fitur yang begitu banyak, BDP-160 dikemas dalam case yang cukup solid dan terbilang ringan jika dibandingkan dengan Blu-ray player lainnya. Meskipun bisa dibilang ada kesan kosong yang terasa kental setiap kali mengangkat unit ini, tapi hal ini sebenarnya berlaku untuk hampir semua Blu-ray dan DVD player yang tersedia di pasar.

Remote yang disediakan juga tidak banyak memberikan kesan unik, meskipun Pioneer juga menyediakan aplikasi iOS dan Android yang bisa mengubah smartphone anda menjadi remote. Kami cukup terkesan dengan aplikasi tersebut, terutama untuk kami yang sulit melepas smartphone dari tangan ketika menonton.

Internet

Konektivitas LAN dan built-in Wi-Fi mungkin bukan sesuatu yang baru namun melalui BDP-160, Pioneer terlihat mulai serius dalam memungkinkan konsumen untuk mengakses konten digital melalui layar televisi mereka. Sampai saat ini memang pilihan konten digital yang bisa dikonsumsi melalui BDP-160 masih terbatas namun hal ini merupakan loncatan yang besar dibandingkan produk kompetitornya.

Interface untuk koneksi Wi-Fi

Meskipun ada built-in Wi-Fi, BDP-160 tetap menyediakan koneksi LAN

Kami juga mencoba fitur YouTube™ "Send to TV" yang tersedia dan kami tercengang bagaimana proses ini membuat proses berbagi layar menjadi sangat mudah. Dengan mengunduh sebuah aplikasi di smartphone, anda kini bisa berbagi layar smartphone anda dengan orang lain melalui layar televisi anda via BDP-160. Fitur yang sangat unik!

BDP-160 sudah terkoneksi dengan YouTube dan Picasa

Pro & Kontra

Pro: Kualitas gambar dan audio yang diatas rata-rata, serta konektivitas internet melalui LAN dan/atau Wi-Fi.

Kontra: Banyak Blu-ray player yang lebih murah, meskipun dengan fitur yang jauh lebih sedikit dibandingkan BDP-160

Kesimpulan

Jika anda menginginkan produk Blu-ray yang sophisticated, BDP-160 menunjukkan potensi Blu-ray player yang lebih dari sekadar Blu-ray player namun dengan tidak melupakan janji awal untuk memberikan kualitas gambar dan suara yang luar biasa. Untuk urusan kocek, mungkin sedikit lebih mahal dibandingkan beberapa pemain Blu-ray lainnya tapi fitur yang ditawarkan memang jauh lebih banyak dan terlihat lebih modern terutama dengan fitur konten digital dan built-in Wi-Fi.