1. Lifestyle

Rockstar Berhasil Memberantas Sebagian Masalah Peluncuran GTA Online

Setelah dilanda berbagai masalah koneksi dan server saat diluncurkan 1 Oktober lalu, Rockstar berhasil menyingkirkan hampir semua masalah yang ada pada mode multiplayer persistent-world dalam game fenomenal mereka Grand Theft Auto V kurang lebih enam hari setelah perilisannya.

Sebelumnya, banyak pemain mengeluh bahwa mereka tidak dapat tersambung ke cloud server Rockstar dengan berbagai pesan error, tidak bisa memulai misi, terputus tiba-tiba, hingga muncul pesan 'Mission Failed' saat baru saja memulai misi dan waktu loading yang sangat lama saat matchmaking - bisa mencapai 10 hingga 15 menit. Belum lagi konten online dan offline yang tercampur aduk.

Hingga saat ini penjualan Grand Theft Auto V menyentuh titik 15 juta kopi, dengan keuntungan diperkirakan lebih dari US$ 1 miliar dan prediksi terjual US$ 20 juta di bulan Maret 2014. Kabar terbaru menyatakan bahwa kurang lebih ada 1000 orang yang bertanggung jawab dalam membuat permainan ini. Namun sebanyak-banyaknya aset yang mereka miliki, mereka belum siap diserbu jutaan gamer yang ingin menikmati GTA Online dalam waktu yang bersamaaan.

Enam hari adalah waktu yang cukup singkat bagi Rockstar untuk memangkas masalah-masalah fundamental dalam GTA Online. Namun itu saja belum cukup mengingat ada beberapa problema lain yang harus Rockstar bereskan: beberapa player melaporkan bahwa karakter, progress, item dan cash in-game yang menghilang.

Rockstar menjelaskan sedikit workiaround yang bisa menjadi alternatif masalah sebagian gamer: "Saat Rockstar Cloud Services tidak tersedia, Anda diberikan pilihan untuk tetap bermain online dengan konten berbasis disc (bukan dengan konten Rockstar Cloud). Sebelum memasuki multiplayer Anda akan diminta untuk menciptakan karakter sementara, tanpa kemampuan save. Jika Anda memilih opsi ini, karakter lama Anda tidak ada yang akan muncul dalam sesi multiplayer."

Mungkin metode ini bisa Anda gunakan jika benar-benar penasaran ingin menikmati GTA Online tanpa resiko kehilangan data save Anda.

Satu hal yang Rockstar camkan saat Anda disuguhi pesan 'Rockstar Cloud Servers are unavailable' adalah jangan menekan tombol 'retry' karena dengan begini data karakter Anda akan hilang.

Terima kasih pada Joystiq. Sumber gambar: GameInformer.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again