Rilis Versi Baru, Zohib Messenger Tawarkan Kanal Khusus Seputar Informasi Lalu Lintas Mudik

Aplikasi mobile messaging lokal, Zohib Messenger, kini punya solusi bagi Anda yang saat ini sedang atau berencana untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Tak hanya menawarkan fungsi untuk saling berkirim pesan, versi terbaru dari aplikasi Zohib Messenger sekarang juga memiliki kanal khusus yaitu kanal informasi mudik. Kanal ini memungkinkan pengguna untuk memantau situasi lalu lintas secara real time yang bisa dipadukan dengan kemampuan laporan kejadian di sekitar lewat fitur broadcast messages.

Dalam kanal informasi mudik Zohib Messenger, terdapat cukup banyak informasi yang bisa didapat untuk menjadi bekal informasi selama perjalanan. Seluruhnya, ada empat sub kanal yang bisa diakses seperti; informasi lalu lintas, foto & video CCTV, Point of Interest (POI) terdekat, dan juga fitur laporkan kejadian di sekitar.

Dalam informasi lalu lintas, pengguna Zohib Messenger bisa mengakses ragam informasi mulai dari info kemacetan, kecelakaan, sampai broadcast messages dari pengguna yang tentu berkaitan dengan kondisi lalu lintas. Agar saluran informasi yang disampaikan akurat, Zohib Messenger rupanya memanfaatkan informasi yang disampaikan langsung dari pihak Kepolisian. Walau belum ada keterangan apakah Zohib Messenger bekerja sama langsung dengan Kepolisian, saya melihat saluran informasi yang ditampilkan berasal dari saluran timeline NTMC Polda.

Memantau informasi secara real time tentu kurang lengkap jika tak bisa dipantau secara langsung lewat kamera CCTV yang banyak tersebar di berbagai titik jalan raya. Untuk fungsi ini, fitur foto & video CCTV yang juga disertakan Zohib Messenger mampu bekerja dengan cukup baik. Pasalnya, dengan memanfaatkan informasi CCTV yang diambil dari layanan LewatMana, pengguna bisa memantau kondisi lalu lintas secara visual cukup dengan hanya mengakses satu aplikasi.

Begitu pula halnya dengan fitur POI terdekat, layaknya aplikasi direktori kota, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari direktori penting seperti misalnya lokasi ATM, SPBU, Bengkel, Rest Area, hingga Rumah Sakit. Dengan meng-embed teknologi Google Maps pada tampilannya, fitur ini menggunakan pencarian berbasis lokasi terdekat dari pengguna yang didasari dari informasi GPS. Kehadiran fitur ini jelas sangat berguna bagi pemudik yang mungkin sedang memasuki wilayah yang tidak familiar dan membutuhkan layanan publik.

Melengkapi fitur informatif lainnya, dalam kanal ini pengguna juga bisa melakukan laporan kejadian apa saja secara langsung dengan memanfaatkan fungsi broadcast messages yang menjadi bagian fungsi utama Zohib Messenger. Laporan bisa dikategorikan apakah itu kecelakaan, kemacetan, maupun hal lainnya.

Sejauh ini, fungsi keseluruhan yang ditawarkan dari kanal informasi mudik Zohib Messenger bekerja dengan sangat baik. Kehadiran kanal ini juga bisa meminimalisir penggunaan aplikasi serupa, di mana seluruh fungsi yang ditawarkan oleh aplikasi-aplikasi berbasis layanan trafik secara real time, dan beberapa aplikasi direktori kota disesakkan jadi satu dalam kanal informasi mudik. Sebagai aplikasi mobile messaging, hingga kini kami belum menemukan fungsi serupa yang diusung oleh aplikasi yang sejenis dengan Zohib Messenger, mungkin saja hal ini bisa menjadi awal yang baik bagi Zohib Messenger dalam memperkenalkan layanannya kepada masyarakat.

Aplikasi Zohib Messenger kini dapat diunduh oleh pengguna Android di halaman Google Play Store.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again