Categories

Gadget

Mouse Roccat Kiro Andalkan Faktor Kenyamanan Berkat Rancangan yang Modular

Disebut "Superdextrous" karena bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan pengguna tangan kiri atau kanan

Glenn Kaonang - 7 December 2015

Tipe mouse ada bermacam-macam. Namun kalau kita klasifikasikan berdasarkan bentuknya, maka istilah yang biasa kita jumpai adalah ambidextrous atau ergonomic.

Tipe ambidextrous, sama seperti arti harafiahnya, dirancang supaya nyaman digunakan baik tangan kiri maupun kanan karena bentuknya simetris. Di sisi lain, tipe ergonomic dimaksudkan secara khusus untuk penggunaan tangan kanan atau kiri saja. Mouse jenis ini biasanya berbentuk asimetris, punya lekukan khusus di satu sisinya sebagai tempat bernaungnya jempol. Alhasil, mouse jenis ini pun bisa terasa lebih nyaman daripada jenis ambidextrous.

Sayangnya, tidak banyak mouse tipe ergonomic yang dirancang untuk pengguna kidal. Pabrikan mousegaming macam Razer, Steelseries dan sebagainya biasanya berfokus pada pengguna tangan kanan saja. Tidak heran karena memang pengguna tangan kiri termasuk minoritas dibanding tangan kanan.

Pabrikan peripheral asal Jerman, Roccat, punya pandangan berbeda. Mereka percaya desain yang tepat bisa mengakomodasi kebutuhan pengguna tangan kiri dan kanan secara seimbang. Solusinya bukan mouseambidextrous, melainkan sebuah tipe baru yang mereka sebut dengan istilah superdextrous.

Bernama Roccat Kiro, mousesuperdextrous ini pada dasarnya mempunyai rancangan yang modular. Artinya, pengguna bisa melepas-pasang sejumlah komponennya untuk mendapatkan konfigurasi yang paling pas. Dalam kasus ini, yang bisa dilepas-pasang adalah panel kiri dan kanannya.

roccat-kiro-02

Secara default, Kiro datang dalam wujud ambidextrous, lengkap dengan sepasang tombol ekstra di masing-masing sisinya. Namun pengguna juga bisa melepas panel kiri atau kanannya, dan seketika juga mendapatkan mouse ergonomic baik untuk tangan kiri maupun kanan – tanpa melibatkan obeng sama sekali. Sebagai bonus, permukaannya telah dilapisi material yang tahan keringat.

Di dalamnya, Kiro ditenagai oleh sensor Pro-Optic R2 2.000 dpi. ‘Kelincahannya’ bisa didongkrak hingga mencapai 4.000 dpi dalam mode Overdrive. Tentu saja, mengikuti tren yang ada, pancaran cahayanya bisa diatur dengan pilihan 16,8 juta warna.

Roccat Kiro dibanderol seharga $55 saja, cukup terjangkau kalau melihat lengkapnya opsi kustomisasi yang ditawarkan. Kalau Anda masih penasaran dengan cara kerja rancangan modularnya, silakan simak video unboxing resminya di bawah ini.

Sumber: Digital Trends dan SlashGear.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id