24 January 2017

by Yoga Wisesa

Rockit Log Ialah Speaker Audiophile dari Potongan Kayu Rancangan Mantan Pesepak Bola Jay DeMerit

Sebelum memulai kariernya sebagai pesepak bola, DeMerit adalah seorang mahasiswa jurusan desain produk industri di University of Illinois, Chicago.

Beats by Dr. Dre, Soul by Ludicrous, House of Marley, hingga kolaborasi Jay-Z bersama Skullcandy, produk-produk audio yang didukung oleh nama selebriti di belakangnya bukanlah hal baru. Metode ini terbukti ampuh dalam mendongkrak penjualan, padahal jika kita teliti, masih banyak perangkat alternatif berperforma serupa yang ditawarkan di harga lebih terjangkau.

Diperkenalkan di situs Kickstarter, Rockit Log sekilas mengusung teknik pemasaran serupa brand-brand ternama di atas. Di sana, Rockit Log dideskripsikan sebagai speaker audiophile berbahan kayu rancangan mantan kapten tim sepa bola Vancouver Whitecaps FC, Jay DeMerit. Bahan kayu tersebut diambil dari bekas potongan-potongan pohon, dipilih secara seksama buat menghasilkan suara berkualitas.

Faktanya, Rockit Log bukanlah sekedar produk audio 'bersenjata' ketenaran nama selebriti. Sebelum memulai kariernya sebagai pesepak bola, DeMerit adalah seorang mahasiswa jurusan desain produk industri di University of Illinois, Chicago.

Karena masing-masing bahannya berbeda, tak ada speaker Rockit Log yang sama, masing-masing merupakan produk unik. DeMerit dan timnya memilih bahan kayu cedar, fir dan hemlock bermutu yang jatuh atau ditinggalkan. Selanjutnya, bahan-bahan itu diolah dan dirancang untuk memproduksi nada lembut - produsen mengklaim profil suara dari Rockit Legs berbeda dari speaker wireless lain. Ketiga jenis kayu tersebut umumnya juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan gitar dan biola.

Penampilan Rockit Log sangat menarik. Cone diposisikan di tengah-tengah kayu, diameternya kurang lebih 30cm. Desainer membubuhkan pegangan di sisi atasnya dan stand agar speaker bisa berdiri tegak, meski ia tidak betul-betul 'portable' karena bobotnya mencapai 5kg. Di sisi positifnya, ketika speaker wireless lain memiliki output antara 1- sampai 5-Watt, Rockit Log menghidangkan suara berkekuatan 60-Watt. Unit baterai lithium ion di dalam sendiri siap menyajikan musik selama 10 jam non-stop, dapat diisi ulang lewat port USB.

Proses pemakaiannya simpel, tanpa memerlukan setup. Anda bisa segera menyambungkannya ke music player via Bluetooth atau tinggal mencolokkan kabel AUX dari audio system ke speaker. Semua konektivitas fisik (USB, AUX 3,5mm, power) dan tombol navigasi (power, volume) dapat Anda temukan di sisi belakang. Selain itu, Rockit Log juga dibekali fitur NFC.

Saat ini DeMerit dan tim masih melangsungkan kampanye pengumpulan dana di Kickstarter. Mereka membutuhkan modal US$ 50 ribu untuk mulai memproduksi Rockit Log, rencananya akan dijajakan di harga retail US$ 400. Khusus para backer, speaker bisa dimiliki dengan mengeluarkan uang US$ 200 saja.