Dominasi aplikasi pesan instan asal luar negeri nampaknya tidak membuat pengembang lokal pasrah tanpa perlawanan. Setelah sebelumnya hadir LINE dari Jepang, KakaoTalk dari Korea, WeChat dari Tiongkok, dan WhatsApp dari AS, kini hadir RightHere Messenger besutan tim Right Here Media yang berusaha menjembatani brand dan pelanggan.

RightHere Messenger mungkin bukan aplikasi pesan instan pertama buatan lokal. Sebelumnya telah ada beberapa pendahulunya, termasuk Stealth Messenger yang merilis aplikasi mereka di platform Android. Persis seperti Stealth Messenger dan Telegram, RightHere Messenger mengklaim memiliki tingkat keamanan yang lebih baik ketimbang kompetitor lainnya.

Yang unik dari RightHere Messenger adalah menjembatani brand dan pelanggan. Aplikasi ini juga mewadahi berbagai macam komunitas memanfaatkan fitur-fiturnya

Seperti biasa, sebelum menggunakan aplikasi ini pengguna diwajibkan mendaftarkan nomor ponsel untuk verifikasi. Perlu diberi catatan, petunjuk aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk tidak memasukkan nomor negara (Indonesia +62) ternyata salah. Saya tetap harus memasukkan angka “0” di depan kemudian dilanjutkan oleh keseluruhan nomor ponsel. Setelah itu masukkan kode verifikasi yang telah dikirim via SMS.

Fitur sosial di aplikasi pesan instan ini memungkinkan sebuah brand meningkatkan tingkat engagement mereka ke pada para pelanggan dengan lebih baik. Berbeda dengan grup chat, RightHere Messenger memiliki channel yang memungkinkan di-subscribe oleh para pelanggannya. Penawaran khusus tentunya dijanjikan bagi mereka yang mengikuti brand tersebut. Mungkin ini menjadi opsi yang baik ketimbang mendapatkan pesan personal berisi promo yang kerap dianggap mengganggu. Sepintas yang ditawarkan mirip dengan yang sudah dihadirkan oleh LINE dan KakaoTalk melalui akun Official Accounts dan Plus Friend.

Setiap pengguna juga dapat membuat sebuah channel. Komunikasi di dalam suatu channel tersebut dapat dimoderasi oleh pembuat channel atau orang-orang tertentu (moderator) yang dipilih oleh pembuat channel. Skema tersebut diberlakukan demi menghindari obrolan yang tidak diinginkan. RightHere Messenger juga bisa memberlakukan channel layaknya group chat di aplikasi pesan instan lainnya.

Sejauh ini, kemudahan kustomisasi yang ditawarkan oleh RightHere Messenger hanya seputar pada wallpaper dan theme saja. Sayangnya, pergantian wallpaper bukanlah suatu fitur yang inovatif. Nyaris semua kompetitor RightHere Messenger telah memiliki opsi tersebut. Untuk theme, RightHere Messenger hanya memiliki dua tema yaitu hitam dan putih.

Saat ini RightHere Messenger telah hadir di platform Android dan iOS.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.