Categories

Gadget

[Review] Realme Watch S Pro: Jam Tangan Pintar Premium Tak Sampai 2 Juta

Ternyata jam tangan pintar dengan fitur lengkap tidak harus mahal

Dimas Galih W. - 24 March 2021

Realme sepertinya sangat serius dalam mengembangkan perangkat AIoT yang bisa membantu kehidupan para penggunanya. Uniknya, perangkat yang mereka tawarkan memiliki harga yang terjangkau sehingga banyak orang yang bisa memilikinya. Pada tahun 2021 ini, perangkat AIoT yang baru saja ditawarkan oleh realme adalah sebuah jam tangan. Perangkat tersebut bernama realme Watch S Pro.

Perangkat yang satu ini sebenarnya sudah lama datang ke meja pengujian DailySocial. Hanya saja, saya ingin menjajal pemakaian perangkat ini selama sebulan penuh. Ternyata jam tangan ini terasa ringan dan memiliki daya tahan baterai yang cukup lama. Hal ini akan dibahas pada segmen berikutnya.

Realme Watch S Pro

Warna dari unit demo yang saya dapatkan adalah hitam. Perangkat ini memiliki beberapa perbedaan dari seri yang non Pro. Perubahan paling dasar terlihat dari layar yang kini telah menggunakan Layar AMOLED, bahannya pun sudah stainless steel dengan dukungan fitur lainnya, yakni 5ATM yang mampu dibawa berenang hingga kedalam 50 meter, dan Dual-Satellite GPS.

Jam tangan pintar realme Watch S Pro memiliki spesifikasi sebagai berikut

ProsesorARM Cortex M4
LayarSuper AMOLED1,4 inci 454 x 454 pixel
Baterai420 mAh
KonektivitasBluetooth 5.0
SensorGPS, Detak jantung, accelerometer, SpO2
Dimensi257.6 x 46.0 x 11.1 mm
Bobot63,5 gram

Realme juga menjanjikan daya tahan yang cukup lama pada baterai yang memiliki kapasitas cukup besar untuk sebuah jam tangan pintar tersebut. Jika dipakai setiap hari, maka jam tangan ini dijanjikan akan habis dalam waktu 14 hari. Tentunya hal ini cukup nyaman karena banyak smartwatch yang masih memiliki daya tahan baterai selama 2 hari saja.

Charger: Magnetik

Paket penjualan dari smartwatch yang satu ini hanya terdapat charger saja selain unit utamanya. Charger yang satu ini memiliki desain tempel dengan sistem magnet. Jadi, pengguna tidak akan salah dalam menaruh posisi jam tangan pintar ini. Pada salah satu sisinya terdapat dua konektor untuk mengisi baterai pada jam tangan pintar tersebut

Realme Watch S Pro - Charger

Desain

Realme Watch S Pro memiliki desain dengan bentuk bundar, seperti sebuah jam tangan biasanya. Saat melihatnya, saya langsung teringat dengan desain sebuah jam tangan pintar dari produsen asal Tiongkok juga. Warna perangkat yang saya dapatkan adalah hitam. Dan warna strap-nya pun juga sama-sama hitam.

Tali jam bawaannya sudah terbuat dari bahan karet, sehingga aman digunakan untuk berolah raga dan aktifitas di luar ruangan. Tali jam tangan pintar ini juga dapat diganti dengan yang umum ada di pasaran dengan standar 22 mm. Untuk membukanya, Anda tinggal menggeser kunci kecil yang tersedia di kedua belah sisi tali jam tangan tersebut.

Realme Watch S Pro - Pin

Layar dari realme Watch S Pro menggunakan tipe AMOLED. Dimensi layarnya sebesar 1.39 inci dengan resolusi 454×454. Layarnya sendiri juga sudah menggunakan Gorilla Glass yang sayangnya tidak ada informasi mengenai seri yang mana yang digunakan. Tentunya, layarnya bisa disentuh sehingga membuat navigasi menjadi lebih mudah.

Realme juga mendesain jam tangan pintar ini tanpa bingkai atau bezelless. Realme menggunakan model kaca melengkung yang membuat sisi-sisinya lebih pendek dari permukaan tengahnya. Oleh karena itu, saya sangat menyarankan untuk menambah lapisan anti gores sehingga bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Pada sisi bagian bawah, terdapat beberapa sensor yang berguna untuk memindai kesehatan. Sensor tersebut dapat mendeteksi detak jantung sang penggunanya. Selain itu, realme juga sudah menambahkan fitur untuk memindai kadar oksigen dalam darah. Hal tersebut tentu saja sangat berguna pada saat pandemi COVID seperti sekarang ini.

Realme Watch S Pro - Tombol

Pada sisi sebelah kanan dari realme Watch S Pro, terdapat dua buah tombol. Yang bagian atas digunakan sebagai tombol back dan untuk menyalakan serta mematikan layarnya. Tombol yang bawah dibuat khusus untuk fungsi-fungsi olah raga. Saat digeser layarnya dari bagian atas ke bawah, akan muncul beberapa icon untuk menjalankan fungsi-fungsi yang ada.

Selain menggeser layarnya ke atas, layarnya juga bisa digeser ke kanan dan ke kiri. Hal itu akan menampilkan beberapa widget serta quick menu pada realme Watch S Pro. Sayangnya, aplikasi yang sudah ada pada realme Watch S Pro sampai saat ini belum bisa ditambahkan. Semoga saja realme menambahkan kemampuan untuk bisa menginstal aplikasi pihak ketiga di masa depan.

Pengalaman menggunakan: Ringan

Keadaan pandemi seperti ini membuat saya harus bertahan di rumah setiap hari. Oleh karena itu, saya hanya akan bepergian keluar rumah pada saat butuh sesuatu saja, seperti berbelanja. Saat keluar rumah seperti itu lah, saya baru bisa menggunakan jam tangan realme Watch S Pro dengan penuh. Alasan tersebut pula lah yang membuat pengujian dari jam tangan pintar ini memakan waktu yang tidak sedikit.

Saat mengeluarkannya pertama kali dari paket penjualan, saya langsung mengisi jam tangan pintar ini sampai penuh. Saya hanya menggunakan smartwatch ini sekitar 6-8 kali saja, mengingat hanya bisa meninggalkan rumah pada hari Sabtu dan Minggu untuk keperluan rumah tangga. Ternyata, baterai jam tangan ini habis pas pada hari ke 24. Saat melakukan pengujian, seperti biasa, saya mematikan koneksi bluetooth yang ada pada jam tangan ini.

Realme Watch S Pro - On Hand

Jam tangan ini juga bisa ditingkatkan versi firmware-nya. Oleh karena itu, sering-sering lah menyalakan aplikasinya yang bernama realme Link. Aplikasi ini juga akan menampung semua data yang telah diinformasikan oleh jam tangan pintar ini sehingga penggunanya bisa melihat data mengenai detak jantung, langkah, oksigen dalam darah, serta latihan-latihan yang dilakukan.

Realme Watch S Pro memiliki fungsi yang diantaranya adalah pemantauan detak jantung, pemantauan tidur, SpO2, pernapasan, notifikasi, cuaca, jam, alarm, senter, dan kontrol musik. Tentunya, fitur-fitur ini sudah umum ditemukan pada hampir setiap jam tangan pintar yang sudah beredar di pasaran. Namun, tombol shutter kamera merupakan satu fitur yang jarang ditemukan pada smartwatch lain dan hadir pada perangkat yang satu ini.

Jika Anda bosan dengan Watch face yang sudah ada pada perangkat jam tangan pintar ini, realme juga sudah menyediakannya pada aplikasi realme Link. Anda juga bisa membuat watch face buatan sendiri yang menggunakan foto sebagai latar belakangnya. Sayang memang, belum ada aplikasi yang bisa membuat face watch dari desain kita sendiri.

Notifikasi mungkin merupakan satu hal yang membuat para pengguna smartphone Android pusing. Pasalnya, beberapa jam tangan pintar kerap hanya mengirimkan notifikasi pesan masuk serta panggilan seluler saja. Jika Anda memiliki aplikasi tukar pesan seperti Whatsapp, hal tersebut akan menjadi sebuah masalah tersendiri karena panggilan suara dan video. Kedua panggilan tersebut tidak akan muncul pada jam tangan pintar.

Saya cukup senang dengan kemampuan notifikasi dari realme Link. Hal tersebut dikarenakan panggilan suara dan video dari Whatsapp dan Telegram berhasil muncul pada jam tangan ini. Hal ini tentu saja membuat setiap panggilan masuk akan membuat realme Watch S Pro bergetar sehingga tidak akan ada panggilan yang terlewat. Good job, realme!

Jam tangan pintar ini memiliki 15 macam jenis olah raga yang bisa dipantau. Semua itu meliputi lari Outdoor Run, Indoor Run, Outdoor Walk, Indoor Walk, Outdoor Cycling, Spinning, Hiking, Swimming, Basketball, Yoga, Rowing, Elliptical, Cricket, Strength Training, dan Free Workout. Jam tangan ini juga mendukung penyelaman hingga 50 meter atau 5 ATM, namun ada baiknya tidak digunakan pada air asin karena akan membuat korosi.

Verdict

Pasar AIoT saat ini memang sedang ramai ditawarkan oleh para produsen. Hal  tersebut dikarenakan perangkat yang digunakan mampu membantu para penggunanya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah jam tangan pintar yang sudah pasti digunakan dalam segala kegiatan sehari-harinya. Realme pun menawarkan Watch S Pro pada pasar ini.

Kinerja dari jam tangan pintar yang satu ini memang cukup baik untuk digunakan sehari-hari. Dengan menggunakan prosesor ARM Cortex M4, ternyata mampu membuat jam ini bekerja tanpa terasa adanya lag. Semua fungsi yang ada bisa diakses dan dijalankan tanpa adanya masalah.

Notifikasi merupakan fungsi dasar dari sebuah smartphone. Realme pun mampu membenahi permasalahan yang ada pada beberapa perangkat smartwatch pada saat mengirimkan notifikasi. Bagi Anda yang sering melewatkan sebuah panggilan dari smartphone, jam tangan pintar ini cocok untuk digunakan. Namun sayang, tidak ada speaker dan microphone pada jam tangan ini.

Realme menjual jam tangan yang satu ini dengan harga yang tidak terlalu mahal, yaitu Rp. 1.899.000 saja. Dengan harga ini, pengguna bisa mendapatkan semua fungsi-fungsi canggih seperti perekaman olah raga, detak jantung, serta pengukuran SpO2. Jika harga ini dirasa cukup tinggi, Anda bisa memilih jam tangan pintar realme Watch yang tentu lebih murah.

Sparks

  • Daya tahan baterai yang panjang, pada kasus saya bisa 24 hari
  • Responsif
  • Desain yang apik
  • 5 ATM
  • Ada GPS
  • Notifikasi panggilan suara dan video pihak ketiga

Slacks

  • Tidak ada aplikasi pihak ketiga yang bisa diinstal
  • Tanpa speaker dan microphone

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter