3 July 2019

by Lukman Azis

[Review] Dell XPS 13 9380, Salah Satu Ultrabook Terbaik 2019

Bawa layar 4K & performa kencang dalam kemasan ultraportable

Bicara soal 'ultrabook', artinya laptop premium dengan body tipis nan enteng. Dua minggu terakhir berkat Dell XPS 13 9380, beban hidup tas saya terasa jauh lebih ringan.

Bukan hanya terbantu karena dimensinya yang ringkas, tapi juga prosesornya yang OP (over power) buat kebutuhan saya, mendapatkan kepuasan visual, dan yang tak kalah penting baterainya tahan lama. Walaupun minimnya port juga cukup merepotkan.

Di Indonesia, ultrabook ini dibanderol sekitar Rp30.300.000 juta. Seperti apa pengalaman menggunakan laptop premium ini? Simak review Dell XPS 13 9380 selengkapnya berikut. Di bawah ini merupakan hasil CPU-Z dan GPU-Z dari Dell XPS 13 9380:

13 Inci Ukuran Layar Laptop Terbaik?

Sesuai namanya, Dell XPS 13 9380 mengusung layar 13,3 inci yang menawarkan keseimbangan terbaik antara portabilitas dan fungsionalitas. Pasti masuk ke dalam tas dan tidak memakan banyak tempat, bisa digunakan dengan nyaman di meja kafe yang kecil sekalipun.

Layar sentuh berukuran 13,3 inci tersebut dikemas dalam desain InfinityEdge touch display, dengan bezel samping dan atas yang amat tipis. Nah yang bikin saya kesengsem ialah kualitas layarnya yang mewah dan sangat memanjakan mata.

Layar laptop ini sudah beresolusi 4K (3840x2160 piksel), didukung 100% sRGB color gamut, HDR, Dolby Vision, kecerahan 400 nits, contrast ratio 1500:1, dan sudut pandang seluas 178 derajat. Dell turut menyediakan aplikasi CinemaColor, ada empat screen mode yang bisa dipilih yaitu movie, evening, sports, dan animation.

Default-nya resolusi layar yang ditetapkan ialah Full HD yang ideal untuk kegiatan harian, di mana prosesor tak perlu bekerja ekstra dan konsumsi daya lebih efisien. Anda dapat beralih ke resolusi 4K saat benar-benar membutuhkannya, seperti menikmati saat konten hiburan, atau saat editing foto dan video 4K.

Posisi kamera webcam laptop ini berada di tempat seharusnya, yakni di atas layar. Uniknya, ukurannya kecil banget dan dilengkapi lampu indikator yang akan menyala saat kamera aktif. Kamera depan ini mampu memotret pada resolusi 0,9MP dan merekam video 720p 30 fps.

Desain Cantik

Unit Dell XPS 13 9380 yang saya review berwarna frost white, tampil putih bersih nan cantik, simpel tapi profesional. Terkadang dengan menjaga tampilan tetap sederhana, kita justru bisa lebih fokus menyelesaikan tugas dan pekerjaan.

Penutup laptop terbuat dari material aluminium dan glass fiber pada sekitar keyboard-nya. Ukuran panjangnya 30,2cm dengan lebar 19,9cm. Sementara, ketebalannya berada di kisaran 0,78cm - 1,16cm dan bobotnya 1,23kg.

Pengalaman mengetik pada laptop ini sangat menyenangkan, keyboard-nya memiliki travel key 1,3mm yang nyaman dan menyuguhkan feedback yang kuat saat ditekan.

Sementara, trackpad-nya yang berlapis kaca terasa halus saat disentuh dan performanya sangat presisi, scroll dengan dua jari, swipe tiga jari, sampai aksi pinch-zoom bisa dilakukan dengan mudah.

Laptop ini dilengkapi dua port Thunderbolt 3 (USB Type-C) yang siap memberikan kecepatan transfer data tinggi, satu port USB Type-C 3.1, slot kartu microSD, dan jack headphone 3,5mm.

Tanpa adanya port USB Type-A, lalu bagaimana caranya menghubungkan laptop dengan smartphone, hardisk eksternal, ataupun mouse? Untungnya Dell melengkapi adaptor USB Type-C ke Type A dalam paket penjualannya. Bagi yang bergerak di dunia fotografi maupun videografi, Anda juga akan membutuhkan card reader SD card.

UI - Windows 10

Laptop menjalakan sistem operasi Microsoft terbaru Windows 10, antarmukanya sama seperti laptop Windows 10 lainnya. Namun Dell menanamkan sejumlah aplikasi bawaan, diantaranya Dell Mobile Connect, Dell Update, dan Dell Power Manager.

Dell Mobile Connect memungkinkan kita untuk menghubungkan smartphone Android atau iPhone dengan laptop, memudahkan kita bertukar file secara seamless antara smartphone dan laptop.

Dell Update mematikan kita mendapatkan update software terbaru. Sedangkan, Dell Power Manager memberikan kontrol lebih atas power profile dan penggunaan baterai.

Untuk sistem keamanan, Dell XPS 13 9380 dilengkapi sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power.

Performa

Dell XPS 13 9380 tersedia dalam beberapa konfigurasi, unit yang saya review menggunakan prosesor Intel Core i7-8565U Whisky Lake generasi ke-8, bersanding kartu grafis Intel UHD 620, besaran RAM 16GB, dan penyimpanan SSD 512GB.

Buat saya yang dalam bekerja harian menggunakan browser dengan banyak tab (bisa lebih 30 tab) dan aplikasi editing seperti Photoshop, Lightroom, dan Premiere Pro, tugas-tugas tersebut tergolong enteng bagi laptop ini.

Disuntik dengan prosesor terbaru bukan hanya membuatnya lebih cepat, tapi juga efisien sehingga baterainya dapat bertahan lebih lama. Dell menjanjikan baterainya mampu bertahan hingga 12 jam pada resolusi 4K dan hingga 21 jam pada resolusi Full HD. Setidaknya Anda bisa melewati jam kerja bebas kabel charge.

Verdict

Membawa tagline 'the most powerful 13-inch in its class', tak diragukan lagi bahwa Dell XPS 13 9380 memang merupakan salah satu ultrabook terbaik pada tahun 2019 yang bisa Anda beli.

Yang jelas, laptop ini cocok buat Anda yang tak hanya mengejar performa semata, tapi juga kepuasaan visual dan kemudahan penggunaan berkat desain yang ultraportable.

Sparks

  • Resolusi layar 4K yang sangat tajam
  • Daya tahan baterai lama bile di resolusi Full HD
  • Performa powerful
  • Punya dua port Thunderbolt 3 (USB-C)

Slacks

  • Minim port, tanpa port USB Type-A
  • Tanpa SD card reader