Setelah membuat strategi untuk menarik pengguna baru serta mempertahankan pengguna lama dengan meluncurkan program liburan, beberapa waktu yang lalu Rockto kembali meluncurkan program untuk menambah elemen
'rock' atau seru pada layanan mereka.
Rockto yang merupakan layanan
social bookmarking yang memberikan
badges serta poin sebagai unsur permainan dalam layanan mereka, poin yang telah dikumpulkan bisa ditukarkan dengan produk tertentu lewat Rockto Store. Bagi pengguna yang ketinggalan poin telah ada program Rocker Chips, namun kini mereka meluncurkan prgoram baru lain, yang selain untuk mempercepat proses perolehan poin, strategi mereka ini berkaitan dengan program promosi mereka serta membuka peluang kerjasama dengan
merchant, alias bisa menjadi salah satu pilihan strategi monetisasi.
Rockto menyediakan program bernama Rock Booster, yang merupakan enam cara baru bagi pengguna untuk menambah poin di layanan Rockto. Seperti yang dijelaskan pihak Rockto melalui
email, Rock Boster dijalankan dengan sistem
quest, dimana pengguna harus melakukan beberapa kegiatan untuk menambah poin. Program ini juga bersinggungan dengan program promosi dari Rockto sendiri.
Salah satu yang bisa menjadi peluang untuk strategi monetisasi adalah penempatan stiker di beberapa
merchant, pengguna bisa memfoto stiker ini, membagikannya di Facebook, Flickr atau PhotoBuckhet lalu
post di Rockto. Pengguna akan mendapatkan poin yang bisa di
redeem dengan produk tertentu di Rockto Store.
Menempelkan stiker memang bisa diakukan kapan saja dan dimana saja, tetapi pemilihan tempat seperti Circle K, Kemang, 7 Eleven (
seperti yang dijalankan sekarang oleh Rockto) bisa memberikan peluang untuk program promosi, seperti kerjasama dengan
merchant tertentu untuk menempelkan stiker di area yang bisa menguntungkan kedua belah pihak, misalnya di meja kasir atau tempat lain, dimana untuk memfotonya pengguna ‘diarahkan’ untuk membeli makanan tertentu, minimal
merchant mendapatkan kunjungan dari pengguna Rockto. Namun untuk menjadi program yang berhasil, tentu saja Rockto harus terus berusaha keras untuk menambah pengguna layanan mereka.
Untuk data statistik seperti yang dijelaskan tim dari Rockto, meski masih memiliki jumlah anggota yang cukup sedikit sekitar 333 pengguna, sejak diluncurkan pada bulan Juni kemarin, namun jumlah pengguna baru yang terus kembali menggunakan Rockto cukup baik, sekitar 3 dari 6 pengguna baru akan kembali lagi menggunakan layanan Rockto.
Pertumbuhan pengunjung juga mengalami peningkatan, meski tidak besar namun Rockto melihatnya sebagai tren yang positif, sampai akhir bulan November angka untuk
unique visitors adalah 8.904. Namun bagi Rockto yang terpenting adalah seberapa lama para pengguna mereka diam dan menikmati berbagai layanan yang tersedia di Rockto, dan lama pengguna diam dilayanan mereka memberikan tren yang positif.
Sedangkan untuk fitur Rockto Store, pengguna yang telah melakukan
redeem poin untuk ditukarkan dengan hadiah, sampai saat ini baru 5 orang.
Saat ini juga telah terdapat salah satu fitur baru yaitu
Response yang merupakan salah satu fitur yang diminta oleh pengguna mereka Toni dari Navinot. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan respon dengan mencantumkan tautan lain, misalnya artikel DailySocial di respon dengan artikel lain yang serupa, atau
post video dari artis tertentu di '
response' dengan
post lain dengan konten berbeda namun masih dari artis yang sama.
Lalu apa yang akan dilakukan Rockto ke depannya, untuk fitur mereka akan menambahkan beberapa rencana seperti Bookmark Button, sebuah fitur yang sepertinya harus menjadi fokus utama penambahan layanan di Rockto, kemudian API, Widget, dan fitur
auto post.
Rockto juga akan mengembangkan layanan
mobile sebagai fokus utama Rokcto dan untuk strategi bisnis, mereka akan berencana untuk menjual kampanye dari layanan mereka ke
brand owner serta akan merilis program
recommendation broadcaster yang akan dipadu dengan
daily deals.
Untuk elemen permainan seperti
badge serta tampilan desain, Rockto memang cukup mendapat pujian, salah satu komentar di artikel Navinot, bisa Anda baca di
sini, juga bisa memberikan gambaran bahwa penerapan
badge sebenarnya cukup sulit, karena unsur permainan harus mampu menarik pengguna, tingkat kesulitan yang juga harus pas, dan unsur desain
badge juga punya peranan penting bagi penarik pengguna untuk terus berburu.
Usia Rockto masih muda, dan masih banyak yang harus dipertahankan serta dikembangkan, termasuk dari fitur pun masih banyak yang bisa dilengkapi oleh Rokcto, namun sampai sejauh ini tanggapan dari beberapa pengguna Rockto cukup positif, kini tinggal bagaimana mereka memelihara pengguna yang telah ada untuk terus beraktivitas di Rockto selain menambah pengguna baru, dan bagi saya, satu hal yang menarik yang patut ditunggu adalah strategi monetisasi mereka.