D-Link Luncurkan Router Wireless AC Dengan Gigabit Ethernet dan USB 3.0

Kabar terbaru datang dari salah satu penyuplai produk jaringan terbesar di dunia D-Link International Pte Ltd. Ya, perusahaan produk networking terbesar ini baru saja meluncurkan line up produk jaringan terbarunya yang bernama DIR-868L. Sebuah router wireless AC terbaru dengan kemampuan Dual-Band Gigabit dan dilengkapi dengan fitur USB 3.0n untuk kecepatan transfer data yang maksimal.

Produk terbaru dari D-Link ini memiliki desain yang ramping dan memudahkan pengguna untuk mengatur serta mengawasi koneksi jaringan menggunakan teknologi nirkabel tingkat lanjut. Ditambah lagi, perangkat ini juga mendukun software mydlink Cloud dan juga bisa bekerja dengan aplikasi D-Link SharePort Mobile sehingga dengan fitur ini diharapkan penggunanya dapat mengakses dan menikmati media file tanpa kesulitan.

Setelah membahas fiturnya secara luas, tak lengkap rasanya bila tak membahas kemampuan canggih apa saja yang ditawarkan oleh produsen Router yang berkantor pusat di Singapore ini. Berikut fitur yang ditawarkan, seperti yang dikutip dari rilis resmi:

Wireless AC, standar baru yang jauh lebih kencang

Dengan teknologi nirkabel dual-band 802.11ac yang memiliki bandwidth super lebar, perangkat Router Wireless AC1750 Dual-Band Gigabit yang dilengkapi dengan USB 3.0 ini menciptakan jaringan rumah atau kantor yang luar biasa cepat dibanding standar Wireless N yang biasa kita kenal, dan mampu menghubungkan seluruh komputer serta perangkat mobile ke jaringan Internet broadband. Dengan menggunakan teknologi ini, pengguna nantinya bisa menikmati streaming video HD dengan lancar, melakukan percakapan telephone via internet sambil browsing situs favorit di setiap sudut ruangan Anda tanpa gangguan. Dan satu hal lagi yang tak kalah menarik melalui teknologi wireless AC ini nantinya perangkat ini akan dapat melayani empat koneksi ke PC dan juga perangkat lainnya.

Gunakan mydlink™ untuk Mengawasi dan Mengatur Jaringan Anda

Fitur ini mungkin akan sangat berguna khusus bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Ya, Router Wireless AC1750 juga dipersenjatai dengan layanan mydlink™ Cloud, sehingga melalui aplikasi mydlink Lite atau mydlink web portal, nantinya pengguna dapat mengakses layanan Cloud untuk melihat siapa saja yang sedang terhubung ke router. Nah untuk fitur yang satu ini pengguna juga nantinya dapat mem-filter jaringan yang telah di-shared ke beberapa perangkat seperti melakukan pengaturan jaringan, pemblokiran perangkat yang tak dikenal cukup dengan melalui device apa saja seperti PC, iPhone®, iPad®, atau perangkat Android™.

Berbagi-pakai File Dengan Sangat Mudah

DIR-868L juga menyertakan Aplikasi SharePort Mobile yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat penyimpanan USB ke router dan berbagi dokumen, film, gambar dan musik dengan perangkat mobile. Contohnya begini, Anda dapat memuat seluruh library lagu Anda untuk kemudian di-share ke seluruh anggota keluarga di rumah untuk dinikmati bersama, vice versa.

Streaming mulus dengan Wireless AC

Router DIR-868L menggunakan teknologi wireless terbaru yang disebut dengan Wireless AC. Keunggulan dari teknologi ini adalah terletak pada kecepatan transfer data yang mencapai 1.75Gbps (1300AC+450N). Router ini bekerja pada sinyal nirkabel 2.4 GHz dan 5 GHz bersamaan memanfaatkan teknologi dual-band dan enam antena internal. Di sini lah letak kehebatannya, dengan memisahkan sinyal nirkabel menjadi dua kecepatan tersebut, pengguna nantinya dapat menikmati seluruh sajian hiburan di internet tanpa kendala. Implementasinya begini, sinyal 2.4 GHz dapat digunakan untuk membuka situs web, chat dan e-mail, sedangkan sinyal 5 GHz dimanfaatkan untuk streaming media digital, bermain game online, atau percakapan telepon via Internet.

Didesain untuk cakupan sinyal nirkabel yang Optimal

Komponen tepenting dari sebuah Router Wireless terletak pada antena pemancar yang dibantu dengan perangkat penguat sinyal untuk distribusi jaringan. Pada Router DIR-868L, antena dan penguat sinyalnya ditempatkan sedemikian rupa di dalam perangkat sehingga sinyalnya dipastikan mampu mencapai sudut terjauh dalam rumah pengguna. Pemakaian jumlah antena yang banyak juga mampu meningkatkan penerimaan sinyal nirkabel dengan pengaturan posisi antena sesuai kebutuhan untuk mendapat kinerja yang paling baik.

Pengaturan awal dan penggunaan yang mudah

Untuk memulai Setup, Router DIR-868L dilengkapi dengan aplikasi QRS (Quick Router Setup) di perangkat iOS dan Android. Yang perlu dilakukan hanyalah menancapkan router ke listrik, membuka aplikasinya, dan mengikuti panduan yang ditampilkan, semuanya tanpa perlu menyalakan komputer terlebih dahulu. Tak hanya itu, Router ini juga memiliki cara lain untuk memudahkan proses Setup, yaitu dengan menggunakan satu sentuhan tombol saja menggunakan Wi-Fi Protected Setup (WPS). Ketika fitur ini dijalankan, sebuah koneksi teramankan akan dibuat secara otomatis ke perangkat nirkabel lain yang terdeteksi. Jika pengguna memiliki perangkat lain yang mendukung mydlink Cloud di rumah, mereka bisa menggunakan mydlink Zero Configuration hanya dengan mengarahkan dan menghubungkan link dengan DIR-868L tanpa perlu pengaturan terlebih dahulu.

Fitur-fitur lain yang berguna:

DLNA Media Server

DIR-868L memiliki server DLNA untuk men-stream file multimedia termasuk foto, musik dan video ke sembarang pemutar media yang mendukung DLNA.

Dukungan IPv6

Seperti halnya semua router D-Link yang baru, DIR-868L sudah mendukung IPv6, jadi perangkat ini bisa digunakan di masa depan apabila ada perubahan ke protokol/sistem di Internet.


Kapan Perangkat ini akan tersedia? DIR-868L Router Wireless AC1750 dengan USB 3.0 sudah tersedia di mitra penjual dan distribusi terdekat pada kuartal kedua tahun 2013.